Wikipedia:Pengurus/Pemungutan suara/Aldo samulo untuk pengurus 19 Desember 2010/STJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  1. Perkenankan saya mengajukan pertanyaan pertama. Apa bedanya pencalonan ini dengan Pencalonan sebelumnya?
    βέννγλιν 02:31, 20 Desember 2010 (UTC)
    Menurut saya pencalonan pada saat ini dengan yang sebelumnya agak sedikit berbeda walaupun menurut saya masih sama saja dengan yang sebelumnya. Aldo samulo (bicara) 07:23, 20 Desember 2010 (UTC)
  2. Wah, pertamax-nya sudah diambil Bennylin.. Karena harga BBM mau naik, jadi saya ambil Shell-nya saja lah. (sekadar canda) Pertanyaan kedua dari saya, Albertus Aditya:
    1. Tanggapan Anda tentang perintisan artikel desa yang begitu banyak dan juga artikel komune di Prancis?
    2. Dalam diskusi saya terakhir saat Kopi darat beberapa hari yang lalu, beberapa Wikipediawan mengatakan BintangWiki tidak bernilai besar bagi mereka (walau bagi saya tidak). Tanggapan/komentar?
    3. Mengenai pengurus yang sudah lama tidak aktif kembali: pertahankan atau cabut?
    4. Vandalisme: bagaimana Anda mengatasi vandalisme yang sudah terjadi? Mau patroli 24 jam dalam sehari serta 7 hari dalam sepekan? Atau ada solusi lain? Bagaimana mengetahui apakah artikel yang ada sudah bersih dari vandalisme? Perlu dibawa ke laundry terbersih?
    5. FlaggedRevs: komentar/tanggapan Anda atas ekstensi ini ? Sukseskah ? Perlu dipertahankan?
    6. Pengguna sangat aktif kita hanyalah 33, sangat jauh dengan Wikipedia bahasa Inggris yang mampu mencapai sekitar 3.000. Bagaimana cara Anda meningkatkannya ?
    7. Tentang kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2010 yang sempat diadakan pihak Wikimedia Indonesia: ada komentar atau tanggapan ? Jika ada acara serupa kelak, bagaimana tanggapan Anda ?
    8. Selesai. Demikian, terima kasih, dan salam. Albertus Aditya (bicara) 02:47, 20 Desember 2010 (UTC)
    Menurut saya penulisan artikel tentang desa dan juga artikel komune di Prancis tidak perlu terlalu dipermasalahkan karena bukankah hal ini dapat menambah jumlah artikel yang ada di WBI walaupun masih harus dikembangkan lagi.
    Mungkin bagi mereka BintangWiki itu tidak terlalu bernilai bagi mereka dan itu sih terserah mereka saja bagaimana menanggapi pemberian BintangWiki tersebut.
    Kalau pengurus yang sudah terlalu lama tidak aktif ada baiknya untuk dicabut saja status kepengurusannya karena tidak ada gunanya juga diberi status pengurus kalau tidak dimanfaatkan untuk mengembangkan dan menjaga WBI.
    Mungkin saja dengan patroli selama 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu dan mungkin saja dikemudian hari ada solusi yang lebih baik dari itu.
    Mungkin pada saat ini masih belum terlalu sukses dan menurut saya tidak masalah kalau dipertahankan dan sebaiknya harus dikembangkan.
    Untuk meningkatkannya mungkin dengan melakukan promosi atau apa pun itu yang dapat menarik orang-orang agar mau berkontribusi di WBI.
