Museum Nasional Damaskus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Nasional Damaskus
المتحف الوطني بدمشق
Fasad Museum Nasional Damaskus
Peta
Didirikan1979
LokasiDamaskus, Suriah

Museum Nasional Damaskus (bahasa Arab: الْمَتْحَفُ الْوَطَنِيُّ بِدِمَشْقَ) adalah sebuah museum yang terletak di jantung kota Damaskus, Suriah. Sebagai museum nasional dan juga terbesar di negara ini, museum ini mencakup seluruh rentang sejarah Suriah selama lebih dari 11 ribu tahun.[1]

Museum ini menampilkan berbagai artefak penting, peninggalan dan penemuan besar terutama dari Mari, Ebla dan Ugarit.[1]

tiga situs arkeologi kuno paling penting di Suriah. Didirikan pada tahun 1919, pada masa Kerajaan Arab Suriah pimpinan Raja Faisal, museum ini merupakan institusi warisan budaya tertua di Suriah.[2]

Di antara daya tarik museum ini adalah, sinagoge Dura-Europos.[1]sebuah sinagoge yang direkonstruksi dari tahun 245 Masehi, yang dipindahkan sepotong demi sepotong ke Damaskus pada tahun 1930-an, dan terkenal dengan lukisan dinding dan lukisan dinding yang hidup dan terawat dengan baik, serta patung-patung dan tekstil dari pusat Palmyra, dan patung-patung dewi kemenangan Yunani dari Suriah selatan.[3]Museum ini menyimpan lebih dari 5.000 tablet beraksara paku, di antaranya alfabet pertama yang dikenal dalam sejarah, yang ditulis pada tablet tanah liat, alfabet Ugarit.[4][5][6]

Museum ini juga dihiasi dengan mural abad ke-2, makam yang rumit, dan Singa al-Lat yang baru saja direstorasi, yang awalnya berjaga di Museum Nasional Palmyra, namun dipindahkan ke Damaskus untuk diamankan.[7]

Museum ini sempat ditutup sementara pada tahun 2012, setelah Perang Saudara Suriah melanda Damaskus dan mengancam artefak-artefak budayanya yang kaya. Otoritas museum dengan cepat menurunkan lebih dari 300.000 artefak dan menyembunyikannya di lokasi rahasia untuk melindungi warisan budaya Suriah dari kehancuran dan penjarahan. Setelah enam tahun, museum ini membuka kembali empat dari lima sayapnya pada 29 Oktober 2018.[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Museum Nasional Damaskus terletak di bagian barat kota Damaskus, di antara Universitas Damaskus dan kompleks Mesjid Tekkiye.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Museum pertama didirikan pada tahun 1919 di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan Suriah di Madrasah Al-Adiliyah dan menyimpan koleksi yang lebih kecil hingga akhirnya dipindahkan ke lokasinya yang sekarang.[8][9][10] Bangunan yang sekarang dibangun pada tahun 1936 di sebelah Sulaymaniyya Takiyya. Pada fasadnya, bangunan ini menampilkan dinding depan istana Umayyah Qasr al-Hayr al-Gharbi, yang dipindahkan dari lokasinya di gurun Suriah.[10] Penemuan Qasr al-Hayr al-Gharbi menambah perhatian baru pada koleksi periode Islam, Direktorat Barang Antik memutuskan untuk memasukkan fragmen-fragmen istana tersebut ke dalam museum. Fasad depan istana diangkut ke Damaskus, sebelum direkonstruksi dengan hati-hati sebagai pintu masuk utama Museum Nasional. Prosesnya memakan waktu beberapa tahun dan pembukaan resminya dirayakan pada tahun 1950.[9]Seiring berjalannya waktu, aula dan sayap baru ditambahkan ke museum seiring dengan bertambahnya koleksinya. Pada tahun 1953, sayap tiga lantai ditambahkan untuk menampilkan lebih banyak pameran dari periode Islam, serta seni Suriah kontemporer.[9]

Pada tahun 1963, ruang kuliah baru dan perpustakaan ditambahkan. Ruang kuliah ini dilengkapi dengan perabotan seperti ruang resepsi Damaskus era Ottoman abad ke-19, didekorasi dan dihiasi dengan mewah, seperti kebanyakan istana Damaskus pada masa itu.[11] Penambahan kemudian dilakukan pada tahun 1974 untuk menampung pameran dari periode Paleolitikum. Penambahan terbaru dilakukan pada tahun 2004, ketika sayap pameran sementara dikerjakan ulang untuk memamerkan barang antik Neolitikum.[9]

