Hubungan Abkhazia dengan Venezuela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hubungan Abkhazia–Venezuela
Peta memperlihatkan lokasiAbkhazia and Venezuela

Abkhazia

Venezuela

Hubungan Abkhazia–Venezuela merujuk kepada hubungan bilateral antara Republik Abkhazia dan Venezuela. Venezuela mengakui Abkhazia, bersama dengan Ossetia Selatan, pada 10 September 2009, nyaris sepuluh tahun setelah negara tersebut mendeklarasikan kemerdekaan dari Georgia pada 1999.[1] Venezuela adalah negara ketiga yang mengakui Abkhazia dan Ossetia Selatan, setelah Rusia dan Nikaragua.[2]

Pada krisis presidensial Venezuela 2019, Presiden Sementara Juan Guaidó berniat untuk menarik pengakuan terhadap Abkhazia dan Ossetia Selatan dan menjalin hubungan dengan Georgia ketika pemerintahan baru dibentuk.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Chavez recognises Georgia rebels". BBC News. Moscow: British Broadcasting Corporation. 10 September 2009. Diakses tanggal 5 July 2010. 
  2. ^ "Venezuela recognizes Abkhazia, South Ossetia as independent states". China View. Moscow: Xinhua News Agency. 10 September 2009. Diakses tanggal 5 July 2010. 
  3. ^ "Venezuela likely to revoke recognition of Georgian occupied regions if interim gov't preserves power". Agenda.ge. 31 January 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]