    Menurut saya acara ini sangat bermanfaat dan kalau perlu lebih sering diadakan. Aldo samulo (bicara) 07:23, 20 Desember 2010 (UTC)
    Dari jawaban Anda, saya rasa saya sudah bisa memberikan suara saya saat pemungutan suara dibuka. Terima kasih atas jawaban Anda. Salam, Albertus Aditya (bicara) 07:35, 20 Desember 2010 (UTC)
  3. Apakah Anda bisa membedakan penggunaan templat hapus dengan kelayakan, kembangkan, rapikan, dll? :)  Mimihitam  05:35, 20 Desember 2010 (UTC)
    Tentu saja bisa. Aldo samulo (bicara) 07:23, 20 Desember 2010 (UTC)
    Buktinya? Dijelaskan dong :)  Mimihitam  09:28, 20 Desember 2010 (UTC)
    Contohnya apabila artikel tersebut isinya ngawur dan tidak terlalu layak tentu saja harus menggunakan templat hapus dan kalau artikel tersebut mungkin masih layak dan masih dapat dikembangkan dapat digunakan templat kembangkan atau rapikan. Aldo samulo (bicara) 13:27, 20 Desember 2010 (UTC)
    Kalau begitu mengapa semua artikel Anda beri hapus tanpa diperiksa terlebih dahulu? Saya sudah berbulan-bulan mengamati Anda, tetapi tidak ada perkembangan sama sekali, semua selalu diberi hapus dan hapus.  Mimihitam  13:56, 20 Desember 2010 (UTC)
    Daripada saya membiarkan artikel tersebut dan tidak diperhatikan oleh pengguna lain maupun oleh pengurus dan tag itu kan hanya usul kalau mau menggantinya dengan yang lain karena hak untuk menghapus ada pada pengurus dan saya sebagai pengguna biasa hanya bisa mengusulkan dan saya juga jadi bertanya-tanya kemana para pengurus lainnya yang sudah lama tidak aktif dan terkesan tidak berbuat apa-apa dengan status kepengurusannya untuk merawat Wikipedia. Aldo samulo (bicara) 14:02, 20 Desember 2010 (UTC)
    Saya tidak berani membayangkan Anda jadi pengurus nanti, bisa langsung melakukan penghapusan cepat pada artikel-artikel itu, tanpa memberi tag subst:kelayakan atau subst:kembangkan terlebih dahulu. Bukankah pemberian tag itu bukan sebuah pengabaian? Kenapa semua harus hapus? Jelas Anda masih belum paham tag mana yang benar atau tidak :) Oh iya, jangan disangkutpautkan sama pengurus lain, karena ini membahas tentang Anda yang seringkali sembarangan memberi tag hapus.  Mimihitam  14:04, 20 Desember 2010 (UTC)
    Contohnya ini: Contoh :) Saya tidak berani membayangkan kalau Anda jadi pengurus, artikel itu langsung dihapus, padahal sudah bagus untuk pemula. Untung saat itu saya lihat dan saya hentikan.  Mimihitam  14:06, 20 Desember 2010 (UTC)
    Tambah satu dari saya. Contohnya ini: [1] --Ezagren 이야기 14:14, 20 Desember 2010 (UTC)
    Harus diingat bahwa setiap orang memiliki gaya yang berbeda. Aldo samulo (bicara) 14:10, 20 Desember 2010 (UTC)
    Gaya tidak boleh seenaknya dan harus sesuai dengan konsensus  Mimihitam  14:11, 20 Desember 2010 (UTC)
  4. Jika Anda terpilih sebagai pengurus, program/pekerjaan apa yang menjadi prioritas Anda di WBI yang tidak dapat dilakukan oleh pengguna lain selain daripada pengurus? Salam. Wagino 20100516 (bicara) 07:39, 20 Desember 2010 (UTC)
    Mungkin saya akan merapikan dan melakukan pembersihan di WBI dan menghapus artikel yang tidak layak di WBI. Aldo samulo (bicara) 13:27, 20 Desember 2010 (UTC)
    Terima kasih, jawaban Anda menjadi salah satu pertimbangan saya untuk memilih Anda sebagai pengurus. Salam. Wagino 20100516 (bicara) 00:38, 21 Desember 2010 (UTC)
