Lompat ke isi

William Perkins

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perkins.

William Perkins adalah seorng tokoh kaum puritan. Sebagai seorang puritan, Perkins masuk dalam kelompok moderat. Ia dilahirkan di Warwickshire tahun 1558.[1] Pada tahun 1587, ia sempat dipanggil untuk memberikan pertanggung jawaban atas khotbah-khotbahnya.[1] Ia menyatakan bahwa dirinya tidak menyukai beberapa bagian dalam Buku Doa Umum misalnya, jenaat harus berlutut ketika hendak menerima Perjamuan Kudus.[1] Namun, persoalan tersebut tidak bertambah panjang karena ia mau menunjukkan sikap patuh.[1] Tulisan-tulisannya memberikan pengaruh luas salah satu bukunya yang terkenal adalah Reformed Catholic atau "Orang Katolik yang Diperbarui".[1] Bukunya ini dibuat Perkins untuk menentang Gereja Katolik Roma.[1] Selain itu, Perkins juga menulis karya teologis yang berbicara tentang predestinasi.[1] Dia pun menulis dengan terperinci mengenai anugerah Allah yang bisa diidentifikasi dalam pengalaman manusia.[2] Tulisan-tulisan Perkins telah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa seperti Belanda, Jerman, Prancis, Ceko dan Hungaria. Dengan demikian, ia menjadi teolog zaman Elizabeth pertama dengan prestasi internasional.[2] Perkins pernah menjadi pengkhotbah di gereja St.Andrew di Cambridge dan tinggal di sana hingga akhir hidupnya.[1] Kedudukannya itu membuat Perkins dapat mempengaruhi banyak orang terutama kaum muda dan dengan begitu semakin mendorong juga perkembangan gerakan puritanisme di Inggris pada abad ke-17.[1] Perkins Ia meninggal tahun 1602.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j {id} Tony Lane. 2005. Runtut Pijar:Sejarah Pemikiran Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Hal. 173.
  2. ^ a b {en} Sinclair Ferguson, David Wright. 1988. New Dictionary of Theology. England: Intervarsity Press. Hal. 550-51.