Helen Bosanquet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Helen Bosanquet (10 Februari 1860 - 7 April 1925)[1] adalah seorang pemimpin Charity Organization Society. Dia memiliki pengetahuan yang luas tentang kemiskinan keluarga dan juga bagaimana pekerja diperlakukan sesuai dengan kelasnya, serta beban yang ditanggung oleh pekerja wanita miskin. Dia juga berperan aktif membangun program pelatihan kerja sosial di Bedford College dan Women's University Settlement.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Helen pada awalnya mendapat pendidikan di rumah oleh seorang pengasuhnya yang berasal dari Jerman. Kemudian dia melanjutkan pendidikannya di Newham College, Cambridge dengan berfokus pada ekonomi politik dan pada tahun 1889 dia mendapat penghargaan kelas satu dalam tripos ilmu moral. Pada umurnya yang ke 29 tahun, dia pindah ke London dan akhirnya bergabung dengan lembaga amal yaitu Charity Organization Society.

Charity Organization Society[sunting | sunting sumber]

Organisasi yang berdiri pada tahun 1869 ini memiliki tujuan untuk menangani usaha amal dan mencegah kemiskinan. Dalam kegiatannya, COS berpedoman pada pelaksanaan kerja sosial yang baik agar mengembalikan karakter masing-masing pekerja. Dia menjadi tonggak COS dalam semasa hidupnya dan memiliki andil dalam penentuan silabus sekolah sosiologi COS yang berdiri pada tahun 1903. Kemudian pada tahun 1909, Helen menjadi seorang editor Tinjauan Organisasi Amal (Buka pada jendela baru).

Karya[sunting | sunting sumber]

Selain dikenal sebagai pemimpin COS, dia juga dikenal sebagai penulis aktif dengan karya bukunya yang telah mencapai 5.000 buku. Beberapa karyanya yang terkenal berjudul Social Work in London 1869-1912 yang diterbitkan pada tahun 1914, buku ini berisi tentang dasar profesi pekerjaan sosial. Buku yang berjudul The Strength of the People (Open in new window) tahun 1903 yang menjelaskan tentang arti menjadi anggota COS yang benar-benar filantropis. Buku lain yang berjudul The Majority Report (Open in new window) Royal Commision on the Poor Law tahun 1909 berisi tentang prinsip amal sejati dan buku yang berjudul Hak Perempuan : Pionir London dalam Kata-Kata Mereka Sendiri (Opens in new window).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Women of History - B". www.abitofhistory.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-05. Diakses tanggal 2022-12-31. 
  2. ^ "Charity begins at home: Helen Bosanquet, the pioneer behind the Charity Organisation Society". University of London (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-02-05. Diakses tanggal 2022-12-29.