Cd (perintah)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perintah cd (change directory) atau chdir adalah sebuah perintah dalam sistem operasi berbasis Unix, DOS, OS/2, Windows dan berbagai sistem operasi lainnya yang digunakan untuk mengubah direktori kerja saat ini. Perintah ini merupakan salah satu perintah dasar dalam antarmuka baris perintah (CLI) dan sangat penting dalam navigasi sistem file.

Perintah cd (change directory) digunakan untuk mengubah direktori kerja saat ini di Linux dan sistem operasi mirip Unix lainnya. Ini adalah salah satu perintah paling dasar dan sering digunakan saat bekerja di terminal Linux.[1]

Command atau perintah adalah sebuah instruksi yang diberikan kepada sistem operasi untuk menjalankan suatu tugas atau aktivitas tertentu. Di sistem operasi Linux, Anda dapat menggunakan command line atau terminal untuk menjalankan berbagai macam perintah yang tersedia.[2]

Perbedaan implementasi[sunting | sunting sumber]

Perintah cd pertama kali diperkenalkan dalam sistem operasi Unix pada awal tahun 1970-an. Sejak itu, perintah ini telah menjadi bagian integral dari hampir semua antarmuka baris perintah, termasuk sistem operasi seperti DOS, OS/2, dan Windows. Pada Unix dan sistem serupa Unix, cd biasanya diimplementasikan sebagai perintah built-in di shell, seperti Bourne shell, C shell, dan Korn shell.

Unix dan Sistem Serupa Unix (Linux, Mac OS)[sunting | sunting sumber]

Dalam sistem Unix dan serupa Unix, cd adalah perintah built-in dari shell. Ini berarti bahwa cd tidak dijalankan sebagai program terpisah, tetapi sebagai bagian dari eksekusi shell itu sendiri. Hal ini memungkinkan perubahan direktori kerja berlaku untuk sesi shell saat ini. Berikut beberapa perintah cd:

  • Mengubah direktori kerja saat ini ke direktori root (/). Direktori root adalah direktori utama di puncak hierarki sistem file.
cd /
  • Mengubah ke direktori induk (parent directory) dari direktori saat ini. Misalnya, jika Anda berada di /home/username/Documents, menjalankan perintah ini akan membawa Anda ke /home/username.
cd ..
  • mengembalikan ke direktori sebelumnya yang ditinggalkan. Jika telah berpindah dari /home/username ke /home/username/Documents dan menjalankan perintah ini, maka akan kembali ke /home/username.
cd -
  • mengubah direktori saat ini ke subdirektori chapters di dalam direktori my_bestseller, yang berada di dalam direktori Documents.
cd Documents/my_bestseller/chapters
  • mengubah direktori saat ini ke direktori season2, yang berada di dalam direktori Videos di direktori home pengguna (~). Misalnya, jika direktori home adalah /home/username, maka perintah ini akan membawa ke /home/username/Videos/season2.
cd ~/Videos/season2

Selengkapnya bisa dipelajari pada Linux Manual Page[3].

DOS dan Windows[sunting | sunting sumber]

Pada sistem DOS, cd (atau chdir) juga merupakan perintah built-in dari command interpreter, yaitu COMMAND.COM pada DOS klasik dan cmd.exe pada Windows NT. Pada Windows PowerShell, perintah ini tetap ada tetapi juga menyediakan alias seperti Set-Location (sl) yang memiliki fungsi serupa.

Sintaks di Windows[4]:

Sintaks:
cd [/d] [<drive>:][<path>]
cd [..]
chdir [/d] [<drive>:][<path>]
chdir [..]

Beberapa contoh pengaplikasian di Windows:

  • Mengubah direktori kerja saat ini ke direktori root (/)
cd\
  • Berpindah ke direktori tertentu
    cd C:\Users\Username\Documents
    
  • Berpindah ke direktori yang memiliki spasi dalam namanya
    cd "C:\Program Files"
    

OS/2[sunting | sunting sumber]

Pada OS/2, cd juga merupakan perintah built-in dari command interpreter, yaitu cmd.exe.

Berikut adalah beberapa contoh pengaplikasian perintah cd di OS/2:

  • Berpindah ke direktori tertentu
cd C:\Projects
  • Menggabungkan beberapa perintah cd. Perintah ini akan langsung membawa ke direktori "Documents" di dalam folder "Public" dari "Users" di root drive.
cd \Users\Public\Documents

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cd Command in Linux (Change Directory)". linuxize. Diakses tanggal 2024-05-19. 
  2. ^ Syifaudin, Eriga (2023-01-01). "12+ Command Perintah Linux Yang Berguna dan Fungsinya Yang Harus Kamu Ketahui". Diakses tanggal 2024-05-19. 
  3. ^ "cd(1p) - Linux manual page". man7.org. Diakses tanggal 2024-05-19. 
  4. ^ JasonGerend (2023-02-03). "cd". learn.microsoft.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-19.