  5. Dari sisi "kaca mata" seorang pengguna WBI seperti Anda, bagaimana kriteria artikel yang harus diberi tag {{kembangkan}}, {{hapus}}, atau {{rapikan}} (dijawab secara runut)? Soalnya, saya tilik, kebanyakan artikel baru oleh pengguna baru dan Anda tangkap itu, langsung Anda tag {{hapus}}. Padahal ada yang sebenarnya layak, meski pun itu sedikit dan sering terlewatkan. --Ezagren 이야기 13:41, 20 Desember 2010 (UTC)
    Sebenarnya saya memberi tag {{hapus}} supaya pengguna lain mau menggembangkan artikel tersebut supaya tidak dihapus karena kalau hanya diberi tag {{kembangkan}} atau tag {{rapikan}} tidak terlalu menarik perhatian orang lain. Akan tetapi memang kebanyakan artikel yang saya beri tag {{hapus}} memang tidak layak berada di WBI. Aldo samulo (bicara) 13:47, 20 Desember 2010 (UTC)
    Nimbrung bentar, kalau begitu Anda masih belum paham bagaimana menentukan tag yang benar atau tidak.  Mimihitam  13:57, 20 Desember 2010 (UTC)
    Pemahaman akan pemberian tag yang benar tidaklah dapat dipahami secepat kilat dan perlu proses pembelajaran terus menerus dan anda sebaiknya tidak memojokkan seseorang karena status kepengurusan anda dan merasa anda jauh lebih baik daripada pengguna yang lainnya dan harus diingat bahwa setiap manusia harus terus menerus belajar dan tidak ada manusia yang sempurna. Dan saya juga ingin mengkritisi proses tanya jawab ini yang terkadang sangat bertele-tele dan hanya membuang-buang waktu dan energi yang sebenarnya dapat digunakan untuk mengembangkan WBI. Aldo samulo (bicara) 14:07, 20 Desember 2010 (UTC)
    Tidak bisa dipahami secara kilat, tapi ini sudah berbulan-bulan loh sejak pencalonan terakhir Anda :) Oh iya, ini tidak ada sangkut pautnya dengan status kepengurusan saya, dan tidak ada kalimat yang menunjukkan saya merasa jauh lebih baik, itu namanya prejudice :) Bukankah pengurus adalah posisi yang penting yang menentukan masa depan WBI? Tidak bisa sembarangan orang dipilih? Ibarat pemilihan presiden, kenapa harus ada tanya jawab dll? Saya rasa jelas jawabannya. Tokh bertanya dan menjawab tidak memboroskan waktu. Saya bisa melakukan sesi tanya jawab dan pengembangan artikel secara bersamaan.  Mimihitam  14:10, 20 Desember 2010 (UTC)
    Menurut saya posisi pengurus bukanlah yang menentukan masa depan WBI karena yang menentukan masa depan Wikipedia ini adalah pengguna WBI itu sendiri dan bukan hanya pengurus. Anda harus ingat itu karena tanpa adanya pengguna biasa pengurus bukanlah jabatan apa-apa. Aldo samulo (bicara) 14:13, 20 Desember 2010 (UTC)
    Tidak menentukan? Hati-hati dengan ucapan Anda . Saya rasa semua bisa menilai. Omong2 kok malah keluar topik ini ya, kembali ke topik awal, bagaimana dengan pemberian tag yang seringkali tidak tepat itu? 14:15, 20 Desember 2010 (UTC)
    Memang pengurus salah satu faktor penentu akan tetapi harus diingat bahwa pengguna yang memilih anda itu tidak semuanya itu pengurus dan sebagian besar adalah pengguna biasa. Soal pemberian tag kita lihat saja bagaimana nantinya.Aldo samulo (bicara) 14:18, 20 Desember 2010 (UTC)
    Jawaban yang gampang ya :) Baiklah terima kasih banyak atas perhatiannya.  Mimihitam  14:19, 20 Desember 2010 (UTC)
  6. Menurut Anda apakah perbedaan multiakun dengan pengguna siluman? Menurut Anda apakah multiakun diperbolehkan? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 05:39, 22 Desember 2010 (UTC)
