Buddhist Centre Samarinda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Buddhist Centre Samarinda adalah sebuah bangunan Vihara Pusat yang berlokasi di Jalan D.I. Panjaitan Samarinda Kalimantan Timur. Pembangunan Buddhist Center telah rampung dan diresmikan Sekjen Kementerian Agama Nur Syam yang didampingi Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak pada Hari Senin tanggal 07 Maret tahun 2016. Tidak hanya pemuka agama Buddha Indonesia, sejumlah pemuka agama Buddha dari negara Taiwan, Hongkong, Jepang, Myanmar, Kamboja, Brasil dak Korea diundang untuk menyaksikan momen ini.

Buddhist Center telah dikerjakan sejak tahun 2008 atau kurang lebih delapan tahun. Buddhist Center terdiri dari tiga bangunan yang berhubungan. Bangunan utama terdiri dari tiga lantai. Bangunan di sisi kiri dan kanan terdiri dari lima lantai.Buddhist Center ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara, dan akan menajdi rujukan umat Buddha untuk wilayah Indonesia Timur. Buddhist Center akan menjadi wahana wisata religi dan wisata budaya, juga akan menjadi pusat pendidikan dan latihan (Pusdiklat) calon para biarawan dan biarawati untuk Indonesia Wilayah Timur.[1]

Struktur Bangunan[sunting | sunting sumber]

Budhist Center atau Maha Vihara Sejahtera Maitreya memiliki seluas 10.600 meter persegi. Bagian luar bangunan dilapisi keramik. Buddhist Center terdiri dari tiga bagian yang saling terhubung.

Bangunan utama terdiri atas tiga lantai. Bangunan di sisi kiri dan kanan terdiri dari lima lantai. Sementara lantai dasar (ground floor) menjadi lahan parkir kendaraan. Untuk menuju masing-masing lantai disiapkan dua lift. Juga ada tangga (termasuk tangga darurat) di bagian depan dan belakang gedung.

Bangunan utama terdiri dari Graha Sakyamuni untuk bersembahyang seluruh mazhab Umat Buddha, ballroom dan altar untuk sembahyang Umat Buddha Maitreya serta di gedung itu juga akan berkantor DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Kaltim, Sekretariat DPD Indonesia Vegetarian Society (IVS) dan Vegan Society of Indonesia (VSI).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Agama, Kementrian. "Hari Ini, Buddhist Center Samarinda Diresmikan". kemenag.go.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-12. 
  2. ^ "Buddhist Center Samarinda Diresmikan". www.kaltimprov.go.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-02-12.