Lompat ke isi

Templat:Referensi medis tidak tepercaya/doc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penggunaan[sunting sumber]

Templat ini dimaksudkan untuk digunakan pada pernyataan tentang kedokteran atau kesehatan (termasuk kedokteran veteriner, psikiatris, dsb.) yang diberi referensi, tetapi tingkat ketepercayaan referensinya dalam mendukung pernyataan tersebut dipertanyakan. Templat ini menghasilkan notasi superskrip seperti berikut:

Pengobatan ini pasti efektif.[referensi medis tidak tepercaya?]

Artikel-artikel yang dibubuhi templat ini akan dikategorikan ke dalam Kategori:Semua artikel yang butuh referensi tepercaya.

Tempatkan templat ini di dalam baris teks, {{Referensi medis tidak tepercaya|date=Juni 2024}} di belakang klaim yang dipertanyakan (beserta tanda bacanya). Templat ini seharusnya ditempatkan di luar kode sumber referensi (<ref> ... </ref>), di dalam teks artikel:

Pernyataan yang berpotensi kontroversial.<ref>referensinya</ref>{{Referensi medis tidak tepercaya|date=Juni 2024}} Kalimat berikutnya.

Konteks penggunaan[sunting sumber]

Templat ini harus digunakan untuk mengungkapkan keraguan terhadap kredibilitas referensi suatu klaim medis.

Tag ini tidak seharusnya digunakan pada pernyataan kontroversial tentang orang hidup yang sumbernya tidak tepercaya; apabila sumbernya tidak tepercaya, pernyataan tersebut harus segera dihapus.

Untuk seluruh artikel atau bagian artikel yang menggunakan referensi-referensi medis yang buruk, pertimbangkanlah untuk menggunakan templat banner {{Medis tambah kutipan}} atau {{Medis tambah kutipan|section}}, masing-masing, alih-alih membubuhkan tag ini pada pernyataan dengan jumlah besar satu per satu.

Untuk sumber-sumber nonmedis yang mempromosikan [[WP:FRINGE|teori pinggiran dan ilmu semu}}, varian templat {{Sumber pinggiran tidak tepercaya}} dapat digunakan.

Untuk sumber-sumber yang tidak tepercaya atas dasar alasan-alasan selain mempromosikan klaim ilmiah yang meragukan, templat yang lebih umum {{Verifikasi kredibilitas}} dapat digunakan.

Tag ini tidak seharusnya digunakan untuk mengindikasikan bahwa informasi yang ditulis tidak dapat ditemukan pada sumber yang dicantumkan. Dalam kasus ini, {{Gagal diverifikasi}} merupakan pilihan templat yang lebih tepat. Untuk pernyataan-pernyataan yang gagal diverifikasi dan karenanya membuat sumbernya dipertanyakan, pertimbangkanlah untuk menghapus sumber tersebut (dan mungkin beserta pernyataannya), alih-alih menggunakan kedua tag ini.

Parameter[sunting sumber]

Templat ini memiliki parameter-parameter opsional sebagai berikut:

  • date (tanggal): seharusnya diatur ke bulan dan tahun saat artikel ditandai. Contoh: {{Referensi medis tidak tepercaya|date=Juni 2024}}
  • reason (alasan): catatan penjelasan tentang mengapa Anda menilai bahwa sumber tersebut tidak tepercaya berdasarkan WP:MEDRS. Tampilkan sebagai tool tip. Persingkatlah penjelasan Anda (satu kalimat) karena penjelasan yang panjang tempatnya di halaman pembicaraan. Ada baiknya jika Anda menulis ulang alasan Anda di ringkasan penyuntingan. Contoh: {{Referensi medis tidak tepercaya|reason=Alasan Anda yang didasarkan pada WP:MEDRS|date=Juni 2024}}
  • sure or certain (kepastian): apabila diatur ke "y" atau "yes", tanda tanya pada output templat akan dihilangkan untuk menunjukkan kepastian terhadap ketaktepercayaan sumber. Dimohon untuk menggunakan parameter ini dengan parameter reason hanya setelah berusaha dengan niat baik memverifikasi tingkat ketepercayaan sumber yang diragukan. Contoh: {{Referensi medis tidak tepercaya|sure=y|reason=Alasan Anda yang didasarkan pada WP:MEDRS|date=Juni 2024}}

Pengalihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]

Templat sebaris[sunting sumber]

Lebih banyak templat[sunting sumber]

Templat:Medref/doc/see finally