Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Nohirara untuk pengurus 5 Februari 2014/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut merupakan halaman sesi tanya jawab untuk calon pengurus Wikipedia bahasa Indonesia tahun 2014, Nohirara (bicarakontrib.kontrib. yang dihapuspemindahanblokirlog pemblokiranCentralAuth.

Sesi tanya jawab berlangsung mulai 20 Januari 2014 hingga 3 Februari 2014. Proses pemilihan akan berlangsung jika calon pengurus telah memberi konfirmasi persetujuan dengan menandatangani di bagian yang telah disediakan di halaman pemilihan.

Albert Christian[sunting sumber]

  1. Menurut anda apa saja tugas dari seorang pengurus Wikipedia dan apakah mereka perlu memberikan laporan pertanggungjawaban setiap tahunnya kepada komunitas Wikipedia?
  2. Apakah menurut anda sebaiknya jabatan pengurus diberi masa jabatan saja misalnya cuma lima tahun atau tiap tahun semua jabatan pengurus harus dicabut dan harus diadakan pemilihan ulang agar terjadinya regenerasi kepada pengguna yang lebih muda?
  3. Lalu menurut apakah pengurus selalu benar? Lalu bagaimana kalau mereka salah dan bertindak seolah-olah benar dan pada saat ada yang protes dan mengkritisi kebijakan mereka lalu mereka mengusir pengguna yang kritis dengan cara memblokir mereka? Dan terkadang tindakan ini tampak benar dengan memberikan alasan pengguna yang kritis itu melakukan vandalisme.

Albert Christian (bicara) 20 Januari 2014 03.57 (UTC)[balas]

Baiklah, akan saya jawab ya

  1. Pengurus itu adalah seorang pengguna biasa yang diberikan kepercayaan untuk memegang kunci kepengurusan (memblokir pengguna yang berbuat vandal, melindungi halaman dengan tujuan mencegah vandalisme berkepanjangan, hingga memberikan status editor dan pengembali revisi kepada pengguna yang layak). Kalau masalah laporan pertanggungjawaban, itu kembali ke kebijakan pengguna masing-masing. Mungkin saja ada pengurus yang sibuk di dunia nyata dan tidak sempat memberikan laporan pertanggungjawabannya.
  2. Menurut saya tidak perlu, ada beberapa pengurus di sini yang sudah berpengalaman dan saya khawatir jika hanya diberikan pembatasan jabatan akan menghambat perkembangan WBI dari segi kualitas. Para pengguna yang lebih muda ini akan bingung, karena tidak adanya pengurus senior yang akan menuntun mereka untuk mengikuti konsensus yang ada.
  3. Pengurus hanyalah pengguna biasa yang diberikan tanggung jawab, jadi mereka ini mungkin bisa berbuat salah. Sebenarnya para pengguna jangan merasa takut untuk menegur pengurus jika mereka dianggap telah berbuat salah, ini tentu saja akan menjadi masukan baik dari seorang maupun seluruh pengurus yang ada di WBI. Jika Anda merasa diintimidasi oleh pengurus, silakan laporkan saja ke birokrat. Para birokrat yang bertanggung jawab untuk mengawasi para pengurus.

Semoga membantu -- Nohirara (bicara) 11.23, 20 Januari 2014 (WIB)

Pertanyaan lagi.

  1. Andaikan seorang pengguna melaporkan pengurus yang mengintimidasi ke birokrat dan kita tahu pada saat ini rata-rata pengurus ada juga yang merangkap jabatan sebagai birokrat. Lalu bagaimana kalau pengurus yang akan dilaporkan ke birokrat tetapi mereka juga adalah seorang birokrat? Apalagi rata-rata yang menjadi birokrat adalah pengurus senior yang terkadang sangat membela pengguna baru yang ingin kritis dan malah ikut mengintimidasi pengguna yang kritis tersebut.

Albert Christian (bicara) 20 Januari 2014 04.30 (UTC)[balas]

Terima kasih sudah bertanya lagi, hehe

Saya boleh meluruskan pendapat Anda ya , setahu saya hanya empat pengurus yang merangkap jabatan sebagai birokrat (semoga benar). Kalau saya melihat sendiri, mereka cukup objektif untuk menilai pendapat baik pengguna lama maupun pengguna baru. Jadi, kalau ada satu birokrat yang bersikeras untuk berbuat demikian, silakan diskusikan di Warung Kopi bersama komunitas WBI.

