Loeki de Leeuw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loeki de Leeuw di Efteling

Loeki de Leeuw adalah boneka animasi yang muncul di televisi publik Belanda yang ditayangkan dari tahun 1972 sampai dengan tahun 2004. Dia muncul dalam sketsa yang sering tidak memiliki dialog dan dikenal karena kecanggungan dan slogannya nya, "Asjemenou". Dia diberi nama Loeki setelah nama pemain sepak bola internasional yang terkenal Louis Biesbrouck (Loek), tetapi juga dikatakan bahwa namanya adalah derivasi dari kata kerja untuk to look (melihat).

nl [Joop Geesink] (1913-1984) mengembangkan karakter itu. Putrinya, Louise, menciptakan Loeki komik pada tahun nl [Okki].

Iklan[sunting | sunting sumber]

Carnaval Festival, Efteling

Loeki menjadi simbol dari iklan televisi publik. Sebuah hadiah iklan Belanda bernama baginya: Golden Loeki.

STER menghentikan Loeki pada akhir 2004, mengutip biaya produksi terjangkau.

Pada 16 Maret 2005 Loeki diduga diculik oleh seorang mahasiswa dari Utrecht, karena mereka tidak ingin dia pergi ke mana dalam arsip berdebu. Ternyata menjadi aksi publisitas, ketika Loeki pindah ke Big Ben. Setelah tahun 2005, Loeki digunakan di sana untuk melengkapi Festival Karnaval. Atraksi ini juga dirancang pada tahun 1984 oleh Joop Geesink. Pada tahun 2012, Loeki lagi-lagi dikeluarkan dari Carnaval Festival. Kemudian, Efteling membawa kembali maskot asli, Jokie.

Pada 21 Agustus 2005 Loeki kembali ke televisi di sebuah iklan untuk Edah. Ini adalah penampilan pertama Loeki pada saluran komersial. Penampilan ini menggunakan animasi 3D.

Liga Champions UEFA Musim 2008-2009 menggunakan Loeki dalam iklan untuk jaringan supermarket C1000 .

Pada bulan Juni 2010 Loeki kembali ke TV Belanda untuk Piala Dunia FIFA 2010 kegiatan promosi dari Samsung. Loeki adalah fitur dalam sebuah iklan TV, online di Facebook, sebagai stiker mobil dan dalam bentuk seukuran sebagai bagian dari Orange ' building wrap ' di markas Samsung di Delft . Berbagai bentuk dari multimedia iklan singa terkenal disediakan oleh Quince .

Boneka dan alat peraga Boneka Asli dan alat peraga dari film Loeki ini telah dipilih dipamerkan sejak Desember 2006 di layar besar dalam suara dan pengalaman Vision. Mereka terdiri dari sejumlah seri tema (hari libur, olahraga, transportasi, dll). Boneka, alat peraga dan film juga merupakan bagian dari pameran "100 tahun dari iklan klasik" di Beurs van Berlage antara 18 Desember 2010 dan 6 Maret 2011.

Di luar negeri[sunting | sunting sumber]

Loeki juga muncul di Prancis, Inggris, Austria, Italia, Jepang dan di Amerika Serikat. Loeki adalah maskot dari taman Huis ten Bosch, di Nagasaki.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]