ClickHouse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ClickHouse
TipeSistem manajemen basis data, column-oriented DBMS dan perangkat lunak sumber terbuka
Versi pertama15 Juni 2016; 7 tahun lalu (2016-06-15)
Versi stabil
LisensiApache License 2.0
Karakteristik teknis
Sistem operasiLinux, FreeBSD, macOS
Bahasa pemrogramanC++
Informasi pengembang
PengembangClickHouse, Inc.
Informasi tambahan
Situs webclickhouse.com
BlogBlog oficial
Pelacakan kesalahanLaman pelacakan
Twitter: ClickHouseDB Youtube: UChtmrD-dsdpspr42P_PyRAw GitHub: ClickHouse
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

ClickHouse adalah DBMS berorientasi kolom sumber terbuka (sistem manajemen basis data kolom) untuk pemrosesan analitik online (OLAP) yang memungkinkan pengguna menghasilkan laporan analitik menggunakan kueri SQL secara real-time. ClickHouse Inc. berkantor pusat di Bay Area of ​​California, Amerika Serikat dengan anak perusahaannya, ClickHouse BV, berbasis di Amsterdam, Belanda.

Pada bulan September 2021 di San Francisco,CA , ClickHouse tergabung untuk menampung teknologi open source dengan investasi awal sebesar $50 juta dari Index Ventures dan Benchmark Capital dengan partisipasi oleh Yandex NV dan lainnya. Pada 28 Oktober 2021, perusahaan menerima pendanaan Seri B sebesar $250 juta dengan nilai $2 miliar dari Coatue Management, Altimeter Capital, dan investor lainnya. Perusahaan terus membangun proyek open source dan merekayasa teknologi cloud.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Teknologi ClickHouse pertama kali dikembangkan lebih dari 10 tahun yang lalu di Yandex, perusahaan teknologi terbesar di Rusia. Pada tahun 2009, Alexey Milovidov dan pengembang memulai proyek eksperimental untuk memeriksa hipotesis apakah layak untuk menghasilkan laporan analitik secara real-time dari data non-agregat yang juga terus ditambahkan secara real-time. Pengembang menghabiskan waktu 3 tahun untuk membuktikan hipotesis ini, dan pada tahun 2012 ClickHouse diluncurkan dalam produksi untuk pertama kalinya untuk menggerakkan Yandex. Metrica, platform analisis web terbesar kedua di dunia, setelah Google Analytics.

Tidak seperti struktur data khusus yang digunakan sebelumnya, ClickHouse berlaku lebih umum untuk berfungsi sebagai sistem manajemen basis data. Kekuatan dan utilitas ClickHouse menawarkan DBMS yang benar-benar berorientasi kolom, memungkinkan sistem menghasilkan laporan dari petabyte data mentah dengan latensi sub-detik. ClickHouse diadopsi secara luas di Yandex termasuk untuk alat pengujian beban Yandex.Tank dan Yandex.Market untuk memantau aksesibilitas situs dan KPI.

Pada tahun 2016, proyek ClickHouse dirilis sebagai perangkat lunak sumber terbuka di bawah lisensi Apache 2 pada bulan Juni 2016 untuk memberdayakan kasus penggunaan analitik di seluruh dunia. Sistem pada saat itu menawarkan throughput server seratus ribu baris per detik, ClickHouse keluar dengan kecepatan itu dengan throughput ratusan juta baris per detik.

Sejak ClickHouse tersedia sebagai open source pada tahun 2016, popularitasnya telah tumbuh secara eksponensial, sebagaimana dibuktikan melalui adopsi oleh perusahaan industri terkemuka seperti Uber, Comcast, eBay, dan Cisco. ClickHouse juga diimplementasikan pada eksperimen LHCb CERN untuk menyimpan dan memproses metadata pada 10 miliar peristiwa dengan lebih dari 1000 atribut per peristiwa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Release 22.9.3.18-stable". Github. Diakses tanggal 10 October 2022.