PB Wima

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Persatuan Bulu Tangkis Wima adalah sebuah perkumpulan bulu tangkis yang ada di Kota Surabaya. Klub ini mwmberikan banyak kontribusi kepada perkembangan dan prestasi bukan hanya di Kota Surabaya, tapi juga Indonesia.

Awal Berdiri[sunting | sunting sumber]

PB Wima didirikan pada tanggal 22 Agustus 1982. Bermula dari kegiatan ekstrakurikuler sebuah universitas di Surabaya yakni Universitas Widya Mandala, kemudian muncul keinginan untuk mendirikan perkumpulan bulu tangkis. Kebetulan, ketika itu akan dilaksanakan kejuaraan bulu tangkis di Kota Surabaya, beberapa orang mengadakan pertemuan.

Mereka akhirnya mendirikan klub pada 22 Agustus 1982 diresmikan berdirinya PB Wima. Pendirinya adalah lima orang yakni Sugeng Sutejo, Roni Adrianto, Budi Winarko, Widodo, dan Ferry Stewart. Dalam waktu yang cukup singkat sudah mempunyai 30 anggota.

Tempat Berlatih[sunting | sunting sumber]

Setelah menjadi klub, PB Wima mulai berlatih kali pertama di Gedung Bhaskara Jaya di Jalan Dinoyo, Surabaya. Setelah dua tahun, gedung itu dipakai untuk kegiatan lain. PB Wima pindah latihan di GOR Krukah, Surabaya. Jumlah anggotanya pun bertambah menjadi hampir 100-an. Dari Krumah, PB Wima sempat berlatih di GOR Mikasa dan GOR Sudirman, Surabaya. Namun kini PB Wima berlatih di GOR SHS yang terletak di Jalan Raya Nginden no. 55 Surabaya

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Atlet[sunting | sunting sumber]

PB Wima melahirkan atlet-atlet yang bukan hanya di kancah nasional, tapi juga internasional. Tercatat ada nama Hendrawan dan Sony Dwi Kuncoro. Ada juga nama Imam Thohari, Selvanus Geh, dan Ade Yusuf.

Klub[sunting | sunting sumber]

Posisi III Super Liga Badminton Indonesia

Pelatih di Luar Negeri[sunting | sunting sumber]

Beberapa mantan atletnya melatih di luar negeri. Di Amerika Serikat ada empat orang yakni Febriyand Irvannaldy, Felix Antonius, I Komang Sandy Wijaya, dan Aditya. Di Malaysia ada Muamar Basri dan Iqbal. Di Saudi Arabia ada dua, Fahmi dan Akbar Basri. Kemudian di Australia ada Rizky Hidayat. Bahkan di China, ada juga pebulu tangkis PB Wima yang menangani di sana Stevanus, Dhimas Aji, dam Ibadul. Di UEA ada Marselinus Nanda Dewagraha.

Referensi[sunting | sunting sumber]

[1] [2]

  1. ^ https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20200413130430-170-493006/sony-dwi-kuncoro-berteman-cedera-menuju-tangga-juara
  2. ^ https://properti.kompas.com/read/2014/02/09/1857042/Dengan.Muatan.Lokal.Hi-Qua.Wima.Surabaya.Raih.Posisi.Ketiga