Daftar county di Rhode Island

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Terdapat lima county di negara bagian Rhode Island, Amerika Serikat. Rhode Island setara dengan Hawaii karena memiliki county paling sedikit kedua di antara negara bagian AS mana pun (hanya Delaware yang memiliki county lebih sedikit, dengan tiga county).[1] Meskipun Rhode Island dibagi menjadi beberapa county, Rhode Island tidak memiliki pemerintahan lokal di tingkat county.[2] Sebaliknya, pemerintahan lokal diselenggarakan oleh delapan kota dan tiga puluh satu kota kecil.[3] County di Rhode Island tidak memiliki fungsi pemerintahan sejak tahun 1846 selain sebagai administrasi pengadilan dan perbatasan sheriff yang merupakan bagian dari pemerintahan negara bagian.

Koloni Rhode Island didirikan pada abad ke-17, dan merupakan koloni pertama dari tiga belas koloni asli Amerika yang mendeklarasikan kemerdekaan dari pemerintahan Inggris pada tahun 1776, selama Revolusi Amerika, dan koloni terakhir yang meratifikasi Konstitusi. Semua county didirikan sebelum Deklarasi Kemerdekaan.[2]

Daftar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How Many Counties are in Your State?". 2000. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 22, 2009. Diakses tanggal August 26, 2009. 
  2. ^ a b c National Association of Counties. "NACo – Find a county". Diarsipkan dari versi asli tanggal September 30, 2007. Diakses tanggal April 26, 2007. 
  3. ^ "Know Rhode Island". Rhode Island Office of the Secretary of State. Diakses tanggal August 7, 2007. 
  4. ^ "State of Rhode Island General Laws, Chap. 42-3". 
  5. ^ a b "US Census Bureau QuickFacts: Rhode Island". State & County QuickFacts. Diakses tanggal April 20, 2024.