Lompat ke isi

Doktrin pemisahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Doktrin pemisahan, juga dikenal sebagai doktrin non-persekutuan, adalah sebuah keyakinan di kalangan banyak kelompok keagamaan Protestan yang para anggota dari sebuah gereja harus terpisah dari "dunia" dan tak berasosiasi dengan orang-orang yang "dari dunia". Terdapat beberapa ayat dalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru yang dijadikan dasar untuk doktrin tersebut. Contohnya:

  • Amos 3:3 – "Berjalankah dua orang bersama-sama, jika mereka belum berjanji? "
  • Efesus 5:11 – "Janganlah turut mengambil bagian dalam perbuatan-perbuatan kegelapan…"
  • 2 Korintus 6:14 "Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya..."
  • Yohanes 17:13–16 "Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka daripada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia"

Doktrin pemisahan sering kali berujung pada pemisahan gerejawi, yang membuat denominasi-denominasi Kristen yang ditinggalkan menganggapnya sebagai kemurtadan (Wahyu 18:4).

Referensi[sunting | sunting sumber]