Wikipedia:Artikel pilihan/Usulan/Keyakinan dalam agama Buddha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
CATATAN PENUTUP

Pengusulan ditutup karena terjemahan artikelnya masih perlu dirapikan dan diteliti lagi. Danu Widjajanto (bicara) 18 Juni 2021 07.26 (UTC)

Diskusi di bawah adalah arsip dari pengusulan artikel pilihan. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.

Pencalonan artikel ini dikembalikan kepada pengusulnya.


Keyakinan dalam agama Buddha[sunting sumber]

Pengusul: Glorious Engine (b • k • l)
Status:    Tidak akan dilanjutkan

Mumpung bung Danu ada waktu untuk meninjau. Cocok untuk ditampilkan di HU pada Waisak tahun depan --Glorious Engine (bicara) 4 Juni 2021 20.36 (UTC)[balas]

Komentar Danu[sunting sumber]

Paragraf pembuka
  • Biar lebih netral, usul hapus kata "tulus" di paragraf pertama dan ubah "mereka yang telah maju dalam pelatihan diri" jadi "mereka yang dianggap telah maju dalam pelatihan diri"
  • "Keyakinan tak hanya bakti kepada seseorang, tetapi bakti muncul karena adanya hubungan dengan konsep ajaran Buddha seperti efikasi karma dan kemungkinan mencapai pencerahan" --> usul ubah jadi "Keyakinan tak hanya berupa bakti kepada seseorang, tetapi juga terkait dengan konsep-konsep dalam ajaran Buddha..."
  • "komunitas para pengikut yang maju dalam spiritual atau komunitas monastik yang berupaya mencapai pencerahan" --> ganti jadi "komunitas para pengikut yang dianggap maju secara spiritual"... dan kata "monastik" bisa diganti jadi "biksu"
  • "Agama Buddha awal secara moral tidak mengecam persembahan damai kepada dewa-dewi." --> ganti jadi "Agama Buddha awal secara moral tidak mengecam pemberian persembahan secara damai kepada dewa-dewi."
  • "dari abad ke-19 dan seterusnya" --> lebih ringkas "semenjak abad ke-19"

Danu Widjajanto (bicara) 12 Juni 2021 17.35 (UTC)[balas]

Peran dalam ajaran Buddha

Danu Widjajanto (bicara) 16 Juni 2021 20.42 (UTC)[balas]

Agama Buddha awal

Setelah aku lihat lebih rinci, kayaknya terjemahannya sebenarnya masih banyak yang perlu diperbaiki, karena masih ada sejumlah kesalahan penerjemahan dari penulis awal yang masih lolos. Contohnya "approach" diterjemahkan jadi "kesepakatan" alih-alih "pendekatan", contoh-contoh lain bisa dilihat di sini.

Enaknya gimana ya? Kalau mau dilanjutin kayaknya bakal kelamaan. Aku juga mau minta maaf sebelumnya karena sudah mendorong untuk mengusulkan jadi AP, aku kira artikelnya benar-benar sudah diperiksa secara menyeluruh seperti Angulimala kemarin. Danu Widjajanto (bicara) 17 Juni 2021 21.05 (UTC)[balas]

Nggak apa-apa bung Danu, ditutup aja nggak apa-apa. Ngomong-ngomong habis ini saya usulkan artikel Antiokhos XI Epifanis apa nggak apa-apa ? --Glorious Engine (bicara) 17 Juni 2021 21.31 (UTC)[balas]

@Glorious Engine boleh saja, silakan diusulkan. Danu Widjajanto (bicara) 18 Juni 2021 07.22 (UTC)[balas]

Diskusi di atas adalah arsip. Terima kasih atas partisipasi Anda. Mohon untuk tidak menyunting lagi halaman ini. Komentar selanjutnya dapat diberikan di halaman pembicaraan artikel.