Wikipedia:WikiGalir/Tanya jawab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Halaman utama Hadiah Teknis kompetisi Panduan perekaman Tanya jawab


Tentang Teknis Wikipedia dan Wikimedia Commons
Artikel ini tersedia dalam versi lisan
Dengarkan versi lisan dari halaman ini
(2 bagian, 6 menit)
Ikon Wikipedia Lisan
Berkas-berkas suara berikut dibuat berdasarkan revisi dari halaman ini per tanggal
Error: tidak ada parameter tanggal yang diberikan
, sehingga isinya tidak mengacu pada revisi terkini.
Saya mengalami kesulitan ketika ingin masuk log (log in) Wikipedia bahasa Indonesia atau Wikimedia Commons. Apa yang harus saya lakukan?
Pastikan Anda telah mengikuti prosedur di video tutorial yang bisa Anda akses di sini. Selain itu, pastikan nama pengguna yang akan anda buat belum ada di Wikipedia.
Ketika mendaftarkan akun di Wikipedia atau Wikimedia Commons, saya tidak bisa melakukannya, karena akses diblokir. Bagaimana caranya?
Kemungkinan alamat IP yang Anda gunakan diblokir oleh salah satu pengurus Wikipedia, Wikimedia Commons, atau Meta Wiki (yang mengurus situs web Wikimedia secara global) karena digunakan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab. Solusinya, ketika ingin mendaftar akun, Anda bisa gunakan koneksi internet lain terlebih dahulu. Setelah terdaftar, Anda dapat masuk log (log in) dan mengunggah hasil rekaman menggunakan koneksi internet semula.


Tentang Peserta
Saya pernah mengikuti Proyek Respati, Tantangan Eropa, Bulan Asia Wikipedia, WikiSosial atau edit-a-thon lain yang diadakan di Wikipedia bahasa Indonesia. Apakah saya dapat mengikuti WikiGalir?
Anda boleh mengikuti WikiGalir.
Saya pernah menjadi peserta kompetisi menulis (Proyek Saraswati, Wiki Jelajah 2.0, Proyek Jatayu, dll) atau kompetisi fotografi (Wiki Cinta Alam, Wiki Cinta Budaya, WikiKaleidoskop) tetapi saya tidak memenangi kompetisi. Apakah saya dapat mengikuti WikiGalir?
Anda boleh mengikuti WikiGalir. Namun, apabila Anda pernah menjadi juara pada kompetisi tersebut, Anda tidak dapat mengikuti WikiGalir.


Tentang Teknis Kompetisi
Apakah saya dapat memulai rekaman sebelum tanggal 1 September 2022?
Anda tidak diperbolehkan untuk merekam sebelum tanggal 1 September 2022. Artikel di Wikipedia dapat berubah dengan cepat. Oleh karena itu, kami akan memeriksa artikel yang Anda rekam sesuai dengan versi per tanggal 1 September 2022 atau terbaru.
Apakah ada tenggat waktu untuk menyelesaikan mengunggah rekaman?
Tenggat waktu mengunggah rekaman dan mengirimkan konfirmasi adalah tanggal 31 Oktober 2022, 23.59 WIB
Apakah pengunggahan rekaman dalam format .mp3 diperbolehkan?
Untuk saat ini, pengguna baru tidak dapat mengunggah berkas .mp3 ke Wikimedia Commons. Kami sarankan Anda menggunakan format yang telah tercantum pada peraturan.
Bagaimana cara mengubah format berkas (file) jika tidak sesuai dengan ketentuan kompetisi?
Anda bisa melakukan konversi ke jenis format yang diizinkan pada kompetisi ini, yakni OGG Vorbis (.ogg atau .oga), WAVE (.wav), FLAC (.flac), atau WebM (.webm). Terdapat berbagai perangkat lunak untuk mengkonversi format berkas audio yang tersedia secara daring dan gratis. Contoh perangkat lunak tersebut dapat disimak pada bagian proses perekaman dalam panduan perekaman
Bagaimana jika di tengah proses rekaman, artikel yang saya bacakan mengalami perubahan signifikan?
Sebelum merekam, kami sarankan untuk mengunduh artikel dalam bentuk PDF agar tidak mengalami perubahan. Opsi lain adalah Anda dapat membuat naskah terlebih dulu sebelum memulai rekaman.
Apakah saya diperbolehkan untuk mengubah sebagian kalimat pada artikel tersebut?
Anda diperbolehkan untuk mengubah sebagian kalimat agar rekaman lebih padu, selama tidak mengubah isi atau makna artikel.
Bagaimana jika ada peserta lain yang membuat rekaman artikel yang sama?
Panitia memperbolehkan satu artikel tertentu dibuat oleh beberapa peserta yang berbeda. Jadi, tetap lanjutkan rekaman dan unggah hasil rekaman tersebut.
Apakah adanya dialek atau aksen mempengaruhi penilaian akhir?
Adanya dialek atau aksen tidak mempengaruhi penilaian akhir. Anda cukup memastikan rekaman Anda telah memenuhi kriteria penilaian yang tertulis pada halaman kompetisi.
Apakah saya boleh mengumpulkan ulang rekaman audio dengan perubahan terbaru untuk satu rekaman yang sama ke Wikimedia Commons selama kompetisi?
Tidak diperbolehkan. Pastikan rekaman suara artikel Wikipedia yang Anda unggah ke Wikimedia Commons untuk WikiGalir adalah versi terbaik dari hasil rekaman Anda.
Bagaimana untuk mendapatkan lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0?
Lisensi Creative Commons AtribusiBerbagi Serupa 4.0 bisa Anda peroleh secara otomatis ketika file rekaman artikel Wikipedia diunggah ke Wikimedia Commons.