Semoga membantu -- Nohirara (bicara) 11.47, 20 Januari 2014 (WIB)

Pertanyaan lagi:

  1. Apakah anda setuju kalau pengurus diberikan gaji? Albert Christian (bicara) 20 Januari 2014 04.49 (UTC)[balas]

Saya jawab ya:

Menurut saya tidak, karena pengurus layaknya sukarelawan lainnya di WBI. Dari unsur katanya saja, "sukarelawan" adalah seseorang yang bekerja tanpa mengharapkan imbalan. -- Nohirara (bicara) 12.07, 20 Januari 2014 (WIB)

Pertanyaan lagi[sunting sumber]

  1. Bagaimana cara anda menangani aksi vandalisme di Wikipedia?
  2. Bagaimana cara anda membedakan aksi vandalisme yang seolah-olah bukan aksi vandalisme dan tindakan yang bukan aksi vandalisme tetapi kelihatan seperti aksi vandalisme?
  3. Bagaimana cara anda menangani perang suntingan?
  4. Kira-kira berapa lama anda akan menjadi pengurus Wikipedia?

Albert Christian (bicara) 20 Januari 2014 06.17 (UTC)[balas]

Jawaban:

  1. Saya akan mengembalikan suntingan tersebut ke revisi sebelumnya, jika seseorang memvandal halaman hingga berkali-kali saya akan berusaha untuk melakukan komunikasi secara pribadi melalui halaman pembicaraan pengguna. Saya akan sebisa mungkin untuk tidak menyekat pengguna yang berbuat vandalisme, jika secara terpaksa harus menyekat, saya akan memberi rentang waktu 2 jam hingga satu hari saja.
  2. Saya akan mencari referensi yang mendukung, jika ada maka akan saya rapikan gaya penulisannya, jika tidak maka saya akan mengembalikan ke revisi sebelumnya.
  3. Saya akan berbicara kepada pengguna yang terlibat dalam perang suntingan, dan memberitahukan kepada mereka bahwa Wikipedia memiliki aturan tiga kali pengembalian. Jika mereka masih membandel, secara terpaksa akan saya sekat selama 2 jam saja.
  4. Hm, the simply answer: hanya Tuhan yang tahu . Bercanda kok. Selama jadi pengurus saya akan berusaha:
  • Untuk ramah terhadap pengguna (baik terdaftar maupun anonim),
  • Menghindari untuk terlalu terburu-buru menyekat pengguna dan lebih berusaha untuk berkomunikasi lewat halaman pembicaraan,
  • Berusaha untuk menyelesaikan persoalan yang dimiliki setiap pengguna, mulai dari artikel hingga pribadi.

Selama saya bisa menjalankan tugas tersebut, maka selama itu juga saya akan menjadi pengurus. Jika saya tidak dapat melaksanakan 2 janji saya di atas, maka ingatkan saya untuk mengundurkan diri.

-- Nohirara (bicara) 13.36, 20 Januari 2014 (WIB)

Tambahan lagi. Bagaimana kalau anda sangat sibuk di dunia nyata sampai tidak sempat mengundurkan diri dan anda jadi tidak aktif untuk waktu yang lama akan tetapi para pengurus senior akan mati-matian untuk mempertahankan anda sebagai pengurus pada saat diadakan pemungutan suara untuk memecat anda. Bagaimana tanggapan anda? Karena hal ini sudah beberapa kali kejadian pada pengguna Ciko. Bahkan pada saat pengguna Ciko tidak mempermasalahkan pemecatannya pada halaman pemungutan suara para pengurus tetap ngotot agar status pengurusnya dipertahankan dengan alasan kekurangan pengurus. Albert Christian (bicara) 21 Januari 2014 02.33 (UTC)[balas]

Halo, Nohirara. Pertanyaan saya sederhana: Mengapa Anda ingin jadi pengurus? Terima kasih. FarrasLa Poste 25 Januari 2014 17.17 (UTC)[balas]

