Said Abdullahi Dani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Said Abdullahi Dani (Somalia : Siciid Cabdullaahi Deni, Arab : الله ; lahir 2 Juli, 1966 atau 1967, juga dikenal sebagai Said Deni, adalah presiden Puntland saat ini.

Said Abdullahi Deni
Said Abdullahi Mohammed Deni
Menteri Perencanaan
Masa jabatan
14 Januari 2014 – 22 Februari 2017
Wakil GubernurAhmed Elmi Osman
Presiden Puntland
Masa jabatan
8 Januari 2019 – Masih menjabat
PresidenAbdiweli Gaas
Pengganti
Masih menjabat
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir2 Juli 1966/1967
Mogadishu, Somalia
Partai politikKAAH
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Menteri Perencanaan Somalia, setelah diangkat pada 17 Januari 2014 oleh Perdana Menteri saat itu Abdiweli Sheikh Ahmed. Dia juga seorang kandidat presiden dalam pemilihan presiden Somalia tahun 2017 dan 2022. Sejak 2020 dia mewakili partai Kaah.

Menteri Perencanaan[sunting | sunting sumber]

Kerjasama bilateral Somalia-Jepang[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 2014, Mohamed dan delegasi pemerintah Somalia termasuk Presiden Hassan Sheikh Mohamud, Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Internasional Abdirahman Duale Beyle dan Menteri Pekerjaan Umum dan Rekonstruksi Nadifo Mohamed Osman melakukan kunjungan empat hari ke Tokyo, di mana mereka bertemu dengan Duta Besar Tatsushi Terada dan pejabat senior pemerintah Jepang lainnya. Presiden Mohamud dan delegasinya juga berunding dengan Perdana Menteri Shinzo Abe untuk membahas penguatan hubungan bilateral, serta pelatihan kapasitas bagi para profesional pengembangan peternakan dan pertanian Somalia. Kunjungan diakhiri dengan pengumuman oleh Perdana Menteri Jepang Abe bahwa pemerintahannya akan mengajukan paket dana $40 juta untuk rehabilitasi pasukan polisi Somalia, layanan bantuan, dan peluang penciptaan lapangan kerja. Mohamud memuji pemerintah Jepang untuk mengintensifkan dukungan bilateral, dan menyarankan bahwa inisiatif pembangunan akan dipusatkan pada pelatihan kejuruan untuk pemuda dan perempuan, pelatihan kelautan dan perikanan, pengembangan infrastruktur perikanan dan pertanian, dan dukungan komunikasi dan teknologi informasi.

Sensus penduduk[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2014, Kementerian Perencanaan dan Kerjasama Internasional menerbitkan sensus penduduk awal untuk Somalia. Ini adalah inisiatif pemerintah yang pertama dalam lebih dari dua dekade. UNFPA membantu Kementerian dalam proyek tersebut, yang dijadwalkan akan diselesaikan menjelang plebisit yang direncanakan dan pemilihan lokal dan nasional pada tahun 2016. Menurut Menteri Perencanaan Mohamed dan Wakil Perdana Menteri Ridwan Hirsi Mohamed , sensus akan memfasilitasi implementasi Visi 2016 dan proyek pembangunan umum di dalam negeri. Kementerian Perencanaan juga menunjukkan bahwa data sensus awal menunjukkan bahwa ada sekitar 12.360.000 penduduk di negara ini, dan bahwa pihaknya berencana untuk melakukan sensus ekspatriat Somalia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. Wikidata.org.
  2. 2020.
  3. 28-01-2019.