Lisandro Aristimuño

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lisandro Aristimuño
Informasi latar belakang
Nama lahirLisandro Aristimuño
Lahir(1978-10-26)26 Oktober 1978
Viedma, Argentina
GenreMusik dunia, foklor, pop, rock
PekerjaanPenyanyi-penulis lagu, produser
InstrumenVocals, gitar, drum, keyboard, bass
Artis terkaitFito Páez, Ricardo Mollo, Hilda Lizarazu, Catupecu Machu, Nekro
Situs weblisandroaristi.com

Lisandro Aristimuño adalah seorang musisi dan penyanyi-penulis lagu dari Argentina. Musiknya mengkombinasikan rock, pop dan elektronika dengan genre-genre tradisional seperti musik foklor Argentina.[1][2] Ayahnya adalah seorang sutradara teater dan ibunya adalah seorang aktris. Ia lahir di Viedma, ibu kota provinsi Río Negro. Masa kecilnya dijalani di Viedma dan di Luis Beltrán, kota lainnya di utara provinsi Patagonia.

Karier musikal[sunting | sunting sumber]

Ia belajar sendiri sebagai seorang musisi dan pada usia 14 tahun mulai tampil sebagai penyanyi dan gitaris dalam grup musik Viedma, Marca Registrada dan La Bisogna, memainkan versi-versi cover. Lima tahun kemudian, setelah meninggalkan grup musik, ia bermain dengan musisi Fernando Barilá ketika melanjutkan karya dengan bahan miliknya sendiri.

Pada akhir 2001, Aristimuño berpindah ke Buenos Aires, di mana ia menyelesaikan lagu-lagu pada album pertamanya, Azules Turquesas (2004, Los Años Luz Discos). Album keduanya, Ese asunto de la ventana, diluncurkan pada 2005, dan album ketiganya, 39º, diluncurkan dua tahun kemudian pada 2007.

Album keempatnya, Las crónicas del viento (2009) bersisi ganda, dirilis pada label rekamannya sendiri, "Viento azul discos" (Blue Wind Discs). Las Crónicas del viento memenangkan Penghargaan Gardel untuk album rock/pop alternatif terbaik pada 2010.

Aristimuño bekerja sebagai produser pada Margarita y Azucena karya Mariana Baraj, Me arrepiento de todo karya Tomi Lebrero, Verde árbol karya Tomás Aristimuño, dan "Maldigo" karya Liliana Herrero.

Pada 2012, ia merilis Mundo Anfibio, album kelimanya, di mana berperan dalam hal aransemen, penyutradaan musik dan produksi dan tampil bersama dengan Ricardo Mollo, Hilda Lizarazu dan Boom Boom Kid sebagai musisi yang diundang. Mundo Anfibio dinominasikan pada Latin Grammys 2012 dalam kategori "album alternatif terbaik" dan memenangkan Penghargaan Gardel untuk album rock/pop alternatif terbaik pada 2013.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Azules Turquesas (2004)
  • Ese Asunto de la Ventana (2005)
  • 39º (2007)
  • Las Crónicas del Viento (2009)
  • Mundo Anfibio (2012)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Whatsupbuenosaires.com, Entrevista a Lisandro Aristimuño". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-31. Diakses tanggal 2015-08-03. 
  2. ^ [1]Facebook de la productora/sello discográfico La Clave: Lisandro Aristimuño - Patagonia sin fronteras

Pranala luar[sunting | sunting sumber]