Halo juga, Farras. Saya mulai dengan cerita dulu ya:
Sebenarnya saya merasa tersanjung ketika ada orang yang menyarankan saya jadi pengurus di WBI, padahal saya masih dikategorikan sebagai pengguna baru (baca: belum lebih dari 1 tahun menjadi kontributor). Sekadar untuk tahu saja, dulunya saya orang yang menganut deletionisme, kalau ada artikel baru selalu memasang tag hapus dan hampir tidak memberikan kesempatan kepada pengguna itu untuk mengembangkannya. Contohnya saja adalah artikel Pusat Grosir Batik Trusmi yang dulunya pernah saya beri tag hapus, dan pengguna yang membuat artikel tersebut protes di halaman pengguna saya. Pas saya iseng mencari tentang tempat ini di Google, ternyata saya menemukan cukup banyak referensi yang valid. Akhirnya saya malu terhadap diri sendiri, dan saya menyadari bahwa tidak selamanya artikel baru (walau pada awalnya masih berantakan dan minim referensi) bisa dikatakan tidak layak. Saya saat itu juga sungguh menyadari bahwa Wikipedia adalah situs ensiklopedia yang dibuat secara bersama-sama, dengan kata lain kita harus secara aktif menyunting artikel-artikel yang memungkinkan untuk bisa diselamatkan, bukan mengecilkan niat para pengguna baru untuk menyunting.
Baiklah, kembali ke benang merah. Saya ingin menjadi pengurus bukan hanya keistimewaan haknya (untuk bisa melindungi halaman, menyekat pengguna yang membandel, hingga memberi status editor dan pengembali revisi kepada pengguna yang layak), namun lebih kepada penghargaan terhadap pengguna yang telah mencalonkan saya jadi pengurus. Saya merasa terhormat sekali untuk menyandang status kepengurusan berdasarkan apa yang saya telah lakukan untuk Wikipedia. Mungkin saya merasa belum lincah jika menjadi pengurus nantinya, jadi saya mohon kerjasamanya untuk saling membantu dan tolong ingatkan saya kalau-kalau telah melakukan kesalahan. Pengurus juga manusia, punya rasa dan hati (lho, jadi malah menyanyi )
Terima kasih sudah bertanya, dan mohon maaf jika statement yang saya berikan kurang nendang seperti calon pengurus lainnya -- Nohirara (bicara) 21.26, 26 Januari 2014 (WIB)

Hariadhi[sunting sumber]

Hai Bona, menjadi seorang pengurus berarti kebijaksanaan yang tepat di waktu yang tepat, tanpa merasa ragu. pertanyaan saya:

  1. Bagaimana cara kamu menjamin bahwa kamu tidak akan ragu atau tanya ke sana kemari dalam ambil keputusan?
  2. Sebaliknya, bagaimana cara kamu menjamin bahwa keputusan yang kamu ambil adalah tepat, bukan hanya dalam memastikan kualitas artikel Wikipedia Bahasa Indonesia semakin baik, namun juga memberi encouragement kepada penyunting-penyunting baru yang sering salah agar terus menyunting dengan rajin?
  3. Selama beberapa tahun belakangan kita terlalu fokus kepada statistik sehingga melupakan esensi Wikipedia: kumpulan manusia yang tertarik untuk berbagi pengetahuan secara bebas. Apa komitmenmu dalam membangun komunitas? Apa target yang ingin kamu raih dalam hal ini? Hariadhi - Ngobrol 20 Januari 2014 12.35 (UTC)[balas]

Wah, pertanyaan yang berbobot. Baiklah, saya akan berusaha menjawabnya :

