John Saw Yaw Han

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

John Saw Yaw Han (lahir 5 Mei 1968) adalah seorang uskup Keuskupan Kengtung kelahiran desa Homalim, Sagaing. Ia belajar filsafat dan teologi di Seminari Tinggi Nasional St. Joseph di Mandalay. Setelah ditahbiskan pada 18 Maret 1995, ia menjadi pastor paroki hingga tahun 1998, ketika ia bergabung dengan Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi untuk mengajar.

Pada 2002, ia belajar di Seminari St. Joseph di Yonkers, New York. Pada 2004 ia bergabung dengan Seminari Tinggi Nasional (Teologi) di Yangon sebagai profesor. Pada 2008, ia diangkat menjadi rektor, jabatan yang dipegangnya hingga diangkat menjadi uskup auksilier.

Pada 30 Desember 2014, Paus Fransiskus mengangkat Pastor John Saw Yaw Han sebagai uskup auksilier Keuskupan Agung Yangon hanya empat hari sebelum Charles Bo diangkat sebagai Kardinal Myanmar pertama. Pada 4 November 2022, Paus Fransiskus telah menunjuk John Saw Yaw Han sebagai uskup keuskupan Kengtung yang meliputi negara bagian Shan di timur Myanmar menggantikan Uskup Peter Louis Caku, yang meninggal tahun 2020.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]