Kawamura Kiyoo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kawamura Kiyoo
Kawamura Kiyoo in 1929
Lahir1852
Meninggal1934
KebangsaanJapanese
Dikenal atasPainting
Gerakan politikYōga

Kawamura Kiyoo (川村清雄) (1852–1934) adalah seorang seniman yōga di Meiji hingga Shōwa Jepang.

Hidup[sunting | sunting sumber]

Lahir di Edo pada tahun 1852, sebagai seorang anak ia mulai belajar di bawah Sumiyoshi Naiki (住吉内記), sebelum pindah ke Osaka sebelum kakeknya ditunjuk sebagai bugyō (hakim). Melanjutkan pendidikannya di bawah Tanomura Chokunyū (田能村直入), setelah kembali ke Edo ia belajar sebentar dengan Haruki Nanmei (春木南溟) sebelum mempelajari yōga dari Kawakami Tōgai (川上冬崖) , sekitar tahun 1868.

Awalnya disponsori oleh Katsu Kaishū, dengan dukungan Tokugawa ia belajar hukum politik di Amerika pada tahun 1871, pada tahun berikutnya melakukan perjalanan ke Prancis dan Italia. Di Venesia ia beralih ke studi melukis. Kembali ke Jepang pada tahun 1881, ia bekerja untuk Biro Percetakan Kementerian Keuangan sebelum mengundurkan diri karena perselisihan dan membuka sekolah melukis di Kōjimachi.

Pada tahun 1889 ia berpartisipasi dalam pembentukan Meiji Bijutsukai (明治美術会), asosiasi seni domestik pertama yang memenangkan western- lukisan gaya. Dalam satu dekade asosiasi telah dikalahkan oleh Hakubakai (白馬会) milik Kuroda Seiki.

Kawamura Kiyoo sering dicat dengan minyak gaya barat pada penyangga tradisional Jepang dari sutra dan kayu. Dia meninggal di Tenri pada tahun 1934.[1][2][3]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 川村清雄 [Kawamura Kiyoo] (dalam bahasa Japanese). Mie Prefectural Art Museum. Diakses tanggal 6 February 2016. 
  2. ^ "2002". Nakagawa-machi Batō Hiroshige Museum of Art. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 March 2016. Diakses tanggal 6 February 2016. 
  3. ^ "The influence of French art in Japan". National Diet Library. Diakses tanggal 6 February 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Kawamura Kiyoo di Wikimedia Commons