Wikipedia:Arsip halaman utama/2023/02/13

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Artikel pilihan

Pluto

Pluto adalah planet katai di sabuk Kuiper dan objek trans-Neptunus pertama yang ditemukan. Pluto merupakan planet katai terbesar dan bermassa terbesar kedua di Tata Surya dan benda terbesar kesembilan dan bermassa terbesar kesepuluh yang mengorbit Matahari secara langsung. Pluto merupakan objek trans-Neptunus dengan volume terbesar dan massa yang sedikit lebih kecil daripada Eris, planet katai di piringan tersebar. Layaknya objek lain di sabuk Kuiper, Pluto terdiri dari batu dan es dan relatif kecil—kurang lebih seperenam massa Bulan dan sepertiga volume Bulan. Pluto memiliki orbit eksentris dan miring dengan jarak 30 sampai 49 satuan astronomi (4,4–7,3 miliar km) dari Matahari. Ini berarti ada saatnya Pluto lebih dekat ke Matahari daripada Neptunus; resonansi orbit yang stabil dengan Neptunus membuat kedua planet ini tidak bertabrakan. Pada tahun 2014, Pluto berjarak 32,6 SA dari Matahari. Cahaya Matahari butuh waktu 5,5 jam untuk mencapai Pluto pada jarak rata-ratanya (39,4 SA). (Selengkapnya...)

Artikel pilihan sebelumnya: Burhanuddin HarahapJerman NaziDouglas MacArthur

Peristiwa terkini

Gempa Turki dan Suriah pada 2023
Dampak gempa di Diyarbakir

Tahukah Anda

  • "... bahwa Joe Biden berhasil memenangkan pemilihan umum Senat Amerika Serikat di Delaware 1972 saat ia masih berumur 29 tahun? Ia kemudian memasuki usia 30 tahun (batas usia Senator Amerika Serikat) pada tanggal 20 November 1972, sebelum masa jabatannya sebagai senator dimulai pada 3 Januari 1973. Pada saat ia mulai menjabat, ia menjadi senator termuda keenam dalam sejarah Amerika Serikat."
  • "... bahwa Paula Bataona Renyaan (gambar) adalah wanita pertama yang memegang jabatan Wakil Gubernur di Indonesia, menjabat sebagai Wakil Gubernur Maluku dari tahun 1998 hingga 2003?"
  • "... bahwa walaupun deret 1 + 2 + 4 + 8 + ⋯ dikatakan divergen menuju ke tak terhingga, setidaknya ada satu metode umum yang memberikan hasil penjumlahannya, yaitu −1?"
  • "... bahwa sejumlah penulis telah melakukan perbandingan Nazisme dan Stalinisme, yang mana mereka telah mempertimbangkan persamaan dan perbedaan dari kedua ideologi dan sistem politik ini, hubungan apa yang ada di antara kedua rezim, dan mengapa keduanya menjadi terkenal pada masa yang sama?"

Hari ini dalam sejarah

13 Februari

Tanggal lain: 12 Februari 13 Februari 14 Februari

Hari ini tanggal 13 Februari 2023 (UTC) – Muat ulang

Gambar pilihan

Para wanita bekerja di sawah di Junagadh, Gujarat, India
Para wanita bekerja di sawah di Junagadh, Gujarat, India
(ukuran asli: 4.995 × 2.806 piksel, 6,53 MB)

Oleh: Bernard Gagnon, diunggah oleh Yann
Lisensi: CC BY 3.0, 2.5, 2.0, 1.0