Putri Alexandra, Adipati Wanita Fife ke-2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Putri Alexandra, Adipati Wanita Fife ke-2, RRC, GCStJ (17 Mei 1891 – 26 Februari 1959), lahir Lady Alexandra Duff dan dikenal sebagai Putri Arthur dari Connaught setelah pernikahannya, adalah cucu tertua yang hidup dari Raja Edward VII. Alexandra dan adik perempuannya, Maud, memiliki pembeda sebagai satu-satunya keturunan garis perempuan dari penguasa Inggris yang dianugerahi gelar Putri dan gaya Highness.[1]

Putri Alexandra
Putri Arthur dari Connaught
Adipati Wanita Fife
Foto sekitar tahun 1910-an
KelahiranNona Alexandra Duff
(1891-05-17)17 Mei 1891
East Sheen Lodge, Richmond, Inggris
Kematian26 Februari 1959(1959-02-26) (umur 67)
St. John's Wood, London, Inggris
Pemakaman3 Maret 1959
Kapel St. Ninian, Braemar, Skotlandia
Nama lengkap
Alexandra Victoria Alberta Edwina Louise Duff
AyahAlexander Duff, Adipati Fife ke-1
IbuLouise, Putri Kerajaan
Pasangan
(m. 1913; meninggal 1938)
AnakAlastair Windsor, Adipati Connaught dan Strathearn ke-2

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Putri Alexandra

Ayah Alexandra adalah Alexander Duff, Adipati Fife ke-1. Setelah menggantikan ayahnya sebagai Earl Fife ke-6, ia diangkat menjadi Adipati Fife dan Marquess of Macduff dalam Kebangsawanan Britania Raya pada pernikahannya tahun 1889 dengan Putri Louise dari Wales, putri tertua dari calon Raja Edward VII. Putri Louise kemudian menjadi Adipatni Fife, dan berhasil menjadi kepala banyak Baroni Feodal Skotlandia, termasuk MacDuff, yang dinamai untuk James Duff, Earl Fife ke-2.

Alexandra lahir di East Sheen Lodge, Richmond pada 17 Mei 1891. Setelah sepuluh tahun menikah dan kelahiran adik perempuan Alexandra, Maud, pada tahun 1893, tidak ada lagi anak yang lahir dari orang tua Alexandra, dan gelar dukedom serta marquessate Fife menuju kepunahan karena hanya ahli waris laki-laki yang bisa mewarisi gelar tersebut. Pada 24 April 1900, Ratu Victoria memberikan Alexander Duff gelar dukedom Fife kedua, bersama dengan gelar earldom Macduff, dengan ketentuan khusus bahwa kedua gelar ini akan diwariskan, jika tidak ada putra yang lahir darinya dan cucu perempuan Ratu, kepada putri-putri mereka sesuai urutan kelahiran, dan kepada keturunan laki-laki mereka yang sah dalam urutan yang sama. Oleh karena itu, setelah kematian ayahnya pada tahun 1912, Alexandra mewarisi Dukedom of Fife atas haknya sendiri.

Sebagai cucu perempuan dari raja Britania, Alexandra tidak berhak atas gelar "Putri", maupun gelar Her Royal Highness. Sebagai gantinya, dia diberi gelar Lady Alexandra Duff, sebagai putri dari seorang duke, meskipun dia lahir di urutan kelima dalam garis suksesi takhta Britania. Alexandra dan adik perempuannya adalah unik di antara para putri Britania karena mereka keturunan dari Raja William IV (melalui gundiknya, Dorothea Jordan), dan keponakan William IV, Ratu Victoria, yang menggantikannya karena dia tidak meninggalkan keturunan yang sah.

Dia dibaptis di Chapel Royal, St James's Palace pada 29 Juni 1891 oleh Uskup Agung Canterbury, Edward White Benson. Orang tua baptisnya adalah Ratu Victoria dan Pangeran serta Putri Wales.

