Met Gala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Met Gala atau yang juga dikenal sebagai Costume Institute Gala adalah acara amal tahunan yang diselenggarakan oleh Anna Wintour, pemimpin redaksi Vogue Amerika Serikat, serta Museum Seni Metropolitan di New York. Acara tersebut dimulai pada tahun 1948 sebagai sebuah acara amal untuk mengumpulkan dana bagi Costume Institute of the Metropolitan Museum of Art, yang kemudian berkembang menjadi sebuah peristiwa fashion yang paling ditunggu setiap tahunnya.

Alasan diadakannya Met Gala adalah untuk mengumpulkan dana untuk mendukung keberlangsungan Costume Institute, yang bertanggung jawab atas pengumpulan, pelestarian, dan pameran koleksi pakaian dan aksesoris di Museum Seni Metropolitan. Selain itu, Met Gala juga merupakan kesempatan bagi para selebritis, desainer, dan tokoh penting di industri mode dan hiburan untuk berkumpul, memamerkan karya mereka, dan merayakan dunia fashion.

Acara ini secara resmi dimulai pada tahun 1971, ketika Diana Vreeland, seorang mantan kepala editor majalah Vogue Amerika Serikat dan pengarah pertama Costume Institute, mengubah acara amal tahunan menjadi sebuah pesta mode yang besar. Anna Wintour kemudian mengambil alih sebagai ketua penyelenggara acara ini sejak tahun 1995 dan telah memainkan peran sentral dalam menjadikan Met Gala sebagai salah satu acara paling prestisius dan dinanti-nantikan dalam kalender fashion global.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]