Lompat ke isi

Yesugen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Yesugen atau Yisugen (dengan gelarnya sering ditulis Yesugen Khatun atau Yisugen Khatun) adalah salah satu istri Jenghis Khan, pendiri Kerajaan Mongol. Dia adalah keturunan Tatar. Kakak perempuannya Yesui, juga merupakan istri Jenghis Khan. Selama kampanye militernya melawan Tatar, Jenghis Khan jatuh cinta pada Yesugen dan menjadikannya sebagai istrinya. Dia adalah putri seorang pemimpin Tatar yang sebelumnya telah dibantai oleh pasukan Jenghis Khan.

Dicintai olehnya, Yisügen Qatun berkata,"Jika hal ini menyenangkan hati Khan, maka dia akan menjagaku, menganggapku sebagai manusia dan orang yang pantas dijaga. Tetapi kakak perempuan saya yang dipanggil Yisüi, lebih unggul dari saya: dia memang cocok untuk seorang penguasa."[1] -Sejarah Rahasia Bangsa Mongol-

Terlepas dari kesediaannya untuk menikah dengan Jenghis Khan, Yesugen menyatakan bahwa Yesui, kakak perempuannya lebih "hebat" daripada dirinya, sehingga ia menyerahkan posisinya kepada kakaknya itu.

Yesugen menguasai Pegunungan Khangai sebagai wilayahnya.[2] Seperti istri-istri yang lain, Yesugen juga mempunyai ordo sendiri. Namun, dia tidak memiliki kekuatan atau pengaruh yang sama dengan Börte, istri pertama dan utama Jenghis Khan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rachewiltz, Igor de (December 2015). "The Secret History of the Mongols: A Mongolian Epic Chronicle of the Thirteenth Century". Western Washington University.
  2. ^ Weatherford. The Secret History of the Mongol Queens. hlm. 28.