Ingaevones

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penyebaran bahasa Jermanik utama di Eropa pada skt. 1 M:
  Ingvaeonik, atau Ingvaeonic
  Weser-Rhein Jermanik, atau Istvaeonic
  Elbe Jermanik, atau Irminonic

Ingaevones pengucapan Latin: [ɪŋɡae̯ˈwoːneːs] adalah suku bangsa Jermanik Barat yang tinggal di sepanjang pantai Laut Utara di wilayah Jutlandia, Holstein, dan Frisia pada zaman Klasik. Suku-suku di daerah ini termasuk Frisii, Chauci, Sachsen, dan Yuti.

Nama ini terkadang diberikan oleh editor atau penerjemah modern sebagai Ingvaeones, dengan asumsi bahwa ini lebih mungkin menjadi bentuk yang benar, karena sebuah etimologi dapat dibentuk untuknya sebagai 'putra Yngvi', Yngvi muncul kemudian sebagai nama dewa Skandinavia.[1] Oleh karena itu kelompok umum yang didalilkan dari dialek "Ingvaeones" yang terkait erat disebut Ingvaeonik atau Jermanik Laut utara.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tacitus, Angricola and Germania, translated by Harold Mattingly, revised by J.B. Rives, Penguin Books 2009, Germania, 2 and note 6.
  2. ^ Sonderegger, Stefan (1979). Grundzüge deutscher Sprachgeschichte. Diachronie des Sprachsystems, vol. I: Einführung – Genealogie – Konstanten. Berlin/New York: Walter de Gruyter; Ingerid Dal, "2.1: Altniderdeutsch u. seine Vorstufen" in Gerhard Cordes, Dieter Möhn, eds. Handbuch zur Niederdeutschen Sprach und Literaturwissenschaft.1983.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Grimm, Jacob (1835). Deutsche Mythologie (German Mythology); From English released version Grimm's Teutonic Mythology (1888); Available online by Northvegr 2004-2007:Chapter 15, page 2-; 3. File retrieved 09-26-2007.
  • (dalam bahasa Jerman) Sonderegger, Stefan (1979): Grundzüge deutscher Sprachgeschichte. Diachronie des Sprachsystems. Band I: Einführung – Genealogie – Konstanten. Berlin/New York: Walter de Gruyter. ISBN 3-11-003570-7
  • Tacitus. Germania (1st century AD). (in Latin)