Putri Alexandra[sunting | sunting sumber]

Pada 9 November 1905, Raja Edward VII menyatakan putri sulungnya sebagai Princess Royal. Dia juga memerintahkan Garter King of Arms untuk mengumumkan Lady Alexandra Duff dan adiknya Lady Maud Duff dengan gelar dan atribut Highness serta gelar Princess yang diapitkan pada nama depan mereka masing-masing, dengan prioritas segera setelah semua anggota keluarga kerajaan Britania yang memiliki gelar Royal Highness. Sejak saat itu, Her Highness Princess Alexandra memegang gelar dan pangkatnya, bukan dari ayah ducalnya, tetapi dari dekret yang dikeluarkan oleh kehendak penguasa (kakek dari pihak ibunya).

Sekitar tahun 1910, Alexandra diam-diam bertunangan dengan Pangeran Christopher dari Yunani dan Denmark, seorang putra dari Raja George I dari Hellenes. Pertunangan tersebut dibatalkan ketika orang tua mereka yang tidak setuju mengetahui hubungan tersebut.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Pernikahan Pangeran Arthur dari Connaught dan Putri Alexandra, Adipatni Fife

Pada 15 Oktober 1913, Putri Alexandra menikah dengan sepupunya, Pangeran Arthur dari Connaught di Chapel Royal, St. James's Palace, London.

Para pendamping pengantin adalah:

  • Putri Maud, adik pengantin perempuan.
  • Putri Mary dari Britania Raya, sepupu pertama pengantin perempuan dari pihak ibu dan putri Raja George V.
  • Putri Mary dari Teck dan Putri Helena dari Teck, putri Pangeran Adolphus, Duke of Teck (saudara Ratu Mary).
  • Putri May dari Teck, sepupu kedua pengantin perempuan dari pihak ibu dan putri Pangeran Alexander dari Teck (saudara Ratu Mary) dan Putri Alice dari Albany.

Pangeran Arthur dari Connaught adalah satu-satunya putra dari Duke of Connaught dan Strathearn, putra ketiga dari Ratu Victoria dan dengan demikian adalah adik dari kakek dari pihak ibu pengantin perempuan, Raja Edward VII. Sebagai demikian, Arthur dan Alexandra adalah sepupu pertama sekali dihilangkan.

Setelah pernikahan mereka, Alexandra disebut sebagai HRH Princess Arthur of Connaught, sesuai dengan tradisi bahwa seorang istri biasanya berbagi gelar dan gelar suaminya.

Bersama suaminya, Alexandra juga menjalankan tugas-tugas kerajaan atas nama pamannya, Raja George V, dan kemudian untuk sepupunya, Raja George VI. Dia juga menjabat sebagai Counsellor of State antara tahun 1937 dan 1944.

Anak tunggal pasangan tersebut, putra mereka Alastair Windsor, Duke of Connaught dan Strathearn ke-2, lahir pada 9 Agustus 1914.

Karir Keperawatan[sunting | sunting sumber]

Perang Dunia I memberi kesempatan kepada Putri Arthur untuk merangkul panggilannya dalam bidang keperawatan yang kemudian menjadi karier yang sukses. Pada tahun 1915, dia bergabung dengan staf Rumah Sakit St. Mary, Paddington, sebagai perawat penuh waktu dan bekerja dalam kapasitas ini hingga gencatan senjata. Setelah perang, dia melanjutkan pelatihannya di St. Mary, menjadi perawat terdaftar negara pada tahun 1919. Dia dianugerahi hadiah pertama untuk makalah tentang eklampsia. Putri Arthur juga berpraktik di Rumah Sakit Queen Charlotte, mengkhususkan diri dalam ginekologi, di mana dia menerima sertifikat penghargaan. Sepanjang tahun-tahun ini, Putri Arthur semakin mengesankan atasannya dengan keterampilan teknis dan efisiensi praktisnya.

