Lompat ke isi

Pelayaran Pera dan Arnhem ke Australia 1623

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pera dan Arnhem adalah dua kapal Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) yang menyusuri pesisir utara Australia pada tahun 1623. Nama Daratan Arnhem diambil dari nama kapal Arnhem.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Pera, dipimpin kapten Willem Joosten van Colster (atau Coolsteerdt), dan Arnhem, dipimpin kapten Jan Carstenszoon, berlayar dari Ambon pada tanggal 21 Januari 1623 dengan tujuan membuat negosiasi perjanjian dengan "penduduk asli Kei, Aru, dan Tanimbar,”[1] dan menjelajahi lebih jauh kawasan “Nova Guinea”, terutama wilayah Australia yang dilihat dan dipetakan oleh Willem Janszoon di Duyfken pada tahun 1606.

Rute[sunting | sunting sumber]

Setelah berlayar di sepanjang pesisir selatan Nugini, mereka berlayar ke Semenanjung Tanjung York dan Teluk Carpentaria. Pada tanggal 14 April 1623, mereka melewati Tanjung Keerweer, titik paling selatan yang dicapai Duyfken. Setelah mendarat untuk mengisi persediaan air tawar, Carstenszoon bertemu sekelompok suku Wik. Upaya keras pihak Belanda untuk menculik beberapa orang Wik memicu respon agresif dan kemungkinan mengakibatkan perkelahian dengan 200 pejuang Wik di mulut sungai kecil yang ia beri nama Sungai Carpentier,[2] dekat Tanjung Duyfken.

Carstenszoon tiba di Sungai Staaten sebelum berlayar lagi ke utara. Dari sini, Pera dan Carstenzoon pulang ke Ambon, sedangkan Arnhem menyeberangi Teluk Carpentaria dan melihat pantai timur Daratan Arnhem.

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Pelayaran Pera dan Arnhem merupakan kontak kesepuluh antara Australia dengan bangsa Eropa, menurut daftar pendaratan Diarsipkan 2011-02-17 di Wayback Machine. yang disusun oleh Divisi Australia on the Map dari Australasian Hydrographic Society. Peta Teluk Carpentaria dan Daratan Arnhem yang lebih rinci dibuat oleh Abel Tasman pada tahun 1644.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Letter of Governor-General and Council, 3 January 1624 in Heeres, p.21
  2. ^ Mungkin Sungai Edward atau Mitchell

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

J. E. Heeres. The Part Borne by the Dutch in the Discovery of Australia, London: Luzac & Co, 1899, pp. 21–48

Pranala luar[sunting | sunting sumber]