Mean Girls (film 2024)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mean Girls
Poster resmi
Sutradara
  • Samantha Jayne
  • Arturo Perez Jr.
Produser
  • Lorne Michaels
  • Tina Fey
SkenarioTina Fey
Berdasarkan
  • Musikal Mean Girls
    oleh
    • Jeff Richmond
    • Nell Benjamin
    • Tina Fey
  • Queen Bees and Wannabes
    oleh Rosalind Wiseman
Pemeran
Penata musikJeff Richmond
SinematograferBill Kirstein
PenyuntingAndrew Marcus
Perusahaan
produksi
  • Broadway Video
  • Little Stranger
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 08 Januari 2024 (2024-01-08) (New York City)
  • 12 Januari 2024 (2024-01-12) (Amerika Serikat)
Durasi112 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$36 juta[2]
Pendapatan
kotor
$104.4 juta[3][4]

Mean Girls adalah film komedi musikal remaja Amerika Serikat tahun 2024 yang disutradarai oleh Samantha Jayne dan Arturo Perez Jr. dari skenario oleh Tina Fey. Film ini didasarkan pada panggung musikal dengan nama yang sama, yang terinspirasi oleh film tahun 2004 dengan nama yang sama, keduanya ditulis oleh Fey, dan berdasarkan buku tahun 2002, Queen Bees and Wannabes oleh Rosalind Wiseman.[5] Film ini dibintangi oleh Angourie Rice, Reneé Rapp, Auli’i Cravalho dan Christopher Briney. Fey dan Tim Meadows mengulangi peran mereka dari film aslinya.

Paramount Pictures mengumumkan pengembangan film ini pada Januari 2020, dengan Fey kembali menulis skenario dan berperan sebagai produser bersama Lorne Michaels, yang juga memproduseri film tahun 2004. Komposer Jeff Richmond dan penulis lirik Nell Benjamin kembali mengerjakan ulang lagu mereka dari panggung musikal, sementara Richmond juga menggubah musik film ini. Casting dimulai pada bulan Desember 2022. Pengambilan gambar utama dilakukan di New Jersey antara bulan Maret hingga April 2023. Awalnya direncanakan untuk dirilis pada layanan streaming Paramount+, Paramount Pictures memilih untuk merilis film ini secara teatrikal setelah hasil pemutaran positif.

Mean Girls ditayangkan perdana di AMC Lincoln Square di New York City pada 8 Januari 2024, dan dirilis di Amerika Serikat oleh Paramount Pictures pada 12 Januari. Film ini mendapat tinjauan beragam dari para kritikus dan meraup lebih dari $104 juta di seluruh dunia dengan anggaran $36 juta.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cady Heron yang berusia enam belas tahun, yang awalnya bersekolah di rumah, pindah kembali ke Amerika Serikat dari Kenya bersama ibunya dan bersekolah di SMA North Shore. Dia berteman dengan Janis ʻImiʻike dan Damian Hubbard, yang mengenalkannya pada berbagai kelompok, dan memperingatkannya untuk menghindari "Plastics", yang terdiri dari penggosip yang tidak aman Gretchen Wieners, Karen Shetty yang tidak cerdas dan ceria, dan "queen bee" yang manipulatif Regina George. Regina mengajak Cady untuk bergabung dengan grup mereka; Janis menggunakan hal tersebut sebagai kesempatan untuk meyakinkan Cady agar menyusup ke grup untuknya.

Cady menjadi tertarik pada Aaron Samuels, seorang senior di kelas kalkulusnya dan mantan pacar Regina. Ketika Cady memberi tahu Gretchen dan Karen bahwa dia menyukai Aaron, mereka memperingatkannya bahwa hal itu terlarang karena Aaron sempat berkencan dengan Regina. Cady pergi ke rumah Regina bersama Plastics, dan ibu Regina menemukan "Burn Book" Regina, sebuah lembar memo Plastics yang berisi tulisan kejam tentang siswa dan staf di sekolah.

Cady memberi tahu Janis dan Damian tentang Burn Book, dan mereka menjelaskan bahwa Janis dan Regina pernah berteman, tetapi berselisih setelah Regina melaporkan Janis sebagai lesbian ke sekolah. Cady mulai dengan sengaja gagal dalam matematika untuk lebih dekat dengan Aaron, yang mengundangnya ke pesta Halloween. Regina mengetahui ketertarikan Cady pada Aaron dan, karena cemburu, Regina menggoda Aaron lalu menciumnya di depan Cady. Menyadari Janis benar tentang Regina, Cady setuju untuk berkomitmen pada rencananya untuk merusak reputasi Regina.

