Zebra (produsen pena)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Zebra Pen Corporation
Anak perusahaan
IndustriAlat tulis
Didirikan1982; 42 tahun lalu (1982)
Kantor
pusat
,
Produkpulpen, pena bolpoin, brush, pena gel, highlighter, spidol, dan pensil mekanis
IndukZebra Co., Ltd.
Situs webzebrapen.com

Zebra Co., Ltd. (ゼブラ株式会社, Zebura Kabushiki gaisha) adalah sebuah produsen alat tulis asal Jepang. Zebra juga mendirikan anak usaha di New York dengan nama Zebra Pen Corporation pada tahun 1982. Zebra menjual berbagai macam alat tulis, antara lain pulpen, pena bolpoin, brush, pena gel, spidol, highlighter, dan pensil mekanis melalui toko ritel, toko grosir, maupun toko daring.

Asal usul nama[sunting | sunting sumber]

Merek dagang Zebra diperkenalkan pada tahun 1914. Pendiri Zebra, Mr. Ishikawa, tertarik menggunakan nama ini setelah membaca kamus dari belakang, sehingga memulai dari huruf Z.[1]

Ishikawa berpendapat bahwa Zebra merupakan nama yang cocok, karena tujuannya mendirikan bisnis ini adalah untuk membangun budaya bisnis kekeluargaan, dan zebra merupakan hewan yang hidup berkelompok. Corak warna zebra juga menyerupai goresan tinta, sehingga cocok untuk menjadi nama sebuah produsen alat tulis.[2]

Produk[sunting | sunting sumber]

Pensil mekanis Zebra Drafix 0.7.

Produk pena dan pensil Zebra, antara lain "The Original" F-301 dan M-301, yang memiliki pegangan bertekstur dan bodi berbahan baja nirkarat, pena bolpoin Z-Grip, pena gel Sarasa Dry, produk seni Zensations, spidol Mildliner, serta highlighter Zebrite dan Zazzle. Produk Zebra tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, Inggris, Singapura, Korea, dan Japan.

Z-GRIP[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2017, jenis tinta pena gel Z-Grip diubah menjadi tinta berviskositas rendah. Keunggulan tinta ini, selain memberikan pengalaman menulis yang lebih lembut, juga memiliki warna yang lebih cerah dan dapat menciptakan rona yang lebih bernuansa.

STEEL[sunting | sunting sumber]

Pena STEEL memiliki tiga seri, yakni seri 3, seri 4, dan seri 7. Seri 301 memiliki ciri khas pegangan berbahan plastik yang diperkeras dan batang pena berbahan baja nirkarat. Batang pena Seri 401 juga berbahan baja nirkarat, namun pegangannya berbahan karet. Sementara seri 701 memiliki pegangan knurling dan sepenuhnya berbahan baja nirkarat. Semua produk Zebra yang berbahan baja nirkarat dapat diisi ulang.

SARASA DRY[sunting | sunting sumber]

Zebra menyatukan semua produk pena gel plastiknya yang sebelumnya dijual dengan berbagai macam merek menjadi hanya satu merek, yakni Sarasa Dry. Semua produk ini dibekali teknologi Rapid Dry Ink, yang telah diuji di laboratorium independen dan terbukti dapat kering lebih cepat di berbagai macam permukaan daripada produk lain yang serupa. Ada empat varian Sarana Dry, yakni X1, X10, X20, dan X30, yang masing-masing memiliki gaya batang pena yang berbeda.

ZENSATIONS[sunting | sunting sumber]

Produk Zensations ditujukan untuk seniman pemula dan amatir yang ingin memakai produk yang lebih berkualitas daripada produk yang biasanya digunakan oleh anak-anak. Merek ini menawarkan pena dan pensil teknis, pensil mekanis, spidol, pena kaligrafi, pena kuas, dan lain sebagainya.

DelGuard[sunting | sunting sumber]

Zebra mengembangkan sebuah mekanisme khusus untuk DelGuard, sehingga batang pensil di dalam pensil mekanik dapat memanjang ke luar saat tekanan berlebih diterapkan pada sudut tertentu. Ketika tekanan vertikal berlebih diterapkan pada batang pensil, maka batang akan secara otomatis ditarik ke dalam. Dengan demikian, batang pensil dapat dilindungi (tidak patah, hingga batas-batas tertentu) pada kedua kasus tersebut. Di Jepang, versi 0,3 dan 0,7 dari DelGuard tersedia bersama versi 0,5, namun di Amerika Serikat hanya ada versi 0,5.[3]

Sharbo[sunting | sunting sumber]

Sharbo adalah merek untuk pena multifungsi, yang dapat berisi satu atau lebih tinta dan menggunakan mekanisme pensil mekanis. Contohnya adalah Sharbo X dan SK Sharbo+1.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About Zebra Pen Corporation". Zebra Pen (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-05-20. 
  2. ^ About Zebra "How We Earned Our Stripes"
  3. ^ "DelGuard Mechanical Pencil | Zebra Pen". Zebra Pen (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-06-25. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]