Lompat ke isi

Sadwara Hatmasarodji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Raden Mas
Sadwara Hatmasarodji
LahirTidak diketahui
PekerjaanSastrawan

Sadwara Hatmasarodji atau lengkapnya Raden Mas Sadwara Hatmasarodji, beliau merupakan salah satu pengarang berbahasa Jawa. Biografi lengkapnya tak banyak diketahui, namun dilihat dari gelar Raden Mas yang dikenakannya, kemungkinan ia berasal dari keluarga Priayi di Surakarta, dugaan ini juga diperkuat dengan karya novelnya yang berjudul Sumirat yaitu Kota Solo dan sekitarnya.

Karya[sunting | sunting sumber]

Sumirat yang merupakan karya utamanya menceritakan seorang tokoh bernama Sumirat, seorang agen polisi yang selalu menyamar menjadi seorang pelukis dalam setiap aksinya. Kisah detektif yang diangkat sebagai tema dalam ceritanya menunjukkan adanya kebaruan tema dalam jajaran karya sastrawan Jawa pada saat itu, hal tersebut juga dapat menunjukkan adanya pengaruh barat yang menginspirasi Hatmasarodji dalam menyusun ceritanya. Sumirat memang tak serumit cerita detektif Barat seperti karya Agatha Christie maupun Sir Arthur Conan Doyle, namun ciri khas cerita detektif seperti adanya mayat sebagai korban pembunuhan dan bentuk watak tokoh-tokoh yang meragukan dan penuh misteri.[1]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Prabowo, Dhanu Priyo. (2010). Ensiklopedi sastra Jawa. Pradopo, Sri Widati., Rahayu, Prapti, 1959-, Balai Bahasa Yogyakarta (Indonesia) (edisi ke-Cet. 1). Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Pusat Bahasa, Balai Bahasa Yogyakarta. ISBN 9789791852357. OCLC 801810329.