  1. Saya akan membaca dan memahami terlebih dahulu kebijakan dan pedoman yang ada di Wikipedia, sehingga saya berharap tidak mengalami kesulitan untuk memutuskan segala sesuatu dengan tepat. Tetapi bukan berarti saya mengesampingkan diskusi terhadap pengurus yang lebih senior, terlebih jika memang saya menemui masalah yang (menurut saya) sulit untuk diselesaikan sendiri.
  2. Seperti sudah saya jelaskan di atas, saya akan membaca dahulu kebijakan dan pedoman di Wikipedia. Untuk masalah pengguna baru yang sering "salah", perlu saya tegaskan mereka itu tidak "salah", hanya "kurang memahami" aturan yang ada di Wikipedia. Saya akan berusaha untuk mendekatkan diri kepada mereka dan menawari mereka untuk saya ajarkan bagaimana menyunting yang baik dan benar, serta membantu mereka untuk juga memahami aturan yang berlaku. Dengan ini saya harapkan pengguna baru yang "kurang memahami", akan menjadi paham dan aktif untuk menyunting.
  3. Hm, kalau saya boleh memberitahukan, ada pengguna Wikipedia (tanpa menyebut) yang selalu memberikan tag hapus pada artikel yang dibuat oleh pengguna baru (mungkin menurut dia artikel tersebut tidak layak atau tidak ensiklopedis, tidak sesuai dengan gaya penulisan, dsb.). Hal tersebut menyebabkan pengguna baru tersebut kurang bahkan tidak berminat lagi untuk menyunting di Wikipedia, karena mereka beranggapan bahwa suntingan mereka tidak dihargai. Pengguna yang memberikan tag hapus tersebut tidak sama sekali memberikan pertolongan kepada pengguna baru untuk tetap menyunting dengan baik dan sesuai aturan, lebih terkesan membiarkan saja. Saya khawatir, jika budaya ini terus dipertahankan, maka tidak mungkin Wikipedia akan mengalami krisis kekurangan kontributor.
Untuk membangun komunitas, saya akan jabarkan beberapa komitmen saya selama menjadi pengurus:
  • Untuk ramah terhadap pengguna (baik terdaftar maupun anonim),
  • Menghindari untuk terlalu terburu-buru menyekat pengguna dan lebih berusaha untuk berkomunikasi lewat halaman pembicaraan,
  • Membantu pengguna baru untuk bisa menyunting dengan baik dan benar, jika pengguna tersebut mengalami kesulitan dalam menyunting.
Juga dalam setahun, saya akan melakukan beberapa tugas kepengurusan sebagai berikut:
  • Menyapa 50 pengguna baru dengan kalimat sendiri (berusaha untuk menghidari unsur templat),
  • Membantu menyelesaikan 35 permasalahan pengguna,
  • Membantu merapikan 25 artikel yang dibuat oleh pengguna baru.
Jika saya tidak melaksanakan 2 tugas selama setahun yang ada di atas, maka ingatkan saya untuk mengundurkan diri sebagai pengurus.
Target saya selama menjadi pengurus adalah, menjadikan pengguna (baik lama maupun baru) dapat saling berkontribusi serta membantu menjadikan Wikipedia wadah yang nyaman dan kondusif untuk menyunting.

Sekian jawaban dari saya, dan silakan bertanya lagi jika kurang puas . -- Nohirara (bicara) 21.40, 20 Januari 2014 (WIB)

Pertanyaan berikutnya[sunting sumber]

Sebenarnya saya tidak ada pertanyaan lagi, tapi frase "Pengguna senior" di atas menggelitik saya. Seorang pengurus harusnya sudah khatam mengenai peraturan dasar di wikipedia dan mengenal komunitasnya. Pertanyaan saya:

  1. . Jika kamu menghadapi seorang pengguna senior dengan status pengurus yang melakukan kesalahan, dan komunitas mendukungnya, berani tidak kamu bilang "Yang salah ya salah!" ? Hariadhi - Ngobrol 31 Januari 2014 14.20 (UTC)[balas]

Terima kasih sudah bertanya lagi

Saya akan mencoba berdiskusi secara pribadi dengan orang tersebut, dan berusaha untuk tetap tenang dan tanpa emosi. Intinya kalau kita ada masalah dengan seseorang (baik pengurus maupun nonpengurus), kita jangan utarakan bentuk ketidakpuasan terhadap orang tersebut secara terbuka. Jika kita tidak suka dengan orang tersebut, utarakan saja secara pribadi dan tetap menjunjung tinggi EtikaWiki.

Semoga puas dengan jawaban saya, jika puas silakan pilih saya -- Nohirara (bicara) 21.18, 1 Februari 2014 (WIB)

Tanya[sunting sumber]

  1. Sejauhmana anda mengenal Wikipedia dan Wikipedia Bahasa Indonesia?
  2. Sejauhmana anda akan membuang waktu anda bagi WBI?
  3. Sejauhmana anda akan berkorban hal selain waktu bagi WBI? Dan apa yang akan anda lakukan?

