Peteinosaurus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peteinosaurus
Periode Trias Akhir, 221–210 jtyl

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasReptilia
OrdoPterosauria
FamiliDimorphodontidae
GenusPeteinosaurus
Wild, 1978

Peteinosaurus (Pelafalan Inggris:/pɛˌtnəˈsɔːrəs/ peh-TY-nə-SOR-əs;[1] berarti "kadal bersayap") merupakan genus pterosaurus prasejarah. Pterosaurus ini hidup pada periode Trias Akhir pada Norian akhir (sekitar 221 to 210 juta tahun yang lalu) dan sayapnya sepanjang 60 cm (24 in), yang merupakan salah satu pterosaurus terkecil dan paling awal.[2]

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Fossil di Museo civico di scienze naturali di Bergamo

Tiga fosil telah ditemukan dekat Cene, Italia.[3] Fosil pertamanya, holotipe MCSNB 2886, terpisah-pisah dan tidak jelas. Fosil keduanya, paratipe MCSNB 3359 yang terartikulasi, kekurangan fitur diagnostik Peteinosaurus dan kemungkinan merupakan spesies yang berbeda. Paratipe ini memiliki ekor panjang (20 cm) dibuat lebih kaku dengan ekstensi panjang tulang belakang; fitur ini umum di antara pterosaurus dari Trias. Fosil ketiga adalah MCSNB 3496, kerangka terpisah-pisah lainnya. Seluruh spesimen adalah sub-dewasa dan tidak ada tengorak yang diawetkan.

Seperti kebanyakan pterosaurus, Peteinosaurus memiliki tulang yang kuat namun sangat ringan. Peteinosaurus adalah trimorfodontik, dengan tiga jenis gigi berbentuk kerucut. Gaya hidup insektivora telah dikaitkan dengan Peteinosaurus.[3] Jari kaki kelima Peteinosaurus panjang dan tidak bertulang. Sendinya memungkinkannya untuk melenturkan pada bidang yang berbeda dari falang lainnya untuk mengontrol cruropatagium, seperti yang terlihat pada spesimen Sordes pilosus PIN 2585.3.[butuh rujukan]

Genusnya telah dijelaskan oleh paleontolog asal Jerman Rupert Wild pada tahun 1978.[4] Spesies tipenya adalah Peteinosaurus zambelli. Nama genusnya berasal dari bahasa Yunani peteinos, "bersayap" dan sauros, "kadal", yang terakhir digunakan untuk menunjukkan saurian apapun. Nama spesifiknya, zambellii, menghormati Rocco Zambelli, kurator museum sejarah alam Bergamo.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Creisler, B. (2003). "Pterosauria Translation and Pronunciation Guide" Diarsipkan 2007-11-09 di Wayback Machine., Dinosauria On-Line.
  2. ^ Haines, Tim; Chambers, Paul (2005). The complete guide to prehistoric lifePerlu mendaftar (gratis). 
  3. ^ a b "Peteinosaurus." In: Cranfield, I. (ed.) (2000). The Illustrated Directory of Dinosaurs and Other Prehistoric Creatures. London: Salamander Books, Ltd. Pp. 282-283. ISBN 1-84065-241-1.
  4. ^ Wild, R. (1978). "Die Flugsaurier (Reptilia, Pterosauria) aus der Oberen Trias von Cene bei Bergamo, Italien", Bolletino della Societa Paleontologica Italiana, 17 (2): 176-256.