Katedral Grado

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Grado
Katedral-Basilika Santa Eufemia
bahasa Italia: Basilica di S. Eufemia
Katedral Grado
LokasiGrado
NegaraItalia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Gorizia

Katedral Grado yang bernama resmi Basilika Santa Eufemia (bahasa Italia: Basilica di Sant'Eufemia) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik dan bekas katedral yang terletak di Grado, Friuli Venezia Giulia, Italia. Ini didedikasikan untuk Santa Eufemia.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Basilika yang sekarang berdiri di atas basilika abad keempat, yang tidak banyak diketahui. Meski beberapa fitur masih terlihat. Diperintahkan untuk dibangun oleh Elijah, Uskup Agung Aquileia, sekitar abad keenam, selama kemundurannya dari invasi Lombards. Setelah itu, Elia menyatakan dirinya sebagai patriark dan mendedikasikan gerejanya kepada Santa Eufemia.

Selama abad keenam hingga awal abad ketujuh, basilika ini menjadi pusat cabang gereja yang pro-Romawi dan pro-Bizantium hingga terbentuknya patriarkat Grado.

Karena penindasan terhadap patriarkat Grado oleh Venesia, ia kehilangan gelar katedral pada tahun 1451, tetapi tak lama setelah itu, pada tahun 1455, menara lonceng dibangun, mungkin untuk mengimbangi hal ini.

Perubahan pada gereja dilakukan pada abad ketujuh belas dan kesembilan belas, meskipun sebagian telah dihapus pada restorasi abad kedua puluh.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar ketenaran basilika berasal dari mosaik lantai abad keenam yang terpelihara dengan sangat baik yang menghiasi basilika, karena sangat jarang menemukan mosaik lantai asli yang diawetkan di basilika Kristen awal.

Ciri-ciri basilika abad keempat terlihat di bagian tengahnya, termasuk pecahan mosaik lantai dan ibu kota Korintus.

Menara lonceng di atasnya terdapat patung baling-baling cuaca tembaga Malaikat Agung Mikael, yang telah menjadi simbol kota.

Apse dihiasi dengan lukisan dinding Gotik abad ketiga belas yang menggambarkan Kristus bertahta.

Di sisi kiri tengah tengah berdiri mimbar heksagonal tinggi, yang dihiasi dengan dekorasi pahatan abad ketiga belas.

Di sebelah kompleks basilika terdapat tempat pembaptisan segi delapan yang juga dihiasi dengan mosaik lantai abad keenam dan berisi baskom marmer besar.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Basilica di S. Eufemia". GCatholic.org. Diakses tanggal 11 September 2015.