Wikipedia:Perbandingan artikel pilihan dan artikel bagus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Halaman ini berisi ringkasan dan perbedaan antara artikel bagus dan artikel pilihan.

Sebuah artikel bagus adalah artikel yang memuaskan dan telah memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Ditulis dengan baik: memiliki prosa yang ditulis dengan baik dan tata letak yang jelas, sesuai dengan pedoman gaya.
  2. Akurat dan dapat dipastikan: pernyataan-pernyataannya dilengkapi dengan referensi yang berasal dari sumber tepercaya, serta tidak mengandung riset asli, pelanggaran hak cipta, dan plagiarisme.
  3. Luas: menjabarkan semua aspek utama, tanpa membahas detail yang tidak perlu.
  4. Netral: menampilkan beberapa sudut pandang secara netral, adil, dan tanpa bias.
  5. Stabil: isinya tidak berubah secara signifikan dari hari ke hari akibat perang suntingan atau perselisihan konten.
  6. Gambar: jika mungkin dan relevan, dilengkapi dengan ilustrasi berupa gambar dengan status hak cipta yang dapat diterima; gambar atau media nonbebas harus memenuhi kriteria pemuatan isi nonbebas dan diberi label yang sesuai.

Sebuah artikel pilihan merupakan karya terbaik di Wikipedia yang telah memenuhi syarat-syarat berikut:

  1. Bermutu tinggi: meliputi beberapa hal, yaitu (a) memiliki prosa yang ditulis secara profesional, luar biasa, dan menarik; (b) secara komprehensif membahas fakta-fakta utama, detail, dan konteksnya; (c) memiliki akurasi yang faktual, dilengkapi rujukan untuk memverifikasi pernyataan-pernyataannya yang berasal dari sumber tepercaya berkualitas tinggi; (d) disajikan dengan sudut pandang netral; dan (e) isinya stabil.
  2. Gaya yang standar: memenuhi seluruh aspek pedoman gaya dan memiliki: (a) bagian pembuka yang meringkas isi artikel dengan tepat; (b) daftar isi yang substansial tetapi tidak berlebihan; dan (c) kutipan sebaris yang diformat secara konsisten.
  3. Media: memiliki gambar yang cukup dan relevan dengan topik artikel tersebut, serta sesuai dengan kebijakan penggunaan gambar, khususnya status hak cipta yang dapat diterima; gambar atau media nonbebas harus memenuhi kriteria pemuatan isi nonbebas dan diberi label yang sesuai.
  4. Panjang artikel: memiliki panjang yang tepat, berfokus secara komprehensif ke topik utama tanpa menggali detail yang tidak perlu.

Persamaan[sunting sumber]

  • Baik artikel pilihan maupun artikel bagus mensyaratkan: kepatuhan terhadap kebijakan umum mengenai konten untuk semua artikel Wikipedia; menghindari detail yang tidak perlu; stabil; netral; akurat dan dapat dipastikan secara faktual; serta memiliki media dengan status hak cipta yang dapat diterima.
  • Baik artikel pilihan maupun artikel bagus tidak memiliki persyaratan panjang artikel yang mutlak, meskipun artikel pilihan cenderung panjang.

Perbedaan[sunting sumber]

  • Artikel pilihan harus merupakan artikel terbaik kita (Wikipediawan); artikel bagus cukup memenuhi standar editorial utama dan memuaskan.
  • Artikel pilihan harus ditulis dengan standar profesional, bahkan luar biasa; artikel bagus harus ditulis dengan baik.
  • Artikel pilihan harus memenuhi semua poin pedoman gaya; artikel bagus cukup memenuhi enam poin pedoman gaya (ditulis dengan baik, luas, faktanya akurat, netral, stabil, diilustrasikan).
  • Artikel pilihan harus komprehensif; artikel bagus harus luas. Komprehensif mengharuskan semua aspek utama dijabarkan secara detail tanpa menghilangkan fakta atau detail utama; sedangkan luas mengharuskan semua aspek utama telah dibahas.
  • Artikel pilihan memiliki standar keakuratan dan pemastian yang lebih ketat, khususnya perihal catatan kaki, dan harus mengutip sumber berkualitas tinggi; artikel bagus harus bisa diverifikasi ke sumber tepercaya.

Lihat pula[sunting sumber]