-- Eddy bf (bicara) 21 Januari 2014 09.22 (UTC)[balas]

Jawab[sunting sumber]

Baiklah, saya akan jawab pertanyaan Anda :

  1. Sejauh yang saya ketahui, Wikipedia adalah sebuah situs ensiklopedia yang dapat diakses dan disunting secara bebas. Proyek ini dimulai pada tahun 2001, dan sampai saat ini sudah banyak bahasa yang didukung oleh Wikipedia, salah satunya adalah bahasa Indonesia. Saya kenal dengan WBI pada tahun 2010, saat di mana saya banyak tugas di masa SMA. Pada saat itu saya hanya sekadar membaca dan menyalin setiap isi dari artikel untuk melengkapi tugas saya. Lambat laun, saya mulai tertarik menyunting di Wikipedia ketika tanpa sengaja mengeklik tombol "Sunting" pada salah satu artikel. Ternyata saya baru tahu, kalau Wikipedia bisa disunting dengan mudahnya. Maka saat itu juga saya mencoba merapikan tulisan yang typo dan merapikan sedikit tulisan yang posisinya berantakan, setelah itu saya merasa puas karena sudah bisa membetulkan kesalahan kecil yang mungkin bisa saja terbaca oleh orang lain. Maka saya akhirnya mendaftarkan diri pada tanggal 6 Juli 2012, dan bisa membuat artikel saya yang pertama, Rovio Entertainment. Saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyesuaikan diri dengan gaya penyuntingan yang menurut saya cukup rumit, berkat bantuan para pengguna lain, saya bisa terus menyunting dan akhirnya dipercaya sebagai editor dan pengembali revisi.
  2. Hm, saya kurang suka dengan istilah "membuang waktu di WBI", karena itu terkesan negative thing. Saya lebih suka memanfaatkan waktu saya untuk menyunting dan mematroli WBI. Saya akan sebisa mungkin untuk menyunting setiap hari (walaupun hanya satu kontribusi per hari), namun kalau saya ada sesuatu hal yang tidak memungkinkan untuk menyunting (misalkan: tugas, urusan keluarga, force majure), saya tidak akan menyunting di hari tersebut dan akan berkontribusi lebih banyak di hari selanjutnya.
  3. Selain waktu, saya akan lebih memerhatikan para pengguna untuk menyunting dengan baik. Misalkan saja untuk membantu pengguna baru yang memiliki masalah dalam menyunting, akan saya usahakan bantu secara intensif hingga paham. Kalau jadi pengurus, saya berfokus untuk memantau halaman terbaru dan berusaha untuk merapikannya.

Terima kasih sudah bertanya, dan silakan bertanya lagi jika kurang puas -- Nohirara (bicara) 09.00, 22 Januari 2014 (WIB)

RaymondSutanto[sunting sumber]

Hai Bona! Saya punya beberapa pertanyaan untuk anda, mohon dijawab secukupnya (jangan bertele-tele ya ). Jawaban anda akan menjadi pertimbangan saya (dan mungkin pengguna lain) dalam menentukan pilihannya.

  1. Sebagai calon pengurus, mestinya anda sudah mengetahui tugas-tugas pengurus. Dari semua tugas itu, manakah yang paling dominan jika anda terpilih sebagai pengurus (maksimal 2, tolong sebutkan spesifik ya)?
  2. Jika dirata-rata, berapa jam dalam seminggu anda: a.)membuka wikipedia? b.)menyunting wikipedia? (wikipedia apapun boleh, berikan kisarannya)
  3. Tools/fitur apa saja yang biasanya anda pakai untuk mempermudah/mempercepat penyuntingan?
  4. Apa topik kesukaan anda ketika membaca/menyunting di wikipedia? (berikan selengkap-lengkapnya ya, kalau perlu urutkan juga dari yang termahir sampai terawam)
  5. Apakah anda mempunyai keahlian lain yang bisa disumbangkan untuk wikipedia (dan atau wikimedia)? (mis. jago desain, fotografi, dll.)
  6. Jika anda diminta menyebutkan, dapatkah anda memilih: a.)satu atau beberapa artikel yang kualitasnya terbaik di WPID? b.)satu atau beberapa artikel terbaik buatan anda? (parameternya bisa kelengkapan, gambar, tabel/diagram/skema/grafik, tata bahasa, tata letak, dll.)
  7. Apakah anda aktif di proyek Wikimedia lainnya? (kalau iya mohon disebutkan)

Sekian dan terima kasih. RaymondSutanto (bicara) 22 Januari 2014 13.57 (UTC)[balas]

Jawaban:

