Story:Missouri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Missouri
Missouri adalah negara bagian di Amerika Serikat Barat Tengah. Missouri memiliki enam juta penduduk yang membuatnya menjadi negara bagian terpadat ke-18. Wilayah perkotaan terbesar adalah St. Louis, Kota Kansas, Springfield, dan Columbia; ibukotanya adalah Kota Jefferson. Missouri berbatasan dengan delapan negara bagian yaitu, Iowa di utara, Illinois, Kentucky, dan Tennessee (melalui Sungai Mississippi) di timur, Arkansas di selatan, dan Oklahoma, Kansas, dan Nebraska di barat. Sungai Missouri, dinamakan dari nama negara bagian tersebut, mengalir melalui pusat negara bagian ke Sungai Mississippi, yang membentuk perbatasan timur Missouri.
Bev Sykes from Davis, CA, USA
Manusia telah menghuni tanah yang sekarang dikenal sebagai Missouri selama setidaknya 12.000 tahun. Kebudayaan Mississippi membangun kota dan gundukan, sebelum menurun pada abad ke-14. Ketika penjelajah Eropa tiba di abad ke-17, mereka bertemu bangsa Osage dan Missouria. Prancis mendirikan Louisiana, bagian dari Prancis Baru, dan mendirikan St. Louis pada tahun 1764. Setelah periode singkat pemerintahan Spanyol, Amerika Serikat membeli Pembelian Louisiana pada tahun 1803. Orang Amerika dari Dataran Tinggi Selatan, termasuk orang Amerika Afrika yang diperbudak, bergegas ke Wilayah Missouri yang baru. Missouri diakui sebagai negara budak sebagai bagian dari Kompromi Missouri. Banyak dari Virginia, Kentucky, dan Tennessee bermukim di daerah Boonslick di Mid-Missouri.
TUBS
Missouri memainkan peran sentral dalam ekspansi ke arah barat Amerika Serikat. Sebagai negara perbatasan, peran Missouri dalam Perang Saudara Amerika sangat kompleks dan ada banyak konflik di dalamnya. Setelah perang, St. Louis dan Kota Kansas menjadi pusat industrialisasi dan bisnis. Hari ini negara dibagi menjadi 114 kabupaten dan kota mandiri St. Louis. Budaya Missouri memadukan unsur-unsur dari Amerika Serikat Barat Tengah dan Amerika Serikat Selatan. Genre musik ragtime berkembang di Missouri. Missouri juga merupakan pusat utama pembuatan bir; Anheuser-Busch adalah produsen terbesar di dunia.
VoyagerMU