Ketika suaminya diangkat menjadi gubernur jenderal Uni Afrika Selatan, Putri Arthur dengan cekatan mendukungnya dan berbagi popularitasnya. Taktik dan keramahan membuatnya memiliki banyak teman di antara warga Afrika Selatan, yang juga sangat mengagumi minatnya pada rumah sakit, kesejahteraan anak, dan pekerjaan maternitas di seluruh Uni. Untuk topik-topik ini, dia membawa pengetahuan dan pengalaman pribadinya, yang memungkinkannya memberikan saran yang efektif dan berharga.

Sekembalinya ke London pada tahun 1923, Putri Arthur melanjutkan karier keperawatannya di University College Hospital, di mana dia dikenal sebagai Perawat Marjorie, dan kemudian di Charing Cross Hospital. Pada saat ini, dia mengkhususkan diri dalam bedah, membuktikan dirinya sebagai saudari teater yang kompeten yang mampu melakukan operasi kecil sendiri dan menginstruksikan junior. Jasa-jasanya dalam profesi keperawatan diakui pada Juli 1925, ketika dia dianugerahi lencana Royal Red Cross oleh George V.

Pecahnya Perang Dunia II pada tahun 1939 memberikan Putri Arthur ruang lingkup lebih lanjut untuk kemampuan keperawatannya. Dia menolak tawaran posisi sebagai matron di rumah sakit di pedesaan, lebih memilih untuk menjadi saudari yang bertanggung jawab atas pos penyaringan korban dari Rumah Sakit Umum Inggris Kedua yang didirikan untuk merawat pasukan yang mundur dari Dunkirk. Tak lama setelah itu, dia membuka Rumah Perawatan Fife di Bentinck Street yang dia lengkapi, biayai, dan kelola sendiri sebagai matron selama sepuluh tahun.

Pada 26 April 1943, satu-satunya anaknya, Alastair, Duke of Connaught and Strathearn, meninggal mendadak (dan dalam keadaan yang tidak jelas) saat tinggal di Rideau Hall di Ottawa bersama kerabatnya Gubernur Jenderal Kanada, Earl of Athlone.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Braemar, Mar Lodge Estate, St Ninian's Chapel – Makam Adipatni Fife (1891–1959)

Pada tahun 1949, artritis reumatoid yang telah lama diderita oleh Putri Arthur membuatnya harus berbaring di tempat tidur dan dengan demikian memerlukan penutupan rumah perawatannya. Dia pensiun ke rumahnya di London di 64 Avenue Road, St John's Wood, London, di mana dia menulis untuk sirkulasi pribadi dua fragmen otobiografi dengan gaya yang hidup dan menghibur: A Nurse's Story (1955) dan Egypt and Khartoum (1956), di mana dia memberikan gambaran grafis tentang kapal karam SS Delhi yang kandas dalam kabut dan ombak besar pada tahun 1911 – Putri Arthur, saudara perempuannya, dan ibunya hampir meninggal dan ayahnya, Alexander Duff, 1st Duke of Fife, kemudian meninggal akibat luka-lukanya beberapa minggu kemudian. Dia sedang mengerjakan volume lebih lanjut tentang perburuan binatang besar di Afrika Selatan ketika dia meninggal di rumah pada 26 Februari 1959.

Atas permintaannya, dia dikremasi, dan abunya diletakkan di St Ninian's Chapel, Braemar, di perkebunan Mar Lodge bersama abu orang tua dan anaknya. Surat wasiatnya disegel di London setelah kematiannya pada tahun 1959. Estatenya dinilai sebesar £86,217 (atau £1,4 juta pada tahun 2022 jika disesuaikan dengan inflasi).

Gelar, Gaya, dan Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Gelar dan Gaya[sunting | sunting sumber]

  • 17 Mei 1891 – 9 November 1905: Lady Alexandra Duff
  • 9 November 1905 – 29 Januari 1912: Yang Mulia Putri Alexandra
  • 29 Januari 1912 – 15 Oktober 1913: Yang Mulia Putri Alexandra, Adipatni Fife
  • 15 Oktober 1913 – 26 Februari 1959: Yang Mulia Putri Arthur dari Connaught, Adipatni Fife

Kehormatan[sunting | sunting sumber]

Pengangkatan Kehormatan Militer[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]