  1. Pertama, saya akan memberikan status editor dan pengembali revisi kepada pengguna yang sesuai persyaratan. Saya akan berusaha objektif untuk memeriksa apakah mereka sudah memenuhi syarat yang ada, tanpa ada unsur subjektivitas. Kedua, menyekat pengguna yang "membandel". Dalam hal ini saya tidak akan terburu-buru untuk memberikan status sekat pada pengguna tersebut, saya akan mengajak diskusi terlebih dahulu untuk mencari jalan tengah yang adil. Kalau dia masih membandel, maka dengan sangat terpaksa akan saya sekat selama rentang waktu 2 jam hingga 1 hari saja. Intinya bukan sekat yang menjadi penyelesaian utama, melainkan diskusi. Saya juga memiliki tugas tambahan yang penting, yaitu memberikan pemikiran terhadap pengguna baru jika pengurus bukanlah pengguna yang mengerikan (baca: pengguna yang bisa memblokir pengguna lain, melindungi halaman, dsb.), melainkan pengurus adalah pengguna biasa yang bisa bersahabat dengan pengguna baru dan mengajarkan mereka untuk menyunting dengan baik dan benar.
  2. Saya membuka Wikipedia hampir setiap hari, dan menyunting sekurang-kurangnya 2-5 jam per hari.
  3. Saya jarang menggunakan tools eksternal untuk menyunting. Namun, karena saya seorang editor dan pengembali revisi, saya lebih sering untuk menggunakan kedua fitur tersebut secara intens.
  4. Jujur saja, saya tidak memiliki topik tertentu untuk menyunting. Kebetulan saya kuliah di jurusan psikologi, dan saya mencoba untuk membuat serta mengembangkan artikel bertopik psikologi di Wikipedia.
  5. Untuk saat ini mungkin belum, selain menyunting.
  6. Untuk artikel terbaik yang ada di WBI saya memilih Paus biru, karena menurut saya dari segi kelengkapan; gambar; tata bahasa; tata letak; hingga yang lainnya sudah memenuhi. Artikel ini juga memiliki nilai tambah, karena menyertakan file audio mengenai bagaimana paus biru bernyanyi. Kalau artikel terbaik buatan saya, mohon maaf saya merasa belum memiliki artikel yang layak untuk WBI. Soalnya saya lebih berfokus untuk merapikan artikel yang kurang layak agar menjadi layak.
  7. Saya memiliki proyek inkubator Wikiwisata bahasa Indonesia, namun sedikit terhambat karena banyaknya tugas yang saya harus selesaikan.

Terima kasih sudah bertanya, dan silakan bertanya lagi jika kurang jelas. -- Nohirara (bicara) 21.53, 22 Januari 2014 (WIB)

Sersan Mayor Kururu[sunting sumber]

Nanya nih, singkat aja,

  1. Menurut Anda, apa sebetulnya yang menjadi masalah dalam pengembangan kualitas artikel di WBI saat ini?
  2. Bagaimana respon Anda (sebagai pengurus kelak) jika menghadapi sebuah artikel baru yang dibuat oleh pengguna (terdaftar dan tidak terdaftar): a. yang mengandung kata-kata asusila dan umpatan? b. yang berisikan informasi tanpa referensi?
  3. Apakah dan kapankah Anda akan memblok pengguna pada pertanyaan ke-2?
  4. Pilih salah satu: A. Kualitas artikel B. Kuantitas artikel
  5. Pilih salah satu: A. Artikel kelurahan/desa dengan jumlah kata <750 B. Artikel mengenai meteorologi, panjang, berstruktur, dan bereferensi namun diterjemahkan dengan tidak baik.

Soal 4 dan 5 boleh pakai alasan boleh tidak.

3301
Good Luck.  Sersan  | Lapor! 24 Januari 2014 12.50 (UTC) Bonus: Apa topik artikel yang berkaitan dengan Indonesia yang Anda geluti pembuatannya saat ini di WBI?[balas]