Zaman Yunani dan Romawi/Bizantium (klasik)[sunting | sunting sumber]

Di antara pameran paling penting dari era klasik adalah makam bawah tanah Palmyrene abad ke-3, Hypogeum of Yarhai, yang dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari seni pemakaman Palmyrene. Hipogeum ini awalnya ditemukan di Lembah Makam Palmyra, dan setelah penggaliannya dipindahkan ke museum pada tahun 1935.[12]

Hipogeum, yang berasal dari tahun 108 Masehi, saat ini ditemukan di bagian bawah tanah museum, dan dapat dicapai setelah menaiki tangga dari ruang 15.[14] Di museum ini juga terdapat banyak bagian dari relief penguburan Palmyrene yang ditemukan di aula Palmyra.[12] Di museum ini juga terdapat banyak potongan relief pemakaman Palmyrene yang ditemukan di aula Palmyra.

Sayap[sunting | sunting sumber]

Lokasi pameran dibagi menjadi 5 sayap:

Masa Prasejarah[sunting | sunting sumber]

Pada sayap ini terdapat sisa dan tulang manusia dari berbagai periode prasejarah, dengan mayoritas berasal dari zaman batu.

Suriah kuno[sunting | sunting sumber]

Banyak dari benda pameran yang berada di sayap ini, berasal dari situs seperti Elba. Benda peniggalan yang paling penting yang ditemukan adalah alfabet pertama.

Masa klasik[sunting | sunting sumber]

Sayap ini memamerkan koleksi Romawi, Yunani Kuno, dan Bizantium. Termasuk di antaranya banyak patung langka, dan sarkofagus batu dan marmer. Pada sayap ini terdapat pula seksi perhiasan.

Masa Islam[sunting | sunting sumber]

Fasad dari istana kerajaan Islam telah dipindahkan dan direkonstruksi sebagai pintu masuk utama museum. Beberapa dari isi istana juga terdapat di museum, seperti pahatan-pahatan.

Museum ini juga memiliki beberapa benda pameran yang terbuat dari kaca dan logam, seperti mata uang yang berasal dari berbagai periode yang berbeda mengenai Sejarah Islam. Pada museum ini terdapat pula Kitab Suci yang berasal dari masa Umayyad Ottoman.

Ada juga balai yang mengancung contoh rumah tradisional Suriah, yang mana obtained dari rumah lama yang mana kembali ke abad ke-18.

Ada perpustakaan adjacent bagian ini.

Kontemporer[sunting | sunting sumber]

Museum ini memiliki karya kontemporer seniman Suriah, dunia arab dan negara lainnya.[8]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Darke, Diana (2010). Syria. Bradt Travel Guides. hlm. 110. ISBN 9781841623146. 
  2. ^ "Collections". CDLI (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-25. 
  3. ^ Beattie, Andrew; Pepper, Timothy (2001). The Rough Guide to Syria (dalam bahasa Inggris). Rough Guides. ISBN 978-1-85828-718-8. 
  4. ^ Beattie, Andrew; Pepper, Timothy (2001). The Rough Guide to Syria (dalam bahasa Inggris). Rough Guides. ISBN 978-1-85828-718-8. 
  5. ^ "Collections". CDLI (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-25. 
  6. ^ "Museums for Intercultural Dialogue - Alphabet of Ugarit". 
  7. ^ Magazine, Smithsonian; Katz, Brigit. "Forced to Close by Civil War, the National Museum of Damascus Re-Opens Its Doors". Smithsonian Magazine (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-25. 
  8. ^ a b "The National Museum of Damascus". 
  9. ^ a b c d "National Museum of Damascus - Discover Islamic Art". 
  10. ^ a b "National Museum of Damascus". www.sothebys.com. Sotheby's. Diakses tanggal 29 October 2018. 
  11. ^ "Discover Islamic Art - Virtual Museum - monument_ISL_sy_Mon01_21_en". islamicart.museumwnf.org. Diakses tanggal 2020-05-31. 
  12. ^ a b Beattie, Andrew; Pepper, Timothy (2001). The Rough Guide to Syria. Rough Guides. ISBN 9781858287188.