Cagar Budaya Kota Hetman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Cagar Budaya dan Sejarah Nasional "Ibukota Hetman"
Peta memperlihatkan letak Cagar Budaya dan Sejarah Nasional "Ibukota Hetman"
Peta memperlihatkan letak Cagar Budaya dan Sejarah Nasional "Ibukota Hetman"
Location of National Historical and Cultural Reserve “Hetman's Capital”
LetakBaturyn, Chernihiv Oblast, Ukraina
Kota terdekatBaturyn
Luas057 km2 (22 sq mi)
Didirikan1993
Pihak pengelolaKementerian Kebudayaan dan Informasi Politik Ukraina

Cagar Budaya dan Sejarah Nasional "Ibukota Hetman" (Ukraina: Гетьманська столиця, Hetmanska stolytsia) adalah cagar budaya dan sejarah Ukraina yang memiliki kepentingan nasional.

Cagar Budaya ini ditetapkan pada 1993 atas dasar kompleks monumen sejarah, budaya dan alam yang terkait dengan sejarah Cossack Ukraina selama Hetmanate, di situs kediaman Hetman dari Hosti Zaporizhian - Demyan Ignatovych, Ivan Samoilovich, Ivan Mazepa dan Kyrylo Rozumovsky .

Cagar budaya ini dikelola oleh Kementerian Kebudayaan dan Informasi Politik Ukraina .

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Cagar budaya ini berisi 39 situs warisan budaya, termasuk monumen arkeologi, bangunan arsitektural, taman dan seni monumental, dan sejarah. Pemandangan penting nasional:

  • Istana Hetman Kyrylo Rozumovsky adalah satu-satunya istana Hetman yang bertahan di Ukraina. Dibangun pada 1799-1803 oleh arsitek terkenal Skotlandia Charles Cameron .
  • Rumah Pengadilan Umum (Rumah Vasyl Kochubey) pada akhir abad ke-17 memiliki arsitektur Barok Ukraina langka yang bertahan hingga hari ini.
  • Gereja Kebangkitan - makam Hetman Kyrylo Rozumovsky, 1803 yang merupakan sebuah gereja dengan penguburan negarawan Ukraina yang langka di zaman Cossack.
  • Menara lonceng Biara Baturyn Mykolayiv Krupitsky, 1823-1825 – bagian dari Ensemble Biara Krupitsky.
  • Monumen para korban tragedi Baturyn tahun 1708 (2004) yang didirikan untuk menghormati ribuan pembela dan warga sipil Baturyn, yang dibunuh atas perintah Tsar Rusia Peter I sebagai balas dendam atas aliansi Hetman Mazepa Ukraina dengan Raja Swedia Karl XII.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Segera setelah pendirian lembaga cagar budaya nasional, pekerjaan dimulai ke arah penelitian dan pelestarian monumen dan pengecekan stok koleksi. Atas prakarsa manajemen, cagar alam pada 1995 di wilayah Baturyn, penelitian arkeologi Universitas Pedagogi Negeri Chernihiv dimulai. T. Shevchenko dan Institut Arkeologi Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional Ukraina.

Materi yang diperoleh ekspedisi arkeologi dan publikasinya menarik perhatian masyarakat umum dan pihak berwenang ke Baturyn.[2] Sejak itu, penggalian di Baturyn dilakukan setiap tahun. Sejak 1997, Hetman's Capital Reserve mengadakan konferensi ilmiah – Baturyn Readings. Sejak 2008 kumpulan karya ilmiah Baturyn Antiquity diterbitkan.

Sejak 2003, di bawah naungan Viktor Yushchenko, pemugaran besar-besaran monumen cagar alam telah dilakukan di Baturyn . Monumen arsitektur telah dipugar – Rumah Hakim Jenderal Vasyl Kochubey, Gereja Kebangkitan, Istana Kyrylo Rozumovsky, dan Gereja Kebangkitan. Kompleks arsitektur dan peringatan "Benteng Benteng Baturyn".

Koleksi barang pameran saat ini berjumlah hampir 20.000 item yang dijaga oleh pekerja staf lembaga. Kerja sama dengan lembaga pemerintah, seniman, dan dermawan memainkan peran penting dalam hal ini. Cadangan Modal Hetman juga merupakan lembaga penelitian besar.[3]

Museum[sunting | sunting sumber]

Galeri foto[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sights of national importance National Historical and Cultural Reserve "Hetman's Capital"". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-06-03. Diakses tanggal 2023-03-15. 
  2. ^ Canadian Institute of Ukrainian Studies. Baturyn Project
  3. ^ File National Historical and Cultural Reserve “Hetman's Capital”