Katedral Aire

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Katedral Aire
Katedral Santo Yohanes Pembaptis
bahasa Prancis: Cathédrale Saint-Jean-Baptiste d'Aire
Katedral Aire
LokasiAire
NegaraPrancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Aire et Dax

Katedral Aire yang bernama resmi Katedral Santo Yohanes Pembaptis (bahasa Prancis: Cathédrale Saint-Jean-Baptiste d'Aire) adalah sebuah gereja katedral Katolik yang terletak di kota Aire-sur-l'Adour di Landes département, Perancis.

Katedral ini merupakan tempat pusat kedudukan Uskup Aire hingga keuskupan tersebut dihapuskan pada tahun 1801 dan sekali lagi sejak tahun 1822 ketika keuskupan tersebut dipulihkan; pada tahun 1857 berganti nama menjadi Keuskupan Aire dan Dax. Pada tahun 1933 uskup pindah ke Dax, menjadikan Katedral Dax sebagai tempat kedudukannya, ketika katedral di Aire menjadi kon-katedral.

Tempat ini terdaftar sebagai monumen nasional pada tahun 1906.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Katedral ini terletak di pusat kota, tempat para uskup dulu tinggal. Berasal dari struktur abad ke-11 dan ke-12, bangunan ini mengalami banyak perubahan antara abad ke-14 dan ke-17 dan penampilannya saat ini menunjukkan berbagai gaya. rotunda yang megah di chevet sangat terlihat jelas. Dari abad ke-12 masih ada tiga teluk dan sebuah apse.

Fasad abad ke-13 yang parah, di atasnya terdapat menara dengan atap batu tulis, memiliki portal berkubah sederhana dengan lengkungan runcing. Sakristi yang ada saat ini berasal dari rumah bab abad ke-14, dengan kubah Gotik yang ditopang oleh pilar-pilar tengah; ini adalah konstruksi Tolosan dan mengingatkan pada "pohon palem" dari Dominika. Panti umat memiliki ogive kubah abad ke-14. quire diapit oleh empat apsidiole yang diberikan pada transept. Organ dan altar sampingnya berasal dari akhir abad ke-18, begitu pula kios, altar tinggi, dan perabotan indah lainnya.

Sementara apse diperluas ke arah taman, orangery, sebuah bangunan batu abad ke-17, digunakan untuk pameran sementara.

Dimensi keseluruhan katedral adalah panjang 48 meter, lebar bagian tengah 8 meter, dan tinggi 15 meter hingga titik tertinggi kubah.

Ziarah[sunting | sunting sumber]

Katedral Aire menandai sebuah panggung di Via Podiensis, salah satu rute ziarah Rute Santiago de Compostela, yang membentang dari Le Puy-en-Velay hingga Santiago de Compostela melalui Pass of Roncevaux.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Base Mérimée: Ancienne cathédrale Saint-Jean-Baptiste, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis)