Lontong sayur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lontong sayur
Sepiring lontong sayur Betawi
Nama lainLontong gulai
SajianUtama
Tempat asalIndonesia
DaerahSumatera dan Jawa
Dibuat olehBetawi dan Minang
Suhu penyajianPanas atau hangat
Bahan utamaLontong, santan, irisan labu siam, buncis, nangka muda, tempe, tahu, telur rebus, sambal dan kerupuk
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Lontong sayur atau lontong gulai adalah makanan Indonesia berupa irisan lontong yang disajikan dengan sayur-sayuran yang dimasak dalam kuah santan encer. Bahan sayuran ini diiris-iris dan dicampurkan ke dalam kuah santan. Sayuran yang digunakan antara lain labu siam, buncis, nangka muda, kemudian dapat ditambahkan pelengkap seperti tempe, tahu, telur rebus, sambal dan kerupuk.[1] Hidangan ini dapat ditemukan dalam tradisi Betawi,[2] dan Minang.[3]

Lontong gulai tauco Minang

Lontong sayur sangat mirip dengan ketupat sayur, perbedaannya hanya dalam pilihan menggunakan ketupat atau lontong. Di Jakarta hidangan ini adalah pilihan menu sarapan yang populer selain bubur ayam dan nasi uduk.[4]

Lontong gulai Minang memiliki bumbu kental khas masakan Minang. Kuah santan yang kaya bumbu rempah sudah dikenal sebagai salah satu cara memasak ala masakan Minang.[3] Beberapa lontong gulai ini antara lain; lontong gulai paku, lontong gulai tauco, lontong gulai cubadak. Makanan ini disajikan dengan telur bulat, mie goreng dan yang khas adalah lontong ini disajikan dengan kerupuk merah. Bahkan sekarang bersama lontong gulai juga di tambahkan tunjang. Lontong gulai biasanya dijadikan sarapan pagi bagi masyarakat Sumatera Barat.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nyonya Rumah, Julie (2015-09-28). 180 Recipes Complete Menus of Indonesian Kitchens. Gramedia Pustaka Utama. ISBN 9786020321103. 
  2. ^ Lyliana, Lea (2021-06-22). "Resep Lontong Sayur Betawi, Hidangan Berkuah Santan untuk Sarapan". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2024-05-27. 
  3. ^ a b "Lontong Sayur Padang, Beda Dengan Lontong Lainnya". Sari Bundo Masakan Padang (dalam bahasa Inggris). 2015-05-06. Diakses tanggal 2024-05-27. 
  4. ^ Yupa (2023-11-16). "Lontong Sayur, Another Rice Dishes for Breakfast in Jakarta" (dalam bahasa Inggris). Jakarta Walking Tour. Diakses tanggal 2024-05-27.