William Hung (ahli sinologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

William Hung
Pinyin: Hong Weilian
Nama asal洪業
Lahir(1893-10-27)27 Oktober 1893
Fuzhou, Fujian, Dinasti Qing
Meninggal22 Desember 1980(1980-12-22) (umur 87)
Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat
KebangsaanTiongkok
AlmamaterUniversitas Ohio Wesleyan
Dikenal atasHarvard Yenching Index Series; Tu Fu: China's Greatest Poet
Suami/istriRhoda Kong
Anak3
PenghargaanPrix Stanislas Julien
Karier ilmiah
BidangKlasik Tiongkok, Sastra Tiongkok, Sinologi
InstitusiUniversitas Yenching
Universitas Harvard
Mahasiswa ternamaDavid Nivison, Teng Ssu-yu, Francis Cleaves
William Hung (ahli sinologi)
Hanzi tradisional: 洪業
Hanzi sederhana: 洪业

William Hung (Hanzi: 洪業; 27 Oktober 1893 – 22 Desember 1980), adalah seorang sejarawan dan ahli sinologi asal Tiongkok yang mengajar selama bertahun-tahun di Universitas Yenching, Peking, yang merupakan universitas Kristen terkemuka di Tiongkok, dia juga pernah mengajar di Universitas Harvard. Hung dikenal karena membawa standar modern keilmuan untuk mempelajari tulisan-tulisan klasik Tiongkok, untuk mengedit Seri Indeks Harvard-Yenching dan biografi tentang Du Fu, Tu Fu: Penyair Terbesar Tiongkok, yang mana dianggap klasik di dunia Inggris pada studi Du Fu.[1] Ia menjadi seorang Kristen saat menjadi mahasiswa di Anglo-Chinese College di Fuzhou, kemudian pergi ke Ohio Wesleyan University, Delaware, Ohio, Columbia Universitas, dan Union Theological Seminary. Sekembalinya ke China, dia menjadi Profesor dan Dekan Universitas Yenching, di mana dia berperan penting dalam mendirikan Harvard-Yenching Institute.[2] Dia datang ke Harvard pada tahun 1946 dan menghabiskan sisa hidupnya di Cambridge, Massachusetts, mengajar dan membimbing siswa.

William Hung adalah anak tertua dari enam bersaudara. Ayahnya memberinya "nama sekolah" Hong Ye ("Perusahaan Besar"), dan kemudian ketika dia berangkat ke Amerika Serikat, dia mengambil nama yang diberikan William. Dia menikah dengan Rhoda Kong pada tahun 1919, dan pasangan itu memiliki tiga anak, Ruth, Gertrude, dan Agnes.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ L. Carrington Goodrich (1953). Review of Tu Fu, China's Greatest Poet, by William Hung. The Far Eastern Quarterly, Vol. 12, No. 2 (Feb., 1953), pp. 214-217'
  2. ^ Who's Who in China, 3rd ed. Shanghai: The China Weekly Review. 1925.