Passang Rinpoche

Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Passang Rinpoche[sunting | sunting sumber]

Rinpoche melakukan banyak perjalanan serta mengunjungi berbagai tempat dan daerah untuk membabarkan dharma bagi murid-muridnya dan untuk semua makhluk. Banyak sekali dari ajaran Passang Rinpoche yang menitik beratkan pada praktik dan ajaran bodhicitta. Bodhicitta berakar sangat kuat dalam diri Rinpoche sejak masa remajanya. Suatu ketika sewaktu rinpoche masih berumur 17 tahun. Saat itu dia kebetulan berada di luar vihara dan sedang bermain, tiba-tiba dia melihat seorang pelayan sebuah rumah makan sedang memotong ayam untuk dihidangkan bagi para tamunya. Dengan rasa terkejut yang sangat luar biasa, saat itu juga rinpoche merasakan kesakitan dan penderitaan yang dirasakan oleh hewan tersebut, Sejak saat itu rinpoche bersumpah untuk tidak mengkonsumsi daging dan memilih menjadi vegetarian seumur hidupnya, Rinpoche berikrar akan menahan lapar sampai mati daripada memilih membunuh makhluk hidup. Semoga semua ajaran Passang Rinpoche bisa membebaskan penderitaan dari semua makhluk dan dapat memberikan kebahagiaan tertinggi untuk semua makhluk. Amitofo

Kelahiran[sunting | sunting sumber]

Passang Rinpoche lahir tahun kambing bumi 1979 di desa Gangtsar,di area Dao daerah Kandze,provinsi Sichuan dipagi hari jam sembilan. Pada saat kelahirannya di pagi itu langit dihiasi oleh pelangi beraneka warna dan awan yang sangat indah, bahkan di sekeliling dan rumahnya dipenuhi oleh wewangian bunga-bungaan dan burung-burung tidak mau ketinggalan mereka juga berkicau dengan gembira sambil menyanyikan lagu yang sangat indah, kantung janin dia terlihat bagaikan sebuah jubah dharma dan matanya dalam keadaan terbuka.

Perjalanan Hidup[sunting | sunting sumber]

Sesaat setelah itu, Khandro Tare Lhamo, Makor Khandro dan Dzogchen Yogi Acho Rinpoche dan beberapa guru besar lainnya mereka mengenali dia sebagai reinkarnasi dari Dzongchen Yogi Yeshe tendzin Rinpoche.

Pada umur 6 tahun, Rinpoche mengambil sila dan janji Upasaka. Pada umur 8 tahun, dia memasuki institut Buddhist Sertar Larung Five Discipline dan mengambil ordinasi kebhikkhu-an dari Neten Gador Rinpoche dan memilih Raja Dharma (Fak Wang) Khenchen Jigme Puntsok Rinpoche sebagai guru utamanya.

Selama 16 tahun belajar di institut, dia mempelajari tripitaka (sutta,vinaya dan abhidharma). Mendalami 5 sutra (Madhyamaka, Prajna Paramita, Logic, Vinaya dan abhidhamma), 4 kelas dalam tantra (kriya tantra, charya tantra, yoga tantra dan anuttara yoga tantra), dan intisari ajaran Dzongchen (great perfection) juga mempelajari lima bidang studi yaitu grammar, logic, engineering, medicine dan buddhism di bawah ajaran para Khenpo dan para guru besar lainnya.

Sejak lahir rinpoche sudah menunjukan banyak tanda-tanda yang luar biasa, tidak seperti anak-anak lainnya, usahanya dalam belajar, menulis dan menghafal hanya membutuhkan usaha yang sangat sedikit, terbukti pada umur 13 tahun rinpoche memenangkan debat yang di ikutin oleh 400 murid lain dalam vihara yang lebih senior dalam faktor usia. Pada tahun 2003 dia meninggalkan vihara yang telah dia tinggali selama 16 tahun untuk mulai membabarkan Dharma. Di awali dengan berkunjung ke negara Nepal - India - Singapore - Malaysia - China dan Indonesia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Website Passang Rinpoche

Situs Event Puja Asap Di Medan Diarsipkan 2020-02-16 di Wayback Machine.