Tensung Namgyal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Tensung Namgyal
Chogyal Sikkim
Berkuasa1670 – 1700
PendahuluPhuntsog Namgyal
PenerusChakdor Namgyal
Informasi pribadi
Kelahiran1644 (1644)
Kematian1700 (umur 55–56)
WangsaNamgyal dynasty
AyahPhuntsog Namgyal
PasanganNumbe Ongmu
Debasam-serpa
Thungwamukma
AnakPende Ongmu
Chakdor Namgyal
Shalngo-Guru
Pende Tshering Gyemu
AgamaBuddhism

Tensung Namgyal (Bahasa Sikkim: བསྟན་སྲུང༌རྣམ་རྒྱལ་; Wylie: bstan srung rnam rgyal) (1644–1700)[1] adalah Chogyal (raja) kedua di Sikkim. Ia menggantikan ayahnya Phuntsog Namgyal pada tahun 1670 dan memindahkan ibu kota dari Yuksom ke Rabdentse dekat Geyzing. Ia memiliki tiga istri dari Bhutan, Nambi Onmo, Tibet, Lhacham Pema Putik, dan seorang putri Limbu dari Lembah Arun, Thungwamukma. Setelah menetapkan Rabdentse sebagai ibu kota barunya, dia membangun sebuah istana dan meminta Ratu Limbu untuk menamainya. Ia menamakannya “Song Khim” yang dalam bahasa Limbu berarti “Istana Baru”. Ini kemudian menjadi "Sukhim" dan "Sikkim"[2]. Ia digantikan oleh putranya Chakdor Namgyal, yang dikandung oleh istri keduanya pada tahun 1700[3]. Dia memiliki satu putra terakhir dengan istri ketiganya. Meskipun dia tidak terkenal, cucunya menjadi raja sebuah kerajaan kecil di bawah pemerintahan ayahnya.

Tensung berselingkuh dengan Numbong, seorang wanita bangsawan Lepcha yang menikah dengan Tasa Aphong, seorang Lepcha Tumyang (pemimpin desa) terkemuka, yang memiliki seorang putra bernama Yugthing Arub, yang akan menjadi pejabat perbendaharaan Sikkim pada masa pemerintahan putra Tensung, Chagdor. Yugthing kemudian direbut oleh pasukan Bhutan selama invasi mereka ke Sikkim pada awal tahun 1700-an, namun mendapatkan rasa hormat dari Deb Raja Bhutan. Keturunannya, Barphungpa, akan menjadi klan penting dalam aristokrasi Sikkim[4].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sikkim Archived 13 June 2011 at the Wayback Machine
  2. ^ Chumlung, Yakthung (2014). "chapter 5, Kirat Kings of Namgyal Dynasty". Kirat History and Culture: All about south asian Monoglians. ASIN B00JH8W6HQ
  3. ^ Alex McKay (1998). Pilgrimage in Tibet. Routledge. ISBN 0-7007-0992-4.
  4. ^ Kazi, Jigme N. (2020). Sons of Sikkim. Chennai: Notion Press. pp. 74–75.