Siswo Pramono

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Siswo Pramono
Potret resmi, 2019
Duta Besar Indonesia untuk Australia ke-24
Mulai menjabat
25 Oktober 2021
PresidenJoko Widodo
Sebelum
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
KebangsaanIndonesia
Suami/istriMarsia Gustiananda[1]
Alma materUniversitas Airlangga
Universitas Monash
Universitas Nasional Australia
ProfesiDiplomat
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Siswo Pramono adalah seorang diplomat Indonesia. Saat ini ia menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Australia sejak 2021.[2] Setelah pelantikan tersebut, ia memegang jabatan Duta Besar Indonesia untuk Republik Vanuatu.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Siswo merupakan lulusan sarjana hukum dari Universitas Airlangga di Surabaya. Dia mengambil studi pascasarjana di Universitas Monash di bidang hukum dan kemudian menyelesaikan gelar doktor di bidang ilmu politik dari Universitas Nasional Australia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Sebelum ditempatkan di Canberra sebagai Duta Besar Indonesia untuk Australia dan Vanuatu, beliau menjabat sebagai Kepala/Direktur Jenderal Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan di Kementerian Luar Negeri. Penempatan beliau sebelumnya antara lain sebagai Wakil Duta Besar RI di KBRI Berlin, Jerman serta Kepala/Direktur Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kawasan Asia-Pasifik dan Afrika pada Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan di Kementerian Luar Negeri Indonesia. Ia juga pernah menjadi Penasihat Perwakilan Tetap Republik Indonesia untuk Organisasi Pelarangan Senjata Kimia di Den Haag, Belanda.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dr Marsia Gustiananda graduated from the Australian National University in the same year as Siswo Pramono received his degree. See 'Marsia Gustiananda, S.Si., PhD', website of the Indonesian International Institute for Life Sciences.
  2. ^ President of the Republic of Indonesia, press release, 'Presiden RI Lantik 17 Duta Besar RI untuk Negara Sahabat, 25 October 2021.
  3. ^ "HE Dr Siswo Pramono". The Australia-Indonesia Centre. Diakses tanggal 2024-05-04. 
Jabatan diplomatik
Didahului oleh:
Kristiarto Legowo
Duta Besar Indonesia untuk Australia
2021–sekarang
Petahana