Lompat ke isi

Patricia Lascelles, Countess Harewood

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Patricia Elizabeth Lascelles, Countess Harewood (lahir Tuckwell, sebelumnya Shmith; 24 November 1926 – 4 Mei 2018) adalah pemain violin dan model fashion asal Australia-Inggris. Dia adalah istri dari George Lascelles, Earl Harewood ke-7, sepupu tertua dari pihak ayah Ratu Elizabeth II.[1]

Yang Benar Terhormat (TRH)
Countess Harewood
Informasi pribadi
Lahir
Patricia Elizabeth Tuckwell

(1926-11-24)24 November 1926
Melbourne, Victoria, Australia
Meninggal4 Mei 2018(2018-05-04) (umur 91)
Rumah Harewood, Leeds, Yorkshire, Inggris
Suami/istri
(m. 1948; c. 1957)
(m. 1967; meninggal 2011)
Anak
  • Michael Shmith
  • Mark Lascelles
Orang tua
  • Charles Tuckwell
  • Elizabeth Norton
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Kehidupan Awal dan Karir[sunting | sunting sumber]

Lascelles lahir di Melbourne, putri dari Charles Tuckwell, seorang organis, dan istrinya Elizabeth, serta kakak perempuan dari Barry Tuckwell.

Setelah menempuh pendidikan swasta, ia mengejar karir di bidang musik sebagai pemain biola di Sydney Symphony Orchestra.

Dia juga seorang model fesyen dan menjadi model favorit Athol Shmith, yang kemudian menjadi suami pertamanya. Selama pernikahan mereka, Patricia sering menjadi model untuk Athol, dengan nama Bambi Smith. Pada tahun 1951, dia menjadi salah satu pendiri Mannequins' Association of Victoria. Dia mengelola Bambi Smith Modelling College di Melbourne. Murid-muridnya termasuk tokoh-tokoh terkenal seperti Roma Egan. Setelah pembukaan stasiun televisi pertama Melbourne, HSV-7, pada 4 November 1956, dia tampil di beberapa program awal, termasuk Beauty is My Business, di mana co-hostnya adalah Mary Parker.

Kehidupan Pribadi[sunting | sunting sumber]

Pada 7 Juli 1948, Patricia menikah dengan Athol Shmith di Melbourne, dan mereka memiliki satu anak laki-laki, Michael (lahir 1949), yang sebelumnya seorang jurnalis senior untuk The Age dari tahun 1981-2017. Pasangan ini bercerai pada tahun 1957.

Kemudian dia menikah dengan George Lascelles, Earl Harewood ke-7, pada 31 Juli 1967 di New Canaan, Connecticut (USA), karena terpaksa menikah di luar Inggris akibat Undang-Undang Pernikahan Kerajaan 1772 yang masih berlaku saat itu. Pasangan ini bertemu di Italia pada tahun 1959. Mereka memiliki satu anak laki-laki, Mark, yang lahir pada 5 Juli 1964, sementara Earl masih menikah dengan istri pertamanya, Marion Stein. Peristiwa ini menjadi skandal di kalangan masyarakat, dan mengakibatkan Earl dan istri keduanya dikucilkan oleh keluarga kerajaan selama beberapa tahun, meskipun Ratu telah memberikan persetujuannya atas pernikahan tersebut.

Countess Harewood dan Kematian[sunting | sunting sumber]

Sebagai Countess Harewood, Lascelles membantu mengelola kediaman keluarga Harewood House di Yorkshire, mengembangkannya sebagai pusat konservasi burung dan memperluas daya tariknya sebagai objek wisata.

Dia menjadi patronis Huntington's Disease Association. Dia menjadi patron klub Leeds United dari tahun 2011 hingga 2017 ketika dia diangkat sebagai presiden kehormatan klub tersebut; suaminya yang telah meninggal sebelumnya menjabat sebagai presiden Leeds United dari tahun 1961 hingga kematiannya.

Countess meninggal di Harewood House pada 4 Mei 2018.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tuckwell, Charles. "When wattles bloom [music] / music by Charles Tuckwell ; words by A.I. Mockendge", University Library Catalogue of the University of Melbourne, 1931-1940.