Mohon maaf sekali, karena saya baru bisa membalas pertanyaan Anda

  1. Masalah yang terutama adalah para pengguna baru yang belum khatam (paham) aturan yang ada di Wikipedia. Detail dari statement saya ini adalah, beberapa pengguna yang terkesan cuek dan membiarkan pengguna baru menyunting tanpa arah dan tujuan yang jelas. Kalau mereka bisa menciptakan satu artikel saja, para pengguna lain (ada beberapa) langsung memberi tag hapus (karena tidak rapi, tidak lengkap referensinya, minim wikifisasi, dsb.). Tidak ada salahnya untuk para pengguna lain membetulkan setiap artikel yang dibuat oleh pengguna baru, dan kalau bisa ajarkan mereka pedoman gaya penulisan yang ada di Wikipedia. Supaya pada akhirnya, para pengguna baru tersebut bisa menciptakan artikel yang berkualitas.
  2. Kalau untuk artikel yang berisi informasi tanpa referensi, saya akan menghubungi pengguna yang membuat artikel tersebut dan memintanya untuk mencarikan referensi yang memadai. Kalau tidak ada tanggapan, saya akan berusaha mencari referensi tersebut di mesin pencari Google dan merapikan artikel tersebut supaya menjadi layak. Untuk artikel yang berisi kata asusila dan umpatan, saya juga akan menghubungi pengguna yang membuat artikel tersebut dan meminta penjelasan mengapa dia melakukan hal tersebut. Mungkin saya juga akan membantu dia mencarikan topik yang sesuai dengan minat pengguna tersebut, sekaligus mengajari dia menyunting yang baik dan benar. Kedua tipe pengguna ini bisa menjadi pengguna yang berkontribusi dengan baik, asalkan kita sebisa mungkin untuk mengajari mereka dan bukan membiarkannya.
  3. Saya tidak akan terburu-buru memblokir pengguna tersebut, saya akan buka jalan diskusi terhadap mereka dan sebisa mungkin mengajarkan mereka untuk menyunting dengan pedoman gaya yang ada di Wikipedia. Jika mereka masih tetap membandel setelah diberitahukan berkali-kali (terutama bagi yang melakukan vandalisme), maka secara terpaksa akan saya blokir dengan rentang waktu 2 jam hingga 1 hari saja. Maksud saya melakukan blokir terhadap mereka bukan untuk menghukum, melainkan memberi kesempatan pada mereka untuk introspeksi diri.
  4. Kualitas diperlukan, namun kuantitas juga ikut berperan. Karena jika artikel yang dimiliki dinilai bagus, namun jumlahnya sedikit, maka orang akan merasa kesulitan untuk mencari artikel bagus pada topik lainnya. Jika artikel berjumlah banyak, namun kualitas kurang baik, maka orang akan merasa sulit untuk menyerap informasi secara maksimal dan tidak akan lengkap isinya untuk ukuran "ensiklopedia".
  5. Hm, ini tergantung. Jika memang artikel mengenai desa tersebut hanya sedikit informasi yang mendukung, itu tidak masalah walau hanya berukuran < 750 bita. Untuk artikel meteorologi, saya tinggal membetulkan terjemahan pada artikel tersebut dan menyesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  6. Bonus: Untuk saat ini saya belum berminat untuk membuat artikel bertopik Indonesia, saya lagi berfokus untuk pengembangan artikel bertopik psikologi. Bukan berarti saya menelantarkan topik yang lain, saya sebagai pengguna harus memantau dan menyunting sebaik mungkin pada setiap artikel.

-- Nohirara (bicara) 12.02, 30 Januari 2014 (WIB)

Hima Fethus[sunting sumber]

halo mas bona, kemungkinan besar saya memilih mas bona. tapi, untuk pemastian saya bertanya:

  1. apa target mas bona ketika terpilih menjadi pengurus?
  2. mas bona bisa aktif selama berapa jam dalam sehari diwikipedia?
  3. siapkah dan bisakah anda menuntun pengguna baru selayaknya anda waktu itu menuntun saya untuk berkolaborasi diwikivoyage? (maaf jadi agak personal dikit :D)

Hima fethus bicara 25 Januari 2014 14.16 (UTC)[balas]

Terima kasih atas pertanyaannya, baiklah akan saya jawab:

  1. Target saya yang utama adalah bertanggung jawab atas setiap tugas kepengurusan. Selain itu, saya memliki misi untuk menjadikan Wikipedia tempat yang kondusif untuk menyunting, di mana setiap orang saling berbagi pengetahuan dengan bebas.
  2. Saya aktif setiap hari, minimal 2-5 jam.
  3. Hm, saya merasa malu karena kesibukan jadi tidak bisa menuntun Wikivoyage untuk berkembang . Saya akan berusaha untuk memperhatikan perkembangan Wiki ini, walaupun bukan jadi pengguna aktif. Tentu saja saya akan mencari pengguna baru yang secara serius mengembangkan Wikivoyage.

Terima kasih sudah bertanya, dan silakan bertanya lagi jika kurang jelas -- Nohirara (bicara) 21.39, 25 Januari 2014 (WIB)

Lihat pula[sunting sumber]