    Perbedaan diantara multiakun dan pengguna siluman bedanya sangat tipis dan sangat susah untuk dibedakan dan menurut saya pengguna multiakun terkadang dapat diperbolehkan dan terkadang juga dapat tidak diperbolehkan. Aldo samulo (bicara) 06:28, 22 Desember 2010 (UTC)
    Menurut Anda apa perbedaannya? Kapan multiakun diperbolehkan dan kapan multiakun tidak diperbolehkan? ·· Kℇℵ℟ℑℭK 16:10, 22 Desember 2010 (UTC)
  7. Saya pasti akan vote yes untuk dirimu tapi untuk keperluan sekunder saya tanya sesuatu:
    1. Ada 2 pengguna bertikai karna kacaunya suatu kesepakatan diantara mereka. Si A yang dianggap sebagai biang kerok karena sudah tidak betah dengan kesepakatan itu melakukan suatu perbuatan "ilegal" alias tanpa izin (misalkan mengembalikan suntingan si B). Si B yang tak mau tikai terpaksa melakukan hal sesuatu demi suatu hal positif. Namun hal itu membuat si B dianggap berbuat vandal (misalnya WP:3RR) Menurut Anda, siapa yang layak diblokir (Si A/Si B) ? Jelaskan mengapa ?
    2. Hhhhmmmm.... apa sih kebijakan Anda untuk WBI nanti ?
    3. Ada 2 orang pengurus yang sedikit ganjil. Yang 1 dihadapkan oleh perbuatan vandal "jenius" yakni mengalihkan halaman asli ke halaman lain (misal artikel Katedral dialihkan ke Gereja Setan) sehingga terlihat suntingan pada artikel asli hanya suntingan pengalihannya sementara seluruh suntingan asli selain suntingan pengalihannya "numpuk" sama suntingan artikel alihannya. Sementara pengurus yang satunya dengan liciknya menghapus/menyembunyikan suntingan versi terdahulu user lain serta mengembalikan suntingan versi terdahulu miliknya yang telah dihapus/disembunyikan sehingga tak ternilai sebagai perbuatan jahat apalagi vandal. Gimana sikap Anda pada 2 pengurus itu (dijadikan satu saja) Jelaskan mengapa?
    4. Siapakah penerus pembangun WBI generasi ke-3 (Kenrick95, Vuzzan, Fadhil2004, Tataspot, Erik Evrest, dll yang anda tau) menurut prediksi Anda ?
    5. Menurut Anda, sebuah pertikaian kebanyakan sysop mengatakan bahwa harus diselesaikan sendiri (2 kubu tanpa pihak ketiga) namun jikalau sampai terjadi tindak merugikan pada user lain bahkan sampai terdapat tindak vandal, penghapusan secara besar-besaran, atau kebih parahnya lagi 1 artikel jadi amburadul tak bisa dibetulin lagi (seperti yang pernah terjadi di Wikipedia Aceh atau juga pas Anda sama Ezagren) Gimana Anda nyelesaikannya secara musyawarah dengan Amda sebagai pihak ketiga namun tak sampai ada tindakan memblokir ?--Erik 04:28, 23 Desember 2010 (UTC)
    • Menurut saya tidak ada yang layak diblokir dan hanya perlu diberi penjelasan saja agar tidak melakukan hal itu lagi akan tetapi kalau mereka berdua tetap melakukan itu maka kedua pengguna itu yang harus diblokir.
    • Saya akan berusaha untuk menanyakan terlebih dahulu apa alasannya mereka melakukan itu akan tetapi kalau itu adalah murni vandal mungkin saja pengurus tersebut dapat dicabut kepengurusannya dan diblokir.
    • Mungkin saja anda sendiri dan Kenrick95.
    • Ya semua permasalahan harus diselesaikan dengan baik-baik dan harus dipikirkan terlebih dahulu dan saya akan berusaha menenangkan kedua pengguna yang bertikai tersebut. Aldo samulo (bicara) 07:16, 23 Desember 2010 (UTC)