Pengendali tembakan anti-pesawat Tipe 91

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

91式高射装置 (きゅういち しき こうしゃ そうち, Kyūichi shiki kōsha sōchi, Pengendali tembakan anti-pesawat Tipe 91) bahasa Inggris: Type 91 Anti-Aircraft Fire Director adalah sebuah sistem pengendali tembakan milik Angkatan Laut Kekaisaran Jepang yang digunakan selama Perang Dunia II.

Bagian dari Pengendali tembakan anti-pesawat Tipe 91 terdiri dari pengarah tembakan (Kōshaki) dan komputer (Kōsha Shagekiban). Seluruh sistem pengendalinya mirip sekali Mark 33 Gun Fire Control System, tetapi tidak terdapat radar pendeteksi jarak. Pengarah ini dibuat sekitar akhir 1920-an dan mulai dipasangi di kapal pada tahun 1930. Pengarah ini juga dapat digunakan untuk mengarahkan tembakan kepada target di permukaan (laut dan darat), tidak hanya pesawat terbang saja. Pengendali tembakan anti-pesawat Tipe 91 juga dipasang di kapal tempur seperti Haruna, kapal-kapal penjelajah, dan kapal lainnya.

Untuk perbaikan alat ini memang agak sulit, namun, frekuensi kerusakannya cukup rendah. Tetapi karena ketiadaan radar pengukur jarak yang menyulitkan penembakan, maka tipe 91 cepat-cepat diganti dengan tipe 94 yang kebetulan berada pada masa penghujung perang.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]