I WeirDo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
I WeirDo
Poster film
ProduserLiao Ming-yi
Maggie Pan
Ditulis olehLiao Ming-yi
Pemeran
Penata musikHebe Tien
SinematograferLiao Ming-yi
PenyuntingLiao Ming-yi
Perusahaan
produksi
DistributorCathay-Keris Films
Filmott
mm2 Entertainment
SPO
Sony Pictures
Tanggal rilis
29 Juni 2020 (Far East Film Festival)
7 Agustus 2020
Durasi104 Menit
NegaraRepublik Tiongkok
BahasaMandarin

I WeirDO adalah sebuah film drama romantis Taiwan tahun 2020 ditulis dan disutradarai oleh Liao Ming-yi (dalam debut penyutradaraannya), dan dibintangi oleh Austin Lin, Nikki Hsieh. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Timur Jauh ke-22 pada 29 Juni 2020, di mana film tersebut memenangkan Penghargaan Purple Mulberry. Secara resmi film ini dirilis di Taiwan pada 7 Agustus 2020. Film ini sepenuhnya direkam menggunakan iPhoneXS.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Po-Ching adalah pasien OCD dengan gejala mysophobia yang serius. "Keunikannya" juga telah mengisolasi dia dari masyarakat umum dan orang-orang melihatnya sebagai orang yang benar-benar aneh. Po-Ching pergi berbelanja bahan makanan pada tanggal 15 setiap bulan. Suatu hari, dia bertemu dengan orang aneh lainnya, Chen Ching.[2]

Dalam satu perjalanan belanja seperti itu, dia bertemu dengan orang aneh lainnya, Chen Ching, yang memiliki kebiasaan dan tics yang sama. Saat mereka menghabiskan waktu bersama, Po-Ching mengetahui bahwa Chen Ching bekerja sebagai model telanjang untuk kelas menggambar, tetapi alerginya membuat dia sering mengalami serangan sarang lebah selama sesi yang lama. Po-Ching mengusulkan agar Chen Ching tinggal bersamanya sehingga mereka dapat saling mendukung, dan mereka dengan cepat terikat pada kebiasaan bersama mereka dan mengalami kesulitan, menjadi pacar. Bersama-sama, mereka bersumpah bahwa tidak ada yang akan berubah di antara mereka.

Keesokan harinya, Po-Ching tiba-tiba menemukan bahwa dia tidak lagi mysophobia, mampu menyentuh kotoran di jendela tanpa alergi. Chen Ching yang putus asa berkonsultasi dengan berbagai dokter untuk melihat apakah OCD Po-Ching dapat dipulihkan sebelum dia meyakinkannya bahwa keadaan barunya tidak akan mengubah apa pun. Meskipun demikian, Chen Ching menyadari bahwa Po-Ching pada akhirnya akan mendambakan kehidupan normal yang tidak dibatasi oleh batasan gaya hidupnya sebelumnya; Benar saja, Po-Ching menerima pekerjaan di sebuah perusahaan penerbitan, menjadi jauh dari Chen Ching seiring kemajuan karirnya, dan akhirnya mencampakkan Chen Ching untuk pindah bersama rekannya Mei-Yu. Chen Ching kembali ke apartemen sebelumnya sebagai kehancuran emosional, sementara Po-Ching menemukan bahwa dia telah mulai mencuci tangannya lagi secara obsesif, seolah-olah dari stres yang dipicu oleh pengkhianatannya.

Film tiba-tiba memotong kembali ke Chen Ching yang terbaring terjaga di tempat tidur di sebelah Po-Ching, mengungkapkan bahwa peristiwa pemulihan Po-Ching adalah mimpi. Melihat kadal yang tersesat, Chen Ching turun dari tempat tidur dan secara tidak sengaja mengambil sapu kotor untuk mengusirnya, menyadari bahwa mysophobia-nya sendiri telah sembuh dalam semalam. Menceritakan peristiwa mimpinya, Chen Ching membayangkan urutan peristiwa di mana peran dia dan Po-Ching terbalik: dia pergi ke depan untuk menjalani kehidupan normal, mengambil pekerjaan kantor, dan akhirnya meninggalkan Po-Ching untuk mengejar hubungan dengan rekan kerjanya, meninggalkan Po-Ching putus asa dan sendirian di rumahnya.

Kembali di masa sekarang, Po-Ching bangun untuk menemukan Chen Ching mencengkeram sapu kotor. Dia melihat kembali ke arahnya, tampak gemetar dan menangis, mengetahui bahwa hubungan mereka telah berubah dan takut akan masa depan yang akan datang, menyimpulkan film pada sebuah cliffhanger.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan mominasi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan Katey Penerima Hasil Catatan
22nd Far East Film Festival Purple Mulberry Award "I WeirDo" Menang [3]
Audience Award Nominasi
19th New York Asian Film Festival Special Mention Menang
Best Film Nominasi
57th Golden Horse Awards Best New Director Liao Ming-yi Nominasi
Best Leading Actor Austin Lin Nominasi
Best Leading Actress Nikki Hsieh Nominasi
Best Cinematography Liao Ming-yi Nominasi
Best Visual Effects Sam Kung, Miao Tien-yu, ArChin Yen Nominasi
Best Art Direction Jhong-Syuan Wu Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

1. Mydramalist.com. I WeirDo (2020)^ Diakses tanggal 27 April 2022.

2. Mubi.com. I WeirDo (2020)^ Diakses tanggal 27 April 2022.

3. Asianmoviepulse.com. Unveiled all the Winners of Udine Far East Film Festival 2020 online edition^ Diakses tanggal 27 April 2022.