Penyerangan Frontal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Serangan frontal adalah taktik militer yang melibatkan serangan langsung dengan kekuatan penuh di garis depan pasukan musuh, bukan di sisi atau belakang musuh. Hal ini memungkinkan kemenangan yang cepat dan menentukan, tetapi dengan mengorbankan kekuatan pertahanan maksimum musuh; hal ini dapat membuat serangan frontal menjadi mahal meskipun berhasil, dan sering kali sangat mahal jika tidak berhasil. Ini dapat digunakan sebagai pilihan terakhir ketika waktu, medan, kontrol komando yang terbatas, atau kualitas pasukan yang rendah tidak memungkinkan fleksibilitas medan perang. Risiko serangan frontal dapat dikurangi dengan penggunaan tembakan pendukung yang berat, serangan pengalihan, penggunaan perlindungan (seperti tabir asap atau kegelapan malam), atau taktik infiltrasi.

Serangan frontal, yang mengandalkan bobot dan jumlah infanteri berat atau kavaleri berat, biasanya digunakan dalam peperangan kuno dan abad pertengahan. Tentara Yunani dan legiun Romawi sering kali menggunakan formasi padat dengan banyak barisan untuk maju terus dan mematahkan garis musuh, sementara di abad pertengahan, ksatria berkuda menggunakan serangan frontal untuk mengalahkan pasukan infanteri dengan mudah.


Penggunaan taktik ini menurun seiring dengan peningkatan kualitas pertahanan infanteri, terutama setelah senjata api diperkenalkan. Pasukan yang lebih ringan dan lebih bermanuver menggantikan infanteri berat dan kavaleri berat.


Namun, selama perang Napoleon, kavaleri masih bisa berhasil dalam serangan frontal terhadap garis tipis jika keadaan mendukung. Infanteri juga dapat mencapai keberhasilan dalam serangan-serangan tersebut jika musuh telah dilemahkan atau tidak stabil akibat serangan-serangan sebelumnya.


Dalam Perang Saudara Amerika, para jenderal dari kedua belah pihak tidak segera menyadari bahwa melancarkan serangan langsung terhadap musuh yang memiliki pertahanan kuat atau musuh yang memiliki posisi pertahanan kuat tidak akan berhasil dan akan mengakibatkan hilangnya tenaga kerja.


Kemajuan dalam senjata mesin dan artileri selama Perang Dunia I secara signifikan meningkatkan daya tembak pertahanan, tetapi perang parit membatasi kemampuan manuver di medan perang, sehingga menyebabkan serangan frontal berulang kali dan menimbulkan banyak korban jiwa. Baru menjelang akhir perang, penggunaan tank, taktik infiltrasi, dan senjata gabungan memperkenalkan konsep perang manuver modern sebagai alternatif serangan frontal.


List Pertempuran yang memiliki serangan frontal yang sangat sukses :


List Pertempuran dengan serangan frontal yang tidak berhasil :