Cady menipu Regina agar memakan Kälteen Bars yang menambah berat badan untuk menurunkan berat badan Regina dan mengganti krim wajah Regina dengan lemak babi. Ketiganya menargetkan Gretchen dengan mengirimkan Candy Cane-Gram ke Cady atas nama Regina, membuat Gretchen percaya Regina telah menggantinya sebagai sahabatnya. Gretchen mengungkap rahasia Regina kepada Cady, termasuk Regina yang selingkuh dari Aaron dengan pemain sepak bola, Shane Oman. Reputasi Regina semakin terpuruk setelah penampilan buruknya di Pertunjukan Bakat Musim Dingin menyebabkan rasa malu yang viral. Dengan anjloknya status sosial Regina, Cady menjadi "queen bee" baru.

Janis mengundang Cady ke pertunjukan seninya, tapi Cady berbohong, mengatakan dia harus bepergian dengan ibunya ke Madison. Namun, Cady meyakinkan ibunya untuk membiarkan dia tinggal di rumah dan diam-diam mengadakan pesta rumah, di mana dia dengan mabuk mengakui kepada Aaron bahwa dia sengaja gagal dalam matematika untuk lebih dekat dengannya. Aaron menegur Cady karena menjadi manipulatif seperti Regina dan pergi meninggalkannya. Ketika Cady mengikuti Aaron keluar, Cady dihadapkan oleh Janis, yang menyebutnya licik seperti Regina. Cady menuduh Janis terobsesi padanya, jadi Janis menjawab bahwa Cady telah menjadi Plastics sepenuhnya, meninggalkan persahabatan mereka.

Karena Regina tidak diundang ke pesta dan mengetahui bahwa Cady berbohong tentang Kälteen Bars, Regina menambahkan dirinya ke dalam Burn Book sebagai alibi dan dengan sengaja menjatuhkannya di lorong sekolah. Setelah Burn Book ditemukan, terjadi kerusuhan di antara gadis-gadis sekolah karena rumor yang beredar di dalamnya. Kepala Sekolah Duvall dan guru matematika Ms. Norbury memanggil para gadis-gadis ke gimnasium untuk mencari sumber buku tersebut. Ms. Norbury melakukan intervensi katarsis, mendorong gadis-gadis itu untuk saling meminta maaf atas perlakuan mereka terhadap orang lain. Janis berbicara dan mengungkapkan seluruh rencananya tentang membalas dendam pada Regina, yang marah, dan saat konfrontasi dengan Cady, Regina ditabrak bus.

Cady menyadari kerusakan yang telah dia lakukan dan bertanggung jawab penuh atas Burn Book, menyebabkan dia diskors selama tiga minggu. Ms. Norbury menawarkan Cady cara untuk mendapatkan kredit ekstra dengan bergabung dengan Mathletes untuk lomba di kejuaraan negara bagian, jadi Cady menebus dirinya dengan membantu tim sekolahnya menang. Di Spring Fling, Cady berdamai dengan Regina dan terpilih sebagai Ratu Spring Fling, tetapi mematahkan mahkota plastik dan memberikan potongannya kepada gadis-gadis lainnya, memberi tahu mereka bahwa mereka semua istimewa dengan caranya sendiri. Cady meminta maaf kepada Janis dan Damian, yang menerimanya kembali sebagai teman mereka, dan menebus kesalahannya dengan Plastics dan Aaron.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Jeff Richmond dan Nell Benjamin kembali mengerjakan ulang lagu mereka dari panggung teater musikal untuk adaptasi film ini, sementara Richmond juga menggubah musik untuk film ini.[6] Bersama Richmond dan Benjamin, Reneé Rapp ikut menulis, "What Ifs", sebuah lagu baru untuk Cady,[7] menggantikan "It Roars" dari produksi teater. Lagu lain yang dihapus dari musik aslinya termasuk "Where Do You Belong?", "Fearless", "Stop", "Whose House Is This?", "More Is Better" dan "Do This Thing".[8]

Soundtrack film ini dirilis pada 12 Januari 2024 oleh Interscope Records.[8] Album tersebut menampilkan dua belas lagu dari film tersebut, dan lagu "Not My Fault" oleh Rapp dan Megan Thee Stallion, yang sebelumnya dirilis sebagai single pada 15 Desember 2023.[9] Lagu tersebut adalah satu-satunya lagu dari soundtrack yang tidak digunakan dalam film, dan diputar pada adegan kredit akhir.[10] Versi reprise dari "Someone Gets Hurt" dan "Stupid with Love", dan "Laissez Moi Tout" dan "Rockin' Around the Pole", dirilis sebagai bagian dari soundtrack edisi deluxe, berjudul Bonus Track Version, dirilis pada 20 Februari 2024.[11]

  • "A Cautionary Tale" – Janis dan Damian
  • "What Ifs" – Cady
  • "Meet the Plastics" – Regina
  • "Stupid with Love" – Cady dan Ansambel
  • "Apex Predator" – Janis dan Damian
  • "What's Wrong with Me?" – Gretchen
  • "Sexy" – Karen dan Ansambel
  • "Someone Gets Hurt" – Regina
  • "Revenge Party" – Janis, Damian, Cady, Principal Duvall dan Ansambel
  • "Laissez Moi Tout (iCarly Theme Song)" – Damian
  • "Kevin G's Rap" – Kevin and the Power of 3
  • "Rockin' Around the Pole Again" – Santa's Little Helpers
  • "Someone Gets Hurt (Reprise)" – Janis, Cady dan Damian
  • "World Burn" – Regina dan Ansambel
  • "I'd Rather Be Me" – Janis dan Ansambel
  • "Stupid with Love (Reprise)" – Cady, Prom Band and Company
  • "I See Stars" – Cady, Prom Band and Company

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Ulasan untuk Mean Girls beragam.[12] Di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes, 69% dari 242 ulasan kritikus adalah positif, dengan peringkat rata-rata 6,2/10. Konsensus situs web tersebut berbunyi: "Mempertahankan esensi dari aslinya sambil menambahkan beberapa kerutan baru – belum lagi nomor musik – Mean Girls adalah pembaruan yang manis (meskipun sedikit) dengan pemeran yang luar biasa."[13] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, memberikan film ini skor 58 dari 100, berdasarkan 47 kritikus, yang menunjukkan ulasan "campuran atau rata-rata".[14] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberikan film ini nilai rata-rata "B" pada skala A+ hingga F, sedangkan penonton yang disurvei oleh PostTrak memberikan skor positif keseluruhan sebesar 70%.[15]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mean Girls (12A)". BBFC. December 20, 2023. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 20, 2023. Diakses tanggal December 20, 2023. 
  2. ^ Rubin, Rebecca (2024-01-10). "Box Office: Mean Girls Aims for Grool $30 Million Over Holiday Weekend". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 10, 2024. Diakses tanggal 2024-01-10. 
  3. ^ "Mean Girls (2024)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 18, 2024. 
  4. ^ "Mean Girls – Financial Information". The Numbers. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 14, 2024. Diakses tanggal March 18, 2024. 
  5. ^ "Mean Girls: The Musical". Writers Guild of America West. July 6, 2023. Diakses tanggal 2023-10-12. 
  6. ^ Odman, Sydney (2023-01-27). "'Mean Girls' Musical Composer Jeff Richmond Talks Upcoming Movie Adaptation, Working With Wife Tina Fey". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 17, 2023. Diakses tanggal 2023-02-17. 
  7. ^ Major, Michael (December 13, 2023). "Reneé Rapp Co-Wrote New MEAN GIRLS Songs For the Movie Musical". BroadwayWorld. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 13, 2023. Diakses tanggal December 13, 2023. 
  8. ^ a b Michael Major (January 3, 2024). "Mean Girls Film Cuts 'It Roars,' 'Where Do You Belong?' & More Songs; Tracklist Revealed". BroadwayWorld. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 4, 2024. Diakses tanggal January 4, 2024. 
  9. ^ Paul, Larisha (December 13, 2023). "Megan Thee Stallion and Reneé Rapp Are the Queens of the Plastics in 'Mean Girls' Single Artwork". Rolling Stone. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 13, 2023. Diakses tanggal December 13, 2023. 
  10. ^ Ortiz, Andy (January 14, 2024). "'Mean Girls' Star Reneé Rapp Breaks Down How 'Not My Fault' With Megan Thee Stallion Came Together in One Day". TheWrap. Diakses tanggal 18 January 2024. 
  11. ^ "'Mean Girls' Bonus Track Version Soundtrack Album Released". Film Music Reporter. February 20, 2024. Diakses tanggal February 21, 2024. 
  12. ^ Edwards, Chris (12 January 2024). "Mean Girls musical reboot described as "snappy" yet "culturally irrelevant" in mixed reviews". NME. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 12, 2024. Diakses tanggal January 12, 2024. The new Mean Girls movie has been described as a "lively musical update" by critics, although reviews have generally been mixed. 
  13. ^ "Mean Girls (2024)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 8 Mei 2024. 
  14. ^ "Mean Girls Reviews". Metacritic. Diakses tanggal 8 Mei 2024. 
  15. ^ D'Alessandro, Anthony (January 13, 2024). "'Mean Girls' Too Cool For School With $33M+ Opening – Monday Box Office Update". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 14, 2024. Diakses tanggal January 15, 2024. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]