Dewa Dewi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dewa Dewi adalah film aksi fantasi Indonesia tahun 1952 yang diproduksi oleh Fred Young dan disutradarai oleh Bambang Sudarto serta dibintangi oleh Roostijati, R. Lukman, RA Sumarni, dan Kuntjung.

Dewa Dewi
SutradaraBambang Sudarto
ProduserFred Young
Ditulis olehBambang Sudarto
PemeranRoostijati
R. Lukman
RA Sumarni
Kuntjung
Penata musikDon A. R. Garcia
Perusahaan
produksi
Asiatic Film Coy
Bintang Surabaja
Tanggal rilis
29 April 1952; 71 tahun lalu (1952-04-29)
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia

Plot[sunting | sunting sumber]

Di suatu negeri entah berantah, berkuasa lah seorang Raja bernama Abdulkadir yang memiliki dua orang putri bernama Dewi Faridah dan Dewi Sahara. Pada suatu hari, Dewi Sahara tiba-tiba menghilang dan membuat kegemparan di istana.

Seorang pemuda bernama Noor Syah secara kebetulan melihat seorang gadis di hutan, ia mengikutinya dan ternyata itu adalah Dewi Sahara yang disembunyikan oleh seorang penyihir bernama Chondjar yang tertarik dengan kecantikannya.

Noor Syah dan Chondjar kemudian berkelahi dengan sengit, dalam keadaan itu Dewi Sahara mengambil kesempatan tersebut untuk melarikan diri ke istana. Sesampainya di istana, Dewi Sahara menceritakan apa yang terjadi kepada dirinya ke keluarganya. Semuanya kemudian menjadi tercengang, hanya kakaknya yaitu Dewi Faridah yang tidak mempercayai mengenai kesaktian dari Chondjar.

Atas perintah kerajaan, diadakanlah sayembara yang bertujuan untuk menangkap pelaku yang telah melecehkan Dewi Sahara. Hampir seluruh masyarakat mengikuti sandiwara tersebut, termasuk Nursjah dan Chondjar yang sedang menyamar. Dalam sayembara ini, Noor Syah kemudian unggul dan membuat Chondjar kesal, ia kemudian menyerang kerajaan Abdulkadir.

Disaat Chondjar mengadakan pesta pernikahan dengan Dewi Sahara, Dewi Faridah datang bersama dengan anak buahnya untuk menuntut pembalasan. Dengan anugerah Dewa-Dewi dari taman kemesraannya, Dewi Faridah berhasil membunuh Chondjar dan membasmi semua pengacau di istana.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film ini diproduksi oleh Fred Young dan ditulis serta disutradarai oleh Bambang Sudarto.[1] Film ini dibintangi oleh Roostijati, R. Lukman, Kuntjung, RA Sumarni sebagai pemeran utama.[1] Film ini juga menampilkan Sugiono, Mansur, Boes Boestami, dan Gretiani Hamzah.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Kristanto, J. B. (2005). Katalog film Indonesia, 1926-2005. Nalar bekerjasama dengan Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta, [dan] Sinematek Indonesia. hlm. 22. ISBN 978-979-99395-3-1. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Dewa Dewi di IMDb (dalam bahasa Inggris)