Pasar Sukawati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pasar Sukawati merupakan pasar seni yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar ini menjual berbagai kerajinan seni khas Bali seperti sandal manik-manik, pakaian, tas, lukisan, patung kayu dan lain - lain.[1]Pasar ini berdiri sekitar tahun 1980an dan dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WITA.[2]

Sejarah Pasar Sukawati[sunting | sunting sumber]

Pasar Seni Sukawati didirikan dengan latar belakang kisah para pedagang kerajinan patung dari Sukawati. Pada tahun 1983, sejumlah pedagang yang tidak memiliki tempat tetap berjualan keliling di Banjar Baluan, Kota Denpasar, namun sering ditertibkan oleh petugas ketertiban setempat. Mereka kemudian mengajukan permohonan kepada pihak desa dan Kecamatan Sukawati untuk mendapatkan tempat berjualan yang lebih permanen. Pihak desa dan kecamatan kemudian menyetujui penggunaan sementara lokasi di Banjar Tebuana dan Banjar Tangluk, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Tempat tersebut merupakan milik Desa Adat Sukawati dan diizinkan untuk digunakan oleh para pedagang sebagai tempat berjualan sementara. Pada pertengahan tahun 1983, Pemerintah Daerah Gianyar memulai proses pembebasan tanah di lokasi yang saat ini dikenal sebagai Blok B Pasar Seni Sukawati. Di lokasi tersebut, dibangun sebuah gedung pasar yang diresmikan pada tanggal 25 Mei 1985 oleh Gubernur Bali saat itu, Prof. Dr. Ida Bagus Mantra. Sejak saat itu, para pedagang mulai berjualan di pasar ini dan pasar mulai dikenal oleh wisatawan yang berkunjung ke Bali.

Dengan semakin populernya Pasar Seni Sukawati di kalangan wisatawan, banyak pengrajin dari Sukawati yang tertarik untuk berjualan di sana. Menanggapi hal ini, pada awal tahun 1990, Pemerintah Kabupaten Gianyar melakukan pengembangan lebih lanjut pada Pasar Seni Sukawati untuk meningkatkan fasilitas dan kapasitas pasar dalam menampung lebih banyak pedagang dan pengunjung.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pasar Seni Sukawati Gianyar Bali : tempat beli oleh-oleh Bali". astrobali. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-13. Diakses tanggal 2011-06-27. 
  2. ^ Pasar Seni Sukawati Diarsipkan 2011-07-26 di Wayback Machine..Diakses pada 27 Juni 2011.
  3. ^ "Sejarah Berdirinya Pasar Sukawati, Direvitalisasi Mirip Mall - Sejarahbali.com". PT. SEJARAH BALI DIGITAL. Diakses tanggal 2024-05-21.