Susan Rook

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Susan Rook
Lahir1961 (umur 62–63)
AlmamaterUniversitas George Mason
Dikenal atasCNN PrimeNews
Talkback Live (1994–1997, pembawa acara)
Suami/istriEd Turner (1993–1994, bercerai)

Susan Rook (born c. 1961) adalah seorang wartawan yang terkenal atas tahun-tahunnya sebagai pembawa acara CNN dan Pembawa Acara Asli Talkback Live CNN.

Rook memulai sebagai pembawa acara berita tengah malam, kemudian naik ke penugasan pembawa acara yang lebih terlihat: menjadi co-anchor "Newsnight" bersama Patrick Emory dan kemudian PrimeNews dan "Evening News" (kemudian berganti nama menjadi World News), menjadi co-anchor bersama Bernard Shaw dan kemudian menjadi pembawa acara acara talk show harian TalkBack Live.[1] Rook adalah salah satu dari tiga panelis, bersama dengan Helen Thomas dan Gene Gibbons, dalam debat presiden Amerika Serikat ke-3 pada Pemilihan umum Presiden Amerika Serikat 1992 dengan Presiden saat itu George H. W. Bush dan calon presiden masa depan Bill Clinton. Dia juga pernah menjadi reporter tugas umum di New Orleans dan Ft Myers, FL sebelum datang ke CNN.[2] Dia lulus dari Universitas George Mason.

Awalnya, dia menolak tawaran menjadi pembawa acara di CNN. Dia menerima pekerjaan tersebut setelah Direktur Berita di New Orleans menolak cerita investigasinya tentang korupsi politik. Dia menyerahkan cerita itu kepada Ron Ridenhour (seorang wartawan investigasi untuk City Business). Ridenhour adalah prajurit yang mengirim surat ke Kongres yang memicu penyelidikan terhadap Pembantaian My Lai.

Ridenhour memenangkan Penghargaan Polk untuk artikelnya yang dimulai dengan "T ax Dodge: Millions Go Uncollected; City Hall Protects The Favored Few". Penolakan Ridenhour untuk memberikan sumber rahasia berakhir di hadapan Mahkamah Agung Louisiana.

Penghargaan Ridenhour "mengakui mereka yang bertahan dalam tindakan pencerahan yang melindungi kepentingan publik, mempromosikan keadilan sosial, atau menerangi visi masyarakat yang lebih adil."

Susan Rook mengatakan, "Prestasi profesional saya yang paling membanggakan tetaplah mengungkapkan cerita yang tidak mencantumkan nama saya. Ini dimulai karena seorang anak meninggal dalam kebakaran tepat di seberang jalan dari sebuah pos pemadam kebakaran yang ditutup karena masalah anggaran Kota NOLA. Ini adalah anak miskin, kulit hitam. Para pembuat kebijakan tidak peduli. Sumber saya peduli. Saya peduli. Ron peduli. Harus ada sesuatu yang lebih besar dari sekadar diri sendiri untuk menjalani kehidupan yang memuaskan."

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Susan Rook lahir sekitar tahun 1961 dari Bill, seorang psikolog CIA, dan Edie, seorang guru; saudara laki-lakinya, Bill, lahir sekitar setahun sebelumnya.[3] Dia banyak belajar di rumah dan melewati kelas 6 dan 12. Akibatnya, dia lebih muda dari usia normal ketika dia mulai kuliah di Universitas George Mason.

Karier[sunting | sunting sumber]

Rook adalah seorang reporter untuk WBBH-TV di Fort Myers, Florida, dan WVUE-TV di New Orleans, Louisiana, sebelum dia direkrut di CNN pada tahun 1987.[3]

Pada tanggal 19 Oktober 1992, Rook menjadi panelis, bersama Gene Gibbons dari Reuters dan Helen Thomas dari UPI, untuk debat ketiga Pemilihan presiden AS 1992, yang dipandu oleh Jim Lehrer dari The MacNeil/Lehrer NewsHour di PBS.[2] C-Span mewawancarai Rook tentang pengalamannya dalam Debat Presiden.

Rook diinduksi ke Omicron Delta Kappa, Society Kehormatan Kepemimpinan Nasional di Universitas East Tennessee pada tahun 1994 sebagai anggota kehormatan.

Di CNN, Rook menjadi pembawa acara bersama CNN PrimeNews dengan Bernard Shaw dan menjadi pembawa acara Talkback Live sejak awal tahun 1994.

Rook meninggalkan CNN pada tahun 1997.[3] Dia menjadi pembawa acara panel tentang pendidikan untuk Asosiasi Gubernur Republik pada November 1998.[4]

Rook menjadi bagian dari liputan perayaan milenium untuk PBS pada tahun 1999–2000.[3]

Kehidupan personal[sunting | sunting sumber]

Rook menikah dengan Ed Turner, mantan wakil presiden eksekutif CNN, pada tahun 1993. Mereka bercerai pada tahun 1994. Turner meninggal karena kanker pada tahun 2002.[3]

Rook adalah seorang mantan pecandu alkohol dan narkoba.[3][5]

Pada tahun 2000, Rook melakukan perjalanan ke Nepal dan mendaki ke kamp dasar Gunung Everest.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CNN USA Schedule". CNN. 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-30. Diakses tanggal 2006-12-15. 
  2. ^ a b "Debates:history". CNN. 2001. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-09-09. Diakses tanggal 2006-12-15. 
  3. ^ a b c d e f "News Flash: Ex-cnn Star Happy - Orlando Sentinel". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-02-15. 
  4. ^ "Education in the States | C-SPAN.org". 
  5. ^ "US WI: Addicted Without Knowing It". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]