Selat El Río

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
El Río
Selat El Río (di tengah) memisahkan Pulau La Graciosa dari Lanzarote
LetakAntara Lanzarote dan La Graciosa
Jenis perairanSelat
EtimologiSungai
Asal aliran lautSamudra Atlantik
Terletak di negaraSpanyol
PermukimanCaleta de Sebo
Peta
Peta

Selat El Río (bahasa Spanyol: Estrecho del Río) adalah sebuah selat yang memisahkan Pulau La Graciosa dari Lanzarote di Kepulauan Canaria timur.[1] Dalam bahasa Spanyol, río berarti "sungai". Lebar selat ini hanya 1,1 km di bagian tersempitnya.

El Río merupakan bagian dari cagar laut yang didirikan di sekitar Pulau La Graciosa.[2]

Caleta de Sebo merupakan permukiman yang terletak di sisi barat laut selat ini. Permukiman ini merupakan salah satu dari dua permukiman yang berdiri di Pulau La Graciosa.

Sementara itu, di sisi tenggara selat ini, terdapat tebing Famara di Pulau Lanzarote. Salinas del Río terletak di kaki tebing ini di pesisir Selat El Río. Diyakini Salinas del Río merupakan tambak garam tertua di Kepulauan Canaria, walaupun tambak ini sudah tidak lagi digunakan sejak paruh kedua abad ke-20. Pada tahun 2018, tambak ini tengah mengalami pemugaran.[3]

Kompetisi berenang[sunting | sunting sumber]

Travesía a nado "El Río" merupakan kompetisi berenang di Selat El Río. Kompetisi dimulai di Playa de Bajo Risco di Pulau Lanzarote dan berakhir di Caleta de Sebo di Pulau La Graciosa, dengan total jarak sebesar 2.600 m. Acara ini pertama kali digelar pada September 1993 dan kemudian diselenggarakan setiap tahun pada bulan September atau Oktober (tergantung ombaknya).[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ El Río dapat ditemukan di GEOnet Names Server, di pranala ini, dengan membuka kotak Advanced Search, memasukkan " -381178 " di formulir "Unique Feature Id", dan mengklik "Search Database".
  2. ^ "Orden de 19 de mayo de 1995 por la que se establece una reserva marina en el entorno de la Isla Graciosa y de los islotes del norte de Lanzarote" [Order of 19 May 1995 by which a marine reserve is established around Graciosa island and the islets north of Lanzarote] (dalam bahasa Spanyol). BOE. 1995-06-02. Diakses tanggal 2019-07-30. 
  3. ^ "Arranca la restauración de las Salinas del Río, "las más antiguas de Canarias"" [The restoration of the Salinas del Río, the oldest of the Canary Islands, begins] (dalam bahasa Spanyol). Diario de Lanzarote. 2018-08-07. Diakses tanggal 2019-07-30. 
  4. ^ "Travesía a nado 'EL RÍO' (Lanzarote-La Graciosa)" ['EL RÍO' swim crossing (Lanzarote-La Graciosa)] (dalam bahasa Spanyol). Cabildo de Lanzarote. 2018-10-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-10. Diakses tanggal 2019-07-30.