Lompat ke isi

Pipil jagung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biji pipil jagung

Jagung pipil adalah bulir yang diambil dari bonggol tanaman jagung. Jagung adalah biji-bijian, dan bijinya digunakan untuk memasak sebagai sayuran atau sumber pati . Bulirnya terdiri dari endosperm, germ, pericarp, dan tip cap.

Satu tongkol jagung berisi kira-kira 800 pipilan dalam 16 baris. Biji jagung sudah tersedia dalam jumlah besar di seluruh area penghasil jagung. Mereka memiliki sejumlah kegunaan, termasuk makanan dan biofuel . Jagung terdiri dari sekam dan sutra, sering disalahartikan sebagai sekam.

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Biji jagung memiliki sejumlah kegunaan, termasuk makanan, biofuel, dan bioplastik .

Makanan[sunting | sunting sumber]

Biji jagung curah

Jagung adalah makanan populer di seluruh dunia dalam berbagai bentuk. Ini digunakan dalam sereal sarapan di dunia Barat (sebagai serpihan jagung ) dan merupakan biji-bijian yang dapat dimakan mentah dari tongkolnya, meskipun biasanya lebih disukai dimasak. Ini dapat diberikan kepada hewan atau manusia. Di Amerika Serikat, karena alasan ekonomi seperti subsidi pemerintah, jagung menjadi bahan dasar dari banyak produk, dalam bentuk sirup jagung fruktosa tinggi, yang mendukung gula tebu.[butuh rujukan] Varian genetik yang menumpuk lebih banyak gula dan lebih sedikit pati di tongkol dikonsumsi sebagai sayuran dan disebut jagung manis .

Saat digiling menjadi tepung, jagung menghasilkan lebih banyak tepung, dengan dedak yang jauh lebih sedikit, daripada gandum. Itu tidak memiliki gluten protein gandum dan, oleh karena itu, membuat makanan yang dipanggang dengan kemampuan mengembang yang buruk.

Itu juga digunakan dalam popcorn, makanan ringan yang umum di AS.

Biofuel[sunting | sunting sumber]

Jagung pipil digunakan sebagai bahan bakar pelet untuk kompor dan tungku pelet . Biji jagung adalah pelet alami, yang memberi mereka keuntungan ekonomi dibandingkan pelet biomassa dan pelet kayu buatan manusia lainnya.

Penggunaan jagung dan biji-bijian lainnya sebagai biofuel terbarukan mungkin memiliki manfaat lingkungan dan biaya, dibandingkan dengan sumber energi lainnya, dan dapat menciptakan pendapatan tambahan bagi petani dan industri ekonomi lainnya. Namun penggunaan jagung sebagai stok bahan bakar dapat meningkatkan harga jagung dan berdampak buruk terhadap jagung sebagai stok pangan. Di Amerika Serikat, 5,6 juta gantang jagung digunakan untuk produksi etanol dari 14,6 juta gantang yang diproduksi, menurut data awal USDA 2018.[1] Menurut Pusat Data Bahan Bakar Alternatif Departemen Energi AS, "Peningkatan [produksi] etanol tampaknya berasal dari peningkatan produksi jagung secara keseluruhan dan sedikit penurunan jagung yang digunakan untuk pakan ternak dan penggunaan sisa lainnya. Jumlah jagung yang digunakan untuk keperluan lain, termasuk konsumsi manusia, cukup konsisten dari tahun ke tahun." [2] Ini tidak membuktikan bahwa tidak ada dampak pada pasokan pangan: Karena produksi jagung AS meningkat dua kali lipat (kira-kira) antara tahun 1987 dan 2018, kemungkinan beberapa lahan pertanian yang sebelumnya digunakan untuk menanam tanaman pangan lain sekarang digunakan untuk menanam jagung. Ada juga kemungkinan atau kemungkinan bahwa beberapa lahan marjinal telah dikonversi atau dikembalikan untuk penggunaan pertanian. Itu mungkin memiliki dampak lingkungan yang negatif. Bagian dari peningkatan produksi juga karena hasil yang lebih tinggi.[3] Mencapai hasil yang lebih tinggi mungkin memerlukan penggunaan irigasi, pupuk, dan herbisida kontroversial yang lebih besar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Alternative Fuels Data Center: Maps and Data - Corn Production and Portion Used for Fuel Ethanol". afdc.energy.gov. Diakses tanggal 2019-08-29. 
  2. ^ "Alternative Fuels Data Center: Maps and Data - Corn Production and Portion Used for Fuel Ethanol". afdc.energy.gov. Diakses tanggal 2019-08-29. 
  3. ^ "2009 Crop Year is One for the Record Books, USDA Reports". Nass.usda.gov. 12 January 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 January 2010. Diakses tanggal 2010-04-04.