Museum Olimpiade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jalan masuk menuju ke Museum Olimpiade.

Museum Olimpiade (bahasa Prancis: Musée olympique) di Lausanne, Swiss memiliki pameran permanen dan sementara yang berkaitan dengan olahraga dan gerakan Olimpiade. Dengan lebih dari 10.000 artefak, museum ini merupakan arsip memorabilia Olimpiade terbesar di dunia,[1] dan salah satu daya tarik utama situs wisata Lausanne,menarik lebih dari 250.000 pengunjung setiap tahunnya.

Museum Olimpiade dan Taman Olimpiade (taman patung di antara museum dan Danau Léman) terletak di Ouchy, sebelah selatan Lausanne. Markas besar Komite Olimpiade Internasional (IOC) terletak di Vidy, di sebelah barat Ouchy.

Pendirian[sunting | sunting sumber]

Museum Olimpiade diresmikan pada 23 Juni 1993 oleh Juan Antonio Samaranch yang saat itu menjabat sebagai presiden untuk Komite Olimpiade Internasional.[2] Jumlah kunjungan ke Museum Olimpiade merupakan salah satu yang terbanyak di Swiss.[butuh rujukan]

Museum yang telah direnovasi ini juga memiliki ruang pameran sementara, di mana museum ini secara rutin menyelenggarakan pameran keliling.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Macau Daily Times - Business, Cullture, Sports, Supplements, Insight, Analysis". Macau Daily Times - Home. Diakses tanggal 2024-05-22. 
  2. ^ Press KIt (PDF). Lausanne: The Olympic Museum. 2022